Penampilan Klasifikasi Acara

Mulai Juli ini ada yang sedikit berbeda di layar televisi Indonesia. Diawali oleh SCTV, kemudian RCTI, dan kemudian menyusullah TV-TV lainnya. Apakah? Ya, penampilan klasifikasi acara.

Sebenarnya ini barang lama. Tapi yang membuat berbeda mulai Juli ini adalah tiba-tiba semua stasiun televisi menayangkan klasifikasi acaranya di sepanjang acara. Mulanya SCTV yang melakukannya dengan menaruh klasifikasi acara di pojok kanan bawah. Kemudian RCTI yang juga ikutan membuatnya di pojok kanan bawah juga.

Selang beberapa waktu kemudian TRANS Corp juga ikutan di pojok kanan bawah. Tidak lama, INDOSIAR di pojok kiri bawah. Kemudian di bulan Agustus antv juga ikut memasang klasifikasi acara, tapi di pojok kanan atas mengikut desain barunya

Tapi sebenarnya kalau menayangkan klasifikasi acara di sepanjang acara, METRO TV sudah dari jauh memulainya. Seingat saya mulai dari 2004 atau 2005 METRO TV menayangkan klasifikasinya di sepanjang acara non-berita (current affairs, dialog, entertainment, dan sebagainya), walaupun sangat kecil di pojok kanan bawah. Sampai sekarang, klasifikasi itu masih dipasang dan seharusnya lebih mudah untuk mengamatinya karena METRO TV memindah logonya juga ke pojok kanan bawah walaupun sekarang semakin sedikit juga yang ada label klasifikasinya.

Pertanyaannya sekarang, ada apakah sampai semua TV sekarang memasang klasifikasi acaranya di sepanjang acara? Apakah ada aturan baru dari KPI? Padahal seingat saya ini barang lama, tapi TV-TV di Indonesia hanya menampilkan klasifikasi acara di awal acara sekitar 10-30 detik saja. Hmmm… Entahlah. Tapi seharusnya ini akan mempermudah para orang tua untuk menentukan apakah acara yang sedang tayang itu layak dikonsumsi anaknya atau tidak, walaupun kata seseorang yang tidak begitu terkenal, sebenarnya lembaga sensor terbaik ada pada diri sendiri.

Very welcome for any comments🙂

46 thoughts on “Penampilan Klasifikasi Acara

  1. aturan di P3sps sih, klasifikasi acara harus ditampilkan sepanjang acara. tapi stasiun tvnya aja yg cuma nampilin di awal acara aja. di amerika juga di awal acara. tapi percuma aja ada klasifikasi acara, orang2 ga pada peduli

  2. di amerika, acara yang ga diklasifikasi itu acara olahraga, berita dan iklan (termasuk infomercial). di indonesia harus semua acara. padahal kan olahraga untuk semua orang, masa R-BO?
    untung aja acara2 berita di tv2 berita kaya tvone n metrotv ga masang klasifikasi kecuali metrotv utk acara non berita.
    acara olahraga juga byk yg ga pake klasifikasi.
    di rcti acara bola R-BO, masa anak kecil ga boleh nonton bola?

    • Iya, bingung. Masa sepakbola R-BO. Harusnya SU deh
      Iya harusnya berita ga usah klasifikasi atau SU-BO (kalo ada). Di antv berita klasifikasinya R. Berarti bapak-bapak ibu-ibu ga boleh nonton berita antv dong. Kalo di MNC TV yang sidik itu kayaknya dibikin D aja ya, atau SU-BO juga

  3. di amerika, klasifikasi acara berguna loh.
    jadi si pesawat televisi ada V-chip, jadi kalo ngelock acara TV14, TVMA juga kelock. yg ga kelock, acara dgn klasifikasi dibwahnya.
    sama kaya parental lock di indovision.
    di tv digital DVB jg bisa. kalo acara berita, iklan, olahraga di klasifikasi ntar ke lock lagi. kan berita dan olahraga itu penting.

