antv dan tvOne Acak Siaran ISL

Kata kunci “ISL diacak” dan yang sejenis mendadak muncul di statistik blog ini. Beberapa bulan lalu ketika saya mencoba menonton ISL di TV berbayar, ternyata yang ada adalah program pengganti. Ternyata memang ada benarnya bahwa ISL memang diacak.

Sepakbola, olahraga paling “panas” di negeri ini. Sampai-sampai ada rebutan untuk menguasai induk organisasinya di sini, di Indonesia. Kompetisinya juga pecah jadi dua, IPL dan ISL.

Belakangan, melalui KLB PSSI, akhirnya PSSI menerima proposal ISL. Artinya IPL musim ini adalah IPL terakhir. Secara bisnis IPL juga sudah tidak menguntungkan lagi. Tidak ada lagi TV yang menyiarkan IPL setelah dulu IPL sempat menjadi primadona sementara dengan menjadi program INDOSIAR yang kemudian merebak ke METRO TV, kemudian bergeser ke TRANS TV dan TRANS 7, hingga kemudian IPL berlabuh di MNC Group.

ISL, sejak dimulai pada 2007 hingga sekarang ini masih bertahan di antv, dan kini juga meluas ke tvOne. ISL oleh masyarakat Indonesia kebanyakan dianggap lebih baik daripada IPL yang muncul belakangan. Hal ini terbukti dengan ramainya stadion pertandingan ISL dan begitu sepinya stadion pertandingan IPL. Hal ini makin terlihat pada tim sepakbola yang mengalami dualisme seperti AREMA yang pecah menjadi AREMA IPL dan AREMA ISL.

ISL sekarang menjadi “penguasa” karena masa depannya menjadi jelas lagi. Stasiun TV yang dari dulu memang terasosiasi dengan pengurus PSSI lama kecipratan imbasnya. Swing viewers seperti saya mungkin kebanyakan akan kembali menonton ISL setelah sempat terpesona dengan IPL.

Nampaknya Viva Group membaca hal ini. Dengan hak siar yang “dijual” eksklusif sampai 2018 (saya ingat antv pernah menyebut mereka memiliki hak siar ISL selama 10 tahun pada tahun 2008), menjadi satu keuntungan tersendiri. Mungkin karena antv merasa telah membeli mahal hak siar itu (padahal banyak pengamat persepakbolaan yang mengatakan hak siar itu terlalu murah untuk disebut eksklusif), akhirnya antv beserta tvOne memutuskan untuk mengacak siarannya.

Satelit umum diacak dan beberapa TV berbayar (sepertinya INDOVISION tidak terimbas hal ini) akhirnya harus menutup siaran antv dan tvOne selama ISL berlangsung dengan program pengganti. ISL hanya bisa disaksikan melalui terestrial FTA. Banyak penonton satelit yang sebal dengan hal ini.

Mungkin, ini adalah “ajang latihan” antv dan tvOne menjelang Piala Dunia 2014 di Brazil. Kita tahu Viva sekarang merancang Vivasky, TV berbayar baru. SPORTONE, stasiun TV baru mereka juga ditempatkan di sana. Yang pasti PD2014 hanya akan disiarkan di Vivasky tanpa TV berbayar yang lain, apa lagi parabola FTA.

ISL latihan, dan PD2014 adalah lapangan yang sesungguhnya. Bagi Anda yang memiliki parabola dan TV berbayar lain di luar Vivasky, sebaiknya bersiaplah kecewa. Kalau mau tidak kecewa, kembalilah kepada antena terestrial FTA, toh sebentar lagi ada digital, kualitasnya lumayanlah daripada terestrial analog. Toh gratis juga, enak kan?

Tapi di sisi lain masyarakat di wilayah blank spot yang hanya bisa mengakses satelit tentunya merasakan kekecewaan yang teramat sangat karena hiburan mereka sekarang menghilang ditelan acakan. Mereka yang seperti ini hanya bisa pasrah. Hanya mereka yang melek biss key saja yang bisa sedikit bernafas lega karena bisa menembus acakan itu. Tapi yang lain? Ya, pasrah lagi.

About these ads

52 thoughts on “antv dan tvOne Acak Siaran ISL

  1. RCTI paling sering tuh ngacak-ngacak…

    Saya pernah liat iklan promo (sekarang sudah ada) FA sama La Liga di Trans TV. Di iklan itu tertulis bahwa siaran FA dan La Liga cuma bisa disaksikan kalau pakai parabola Matrix Garuda. Kalau begitu, yang lain gimana tuh Dave?

  2. Indra : FA Cup aja yang Bisa ditonton di Matrix Garuda, dan acakan FA Cup itu XCRYPT. Untuk La Liga Diacak tapi masih bisa dibuka di Receiver yang sudah support Isi Biss Key.

