HUT ke-66 Proklamasi Indonesia

Ini tentang pemakaian satelitnya saja kalau dari pengamatan saya

Kalau siaran langsung dari luar studio, stasiun TV pasti akan memakai satelit. Nah, setiap Upacara HUT Proklamasi RI, stasiun TV akan menyiarkan upacara itu (walaupun beberapa tahun lalu ada yang tidak ikut, tapi saya lupa hehe)

Entah untuk menghemat pengeluaran atau memang dibatasi, satelit siaran langsung beberapa TV bergabung menjadi satu.

Untuk satelit pertama, ada satelit TVRI yang dipakai TVRI, tvOne, antv, TRANS TV dan TRANS7. Satelit kedua ada punya RCTI yang dipakai bersama oleh semua TV yang satu grup di MNC. Sedangkan satelit ketiga adalah satelit INDOSIAR yang dipakai INDOSIAR, SCTV, dan B Channel.

Bagaimana cara mengamatinya? Mudah. Lihat saja siaran-siaran TV ketika upacara itu, dan cari mana yang sama. Dengan begitu akan terlihat TV mana pakai satelitnya siapa.

Fenomena seperti ini akan terjadi lagi nanti di Salat Idul Fitri dan Salat Idul Adha. Tapi bedanya adalah beberapa TV memilih untuk merelay TVRI daripada menyiarkan sendiri.

Itulah pengamatanku tentang satelit acara besar. Ada yang kurang sependapat atau punya data lain? Mari bertukar informasi🙂

9 thoughts on “HUT ke-66 Proklamasi Indonesia

  1. Gw ngliat sbentar, siaranny byk bgt yg sama. Ampir sama semuanya. Kynya sumbernya ada satu dh. Beda ky taun2 kmrn, byk yg beda. Kl skrg yg beda dikit, paling cuma kombinasi kamera punya sendiri sama sumber pusatnya

    • Mmm gitu ya? Wah berarti pas aku “patroli” pas ngambil kamera sendiri ya. Pada beda sih. Kemarin fokus lihat B Channel, kayaknya baru pertama kali dia ikutan nyiarin upacara (eh iya ga sih?)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s