  4. Kalo indovision, ga per acara.
    Jadi channelnya yg di lock.
    jd kalo nglock fashion tv, channelnya yg klock. Ada paswordnya gt.
    otak atik aj. Gw kan ga punya indovision

  5. Gw prnah liat tuh midnight haute pas channelnya FTA di DVB-T.
    Kalo d indonesia, susah bwt per acara soalny kbanyakan channelny dr luar negri, gada klasifikasinya, kecuali bwt yg channel indonesia.
    Kalo d amerika kan kbanyakan channel2 dlm negri, kaya nickelodeon, disney ch, dll, jd bisa per acara. Utk tv terestrial yg digital jg bisa. Udah g sabar nh tv digital dterapin d indonesia biar bs ntn kompastv hd

  6. Klasifikasi acara d antv skrg lbh kcil drpd kmrn n sdkit transparan. Di bchannel juga jd transparan dan tanpa warna d kanan atas, lbh kecil jg

  7. yang paling mengganggu tuh spacetoon, gede bgt. tapi gapapa deh soalnya kan tv anak2 spy anak2 bisa ngeliat dgn jelas.
    klasifikasi jaktv juga jelek, ukuran dan jenis hurufnya beda2 kalo beda acara, gak konsisten
    yang ga adil tuh TVRI, mentang2 tv publik jadi ga masang klasifikasi, KPI jg diem aja. ga adil buat tv lain

    • Iya Spacetoon gede banget. Sepojokan
      Wah lagi ga bisa lihat Jaktv, ga ada parabola hoho. Tapi di Malang yang masang klasifikasi baru Dhamma TV
      Iya, TVRI ga pernah ada. Tapi kayaknya kalo dikasih juga bakal RBO semua. Tapi harusnya dipajang juga sih

      • disini mah banyak yg udah masang, jaktv, ochannel, daaitv, bantentv, mgstv.
        dulu, blm lama tvri pernah ada tapi ilang lagi, yg masang bosen kali.
        kayanya mereka masang pas gw lapor KPI, skrng kudu dilaporin lg nih

  8. Sampeyan aj yg laporin. Gw mah udah bosen. Gw jg pnah nglaporim metrotv n tvri krn baca cina jadi caina. Tvri pernah berubah sbentar eh balik lg. Paling kesel kalo ad yg bilang caina

    • Iya. Efek gombalisasi nih. Padahal dulu Bahasa Inggris bunyinya “Chaine”, terus diperbaiki jadi “Chaina”, eh Bahasa Indonesia udah bener “China” malah ngikut jadi “Chaina”. Hoalah

      • bukan efek globalisasi sih, tapi efek rasial.
        orang cina di indonesia merasa tersinggung kalo dibilang cina. makanya ada buku yg judulnya “jangan panggil aku cina”.
        padahal kan pembaca berita lagi nyebut negara bukan ngatain orang, aneh.
        masa kata “babi” harus diganti juga sih krn sering dibuat ngatain orng? jadi baby kali.
        orang cina di indonesia ngaku orang indonesia tapi ga pake bhs indonesia yg bener, ga bangga apa ma bhs indonesia?

      • Ya kalo masalah ini susah memang. Mungkin karna dulu masih ada diskriminasi itu. Kalo sekarang udah ngga tapi mindset semua orang masih sama. Itu yang bikin sulit masalah ini

      • Saya tahu kenapa harus bilang China (karena saya keturunan Tionghoa). Cina kalo di-bahasa Mandarin-kan itu artinya “sampah”. Jadi kalo guru Mandarin di sekolah saya bilangnya China, bukan Cina. Metro TV tahu gak ya?

      • Jadi beda pronounciation di Bahasa Mandarin untuk kata “cina” dan “China” itu apa?
        Tiongkok jug udah dipake dari lama. Arti kata “Tiongkok” itu apa? Maaf ya jadi tanya agak banyak. Biar jelas artinya hehe

      • Tiongkok berasal dari kata “Zhong Guo” (baca: Chung Kuo) yang diartikan sebagai “Negara Pusat” atau “Dataran Pusat”. Sementara itu Tionghoa berasal dari kata “Zhong Hua” (baca: Chung Hua) atau yang berarti “Segala sesuatu mengenai Dataran (Negara) Pusat”. Tiongkok dipakai untuk menyebut seluruh wilayah nasional Cina, sementara Tionghoa menunjukkan hal kebangsaan. Menyebut “Tiongkok dan Tionghoa” sama saja seperti menyebut “Great Britain dan British”. Oleh karena itu, kita tidak menyebut “Negara Tionghoa” melainkan “Negara Tiongkok”, juga tidak menyebut “Bahasa Tiongkok” tapi “Bahasa Tionghoa”.

        Kalo mau lebih jelas lihat: http://enoughdimas.blogspot.com/2010/12/arti-cina.html
        Soalnya saya ambil kutipannya dari situ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s