    Berikut ini Acakan yang dipakai untuk mengacak program Bola di Parabola

    TVRI : FTA (Kayaknya)
    RCTI : Acakan Tidak Diketehaui
    SCTV (MPEG2) : Kabel Video Output dicabut
    SCTV MPEG4 : Biss Key
    MNCTV : Biss Key
    GlobalTV : Biss Key
    Indosiar (MPEG2) : PowerVu (Acakan Ganas)
    Indosiar MPEG4 : FTA
    tvOne : XCRYPT
    B Channel : XCRYPT
    antv : XCRYPT
    Trans TV : XCRYPT (FA Cup) Biss Key (La Liga)
    Trans 7 : Biss Key

    NB : Acakan XCRYPT Hanya Bisa Dibuka di Receiver Matrix Garuda

    Acakan Biss Key Hanya Bisa Dibuka di Receiver Yang Support Biss Key.

    Acakan PowerVu Gak Bisa Dibuka di Semua Receiver, kecuali Beli Receiver Khusus Untuk Membuka Acakan PowerVu Seharga Rp.25jt

  3. Kalo masalah ini tidak perlu diragukan, masalah ISL juga diacak di TV langganan saya (TelkomVision). IPL, Liga Inggris, dan pertandingan lainnya di TV-TVnya Grup MNC juga diacak. Liga Jerman, Liga Champions, dan Liga Europa (kecuali pertandingan lainnya) di TV-TVnya Grup Emtek tetep aja diacak. Mestinya kayak Liga Italia di TVRI karena nggak diacak.

    Tapi anehnya kok pas pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2014 yang tayang di antv sama tvOne kok nggak diacak ya? Apalagi, kok hanya sepakbola yang diacak, bukan seperti lainnya?

    • Kalau sudah ada itu VivaSky, Moga-Moga Bisa Pakai Sayap (Hack) PayTV itu. Harga sayap itu lebih murah dari harga mau berlangganan

      Berikut ini paytv yang bisa dihack menggunakan sayap
      Indovision
      TelkomVision
      astro (Malaysia)
      K+
      dll Masih Banyak Lagi yang bisa dihack

    • KPUD Jateng sudah menunjuk Kompas TV untuk menggelar Debat Kandidat Pemilukada Jateng. Jadi, bisa saja TVB muncul logonya secara Nasional atau terdengar namanya di Radio Sonora baik di Jakarta maupun di Daerah.

      Kata Pemred Kompas TV juga mengatakan, Kompas TV akan bekerja sama dengan KPUD Jatim.

  4. 2 bulan lalu waktu aku ke Yogyakarta, pas FTV Pagi jam 11.30-12.00 WIB di SCTV ada tulisan “Saatnya Adzan Dzuhur Untuk Wilayah Yogyakarta dan Sekitarnya” di pojok kiri atas.

  5. Kalau sudah ada itu VivaSky, Moga-Moga Bisa Pakai Sayap (Hack) PayTV itu. Harga sayap itu lebih murah dari harga mau berlangganan

    Berikut ini paytv yang bisa dihack menggunakan sayap
    Indovision
    TelkomVision
    astro (Malaysia)
    K+
    dll Masih Banyak Lagi yang bisa dihack

  6. Iya saya juga strees dengan hal itu di aora tv satelit juga diganti dengan channel SMI (SALURAN MUSIK INDONESIA) ada 4 channel yang di acak di aora antv, tvone, dan b channel. pasti ada tulisan program pengganti. tapi saya memilik antena tv yang bisa membuka antv, tvone, dan b channel. karena saya memilik 2 antena tv parabola aora dan antena tv biasa dalam satu tv kalau aora di channel av (atau untuk membuka dvd)

  7. mas,kyanya GlobalTV udah gak punya slot program lgi deh di slot siang sma slot sore!!!

    tpi slot siang sma slot sore di isi sma program yg pernah di tayangin GlobalTV dlu sma sinetron RCTI tahun 2007/2008 :)

    • Sayang banget… Katanya mau jadi TV Berita, tapi gak punya Program Berita Petang. Bikin dong Buletin Indonesia Petang atau Buletin Indonesia (Saja).
      Waktu siang aja yang dulunya ada Indonesia Bicara sudah diganti jadi Talkshow Hiburan.

      Kasian MNC, belum punya TV Berita FTA. Sindo TV cuma namanya aja Sindo (Backgroundnya News), tapi acara Hiburannya lebih banyak sampai-sampai gak punya program Berita Pagi.

  8. UPDATE : acara Pagi2 Bagi2 INDOSIAR kumpulin peserta dari 5 kru stasiun tv yaitu TRANS TV, TRANS7, antv, RCTI, GlobalTV

    5 crew all TV station VS kru INDOSIAR

    gamenya seru banget mas tdi + kocak abis :)

    yg menang tdi all crwe TV station :)

  9. Kenapa dari tv milik MNC group(RCTI,MNCTV,Global TV,SINDOTV) belum ada siaran tv digital untuk zona4(JAKARTA&BANTEN)?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s