Re-Launch jtv Surabaya dan jtv Network

Stasiun TV berjangkauan provinsial pertama di Indonesia, jtv Surabaya, sudah hampir 11 tahun mengudara. Menjelang usia ke-11 ini jtv merasa perlu untuk melakukan penyegaran. Maka jtv memutuskan untuk ganti logo dengan membuat logo baru jtv dan juga tampilan iklan yang mulai ditampilkan di bulan Juli ini.

Sejak bulan Juni, jtv sudah menampilkan iklan “misterius” dengan warna-warna logo baru jtv. Ada tulisan yang muncul bergantian “SEGERA” dan kemudian “DI BULAN JULI”. Iklan ini berdurasi kira-kira 5 detik.

Kemudian, pada tanggal 18 Juli, tampillah acara “Bangga Jawa Timur” yang ternyata merupakan acara re-launch jtv Surabaya. Acara ini berlangsung di beberapa panggung (tapi saya tidak pasti menghitung jumlahnya). Saya tidak mengikuti acara ini dari awal, saya baru menonton acara ini pada pukul 8.10 malam, dan segera menyadari bahwa ini adalah acara re-launch dari jtv Surabaya.

Di sini tampil beberapa penyanyi dari Surabaya dan juga dari Jakarta. Acara ini walaupun sederhana tapi cukup menarik untuk diikuti, bahkan  untuk saya lebih menarik daripada acara TVRI pada hari Senin (Kemasan Baru di Tahun Emas). Acara ini tidak “rumit” seperti acara TVRI. Intinya hanya dua, nyanyian di panggung dan re-launch. Di luar dua inti ini ada promosi program juga yang ditampilkan dengan cukup baik oleh jtv, dan sekali lagi, jauh lebih baik dari TVRI.

Sampai pada pukul 8.40, ketika host mulai membicarakan jtv, dan pada pukul 8.43 Station ID baru muncul, puncak acara ini benar-benar menjadi puncak dari acara.

Latar belakang/setting suasana dari Station ID ini adalah keramaian sebuah terminal. Ceritanya beragam, tapi intinya adalah kondisi terminal itu sendiri. Nampaknya syuting Station ID ini dilakukan di Terminal Bus Antar Kota Osowilangun, sebuah terminal yang sekarang di-nonaktifkan oleh Pemerintah Kota Surabaya. Station ID ini berdurasi 2 menit 20 detik. Tapi versi pendek dari Station ID ini sudah dibuat dan sudah ditayangkan juga. Musik/lagu yang digunakan di Station ID adalah theme song baru dari jtv. Di Station ID ini, slogan “jtv rek!” juga kembali didengungkan, sedangkan “satus persen jatim” masuk ke dalam theme song jtv.

Logo jtv ini merepresentasikan jtv sendiri dengan tulisan yang ditulis dalam huruf biasa dan bukan huruf kapital. Sedangkan backgroundnya merupakan peta Jawa Timur dan Pulau Madura yang juga masuk dalam wilayah Provinsi Jatim. Logo ini jauh lebih lokal dari logo sebelumnya yang sudah dipergunakan selama hampir 11 tahun. Tentang warna, saya rasa jtv memiliki penjelasan tersendiri mengapa memilih gradasi biru dan gradasi orange-kuning tua.

Setelah Station ID muncul, langsung dilanjutkan dengan sambutan Direktur Utama jtv, dan pergantian on-screen logo, pada pukul 8.45.

Dan kembali ke panggung dengan penampilan berikutnya

Setelah acara ini usai pukul 9.24, di Surabaya dilanjutkan dengan program berita Boso Suroboyoan Pojok Kampung, dan di Malang sementara dipotong dengan program berita lokal Segmen Malam. Di jtv malang logonya langsung berganti dengan logo yang sama dengan logo jtv Surabaya. Hanya saja tulisan “malang” di logo ini tidak terlalu nampak sehingga orang yang menonton sepintas mungkin akan kesulitan membedakan siaran jtv Surabaya dan jtv malang, terutama jika logo jtv malang bertemu dengan warna gelap.

Dari logo-logo yang saya tampilkan di atas, untuk logo lama kita bisa dengan mudah membedakan Jtv Surabaya dengan Jtv Malang karena tulisan “MALANG” nampak jelas di logo itu dan logo on screen Jtv Malang ada di kiri, sedangkan Jtv Surabaya ada di kanan. Sementara untuk Jtv Kediri sulit dibedakan karena tulisan “Kediri” di layar sangat kecil sekali ketika dipasang on screen dan juga diletakkan di pojok kanan atas walaupun ukuran logo Jtv Kediri sedikit lebih besar.

Begitupun dengan logo baru jtv, logo jtv malang hampir tidak ada bedanya dengan jtv Surabaya karena dipasang di tempat yang sama (pojok kiri atas) dengan ukuran yang sama persis dan tulisan malang di on screen kecil sekali.

Secara umum acara “Bangga Jawa Timur” ini berjalan cukup baik dan menarik walaupun sederhana. Mungkin kesederhanaan inilah yang membuat acara ini jadi lebih menarik. Logo baru jtv untuk saya bagus. Namun saya harus mempermasalahkan logo jtv lokal (dalam hal ini Malang) yang tulisan “malang”nya tidak terlalu nampak.

About these ads

30 thoughts on “Re-Launch jtv Surabaya dan jtv Network

  1. wah, aku kaget pas tadi pagi liat logo jtv dah ganti. aku jg bertanya” kapan gantinya gtu, ternyata kmaren.
    perkiraanku bener ternyata jtv ganti logo, awalnya sih 1 Juli, tapi ternyata molor

  2. Hei, logo jtv Malang gimana? Penasaran?! Terus kapan nih kamu jawab tentang Handy Manny yang
    episode “Flicker Speaks English” di MNC TV. Sudah taktunggu di “Juli, Jadikah atau tidak Sakti MALANG Bersiaran”, gitu :D dan :-)

    • Halo Mas tvkuindo (atau ada alternatif nama panggilan ngga? Hehe) :)
      Wah berat nih kalo dihubungin ke politik. MNC juga sekarang sama NasDem tapi kan biru merah, ngga biru kuning kaya Metro hehehe. Golkar juga TV-TVnya lebih dominan merah (ini kalo dihubungin ke politik lho) hehe

  3. Kapan ya, kamu kabarin dan fotoin Handy Manny yang “Flicker Speak English” yang diubah MNC
    menjadi “Flicker berbahasa kita”? Jawab, ya! :D

  4. Terminal yang digunakan dalam Station ID ini (menurut informasi yang saya baca) adalah Terminal Menanggal. Station ID ini bisa dicari di YouTube dengan mengetik keyword “JTV Bumper 2012″

  5. Aku sudah lihat di Youtube. Masalah tentang “Handy Manny: Flicker Speak English” yang dirubah MNC “Flicker berbahasa kita”, itu kapan kamu beri foto dan beritanya?

  6. Davenirvana. Mulai 29 Oktober 2012, kemarin jtv Surabaya mengudara pukul 05:00 hingga 01:00 (ke atas). Apakah di jtv Malang, juga?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s