TV “Berjaringan” MNC

Dulunya, ketika awal dilaunch, sepertinya MNC Channels sempat dibuat berjaringan. Stasiun TV yang sempat dibuat “berjaringan” adalah MNC Entertainment, MNC Music Channel, dan MNC News. Sedangkan saluran lain yang dibuat “berjaringan” sebelumnya adalah VH1.

Ketika itu sekitar 2007. MNC Channels mulai menyapa penduduk Malang Raya. Ketika itu Batu tv dan ATV menjadi stasiun lokal untuk ketiga TV MNC Channels. Sayang jadwal di antara kedua TV lokal ini sepertinya tidak diatur. Akhirnya seringkali MNC yang sama disiarkan dua TV lokal itu. Contohnya, dari jam 1-3 siang, ATV mengambil MNC News, dan Batu tv mengambil MNC Music Channel. Kemudian pada jam 3 sore, ATV dan Batu tv sama-sama menyiarkan MNC Entertainment. Tapi entah memang dijadikan berjaringan atau kedua TV itu saja yang ingin merelay channel-channel baru MNC itu untuk mengisi kekosongan program.

Kemudian untuk VH1, Malang TV yang menjadi TV lokalnya, sementara di Surabaya ada SBO TV yang waktu itu masih menjadi satu-satunya TV lokal. VH1 disiarkan dari 2006. Dulunya, VH1 disiarkan mulai jam 6-8 pagi dan 10-12 malam. Bukan VH1 Indonesia broadcast yang diambil, melainkan file rekaman VH1 yang didistribusikan ke TV lokal. Itulah yang menyebabkan jadwal VH1 di satu kota dengan kota lainnya berbeda. Ketika saya melakukan pengecekan saya tidak menemukan persamaan jadwal antara Malang TV dengan SBO TV, maupun dengan VH1 Indonesia broadcast. Siaran VH1 berhenti Maret 2007, bersamaan dengan berakhirnya siaran VH1 Indonesia broadcast, karena kemudian VH1 Indonesia yang sudah dikendalikan MNC sejak MNC mengambil alih MTV Networks Indonesia (viacom Indonesia) di 2006 resmi digantikan oleh SUN TV mulai 1 April 2007.

Oh ya, sedikit OOT, tentang pengambilalihan viacom Indonesia. Sejak 2006 MTV Indonesia resmi mati karena MTV Indonesia dikendalikan oleh Global TV, dan setelah tayang di sana dire-run di MNC Music Channel. Sekarang ini sepertinya yang mengendalikan MTV Indonesia adalah MNC Music dan di globaltv hanya ditayangkan di dini hari. Banyak orang protes akan hal ini. Namun sejak September 2011 MTV Indonesia di globaltv mulai tayang sore hari lagi dengan sebuah program yang ditayangkan jam 3 sore pada hari tertentu saja. Hal yang sama terjadi pada VH1 Indonesia yang dikendalikan MNC Music Channel (yang ini perkiraan saya saja) (dan akhirnya dijadikan SUN TV), dan Nickelodeon Indonesia yang resmi diambilalih oleh Global TV mulai 2006 dari LatiVi.

Begitulah kira-kira yang bisa saya tulis tentang TV “berjaringan” dari MNC. Apakah ada daerah lain yang juga seperti ini?

22 thoughts on “TV “Berjaringan” MNC

  1. kalo di jabotabek mnc channel dulu berjaringan sama ctv banten.
    vh1 sama jaktv kalo ga salah.
    dulu jaktv acaranya bagus2 tau, ada ghost whisperer, entertainment tonight, dll. di ochannel juga, acaranya dari CHUM Canada (muchmusic, muchmoremusic, dll).
    sekarang mah 2 tv itu isinya sampah semua. infomercial aja dibanyakin. 2 tv itu kaya gada harapan deh. mending mati aja.
    makanya 2 tv itu gw taro di channel yg paling akhir.
    yg lagi naik daun di tv gw itu bchannel & sebenntar lagi kompastv.
    moga acaranya ga jadi sampah

    • Untung TV yang bagus di Malang masih kuat produksinya, ya tapi ada infomercial juga sih -,-‘
      Dulu waktu masih SD-SMP aku kalo ke warnet suka buka websitenya TV-TV itu, acaranya keren-keren sih (walaupun ga bisa ditontom). Terus Jaktv jadi kurang menarik pas aku lihat jadwalnya infomercial semua. O Channel masi sering mampir, desainnya bagus. Tapi tetep aja programnya jelek sekarang

  2. VH1, MTV, NICK milik MTV Network (anak VIACOM).
    Di Indonesia VIACOM punya saham di MEDIACOM (induk MNC GROUP).
    Saham MTV Indonesia punya MNC+VIACOM.

    MNCNews dkk adalah channel inhouse untuk MNC Skyvision (Indovision, Oke, Top).

    • Mmm… Jadi gini komposisi sahamnya… Terima kasih… (mas/mbak ini? Namanya media?). Kalau ada informasi, kenapa MTV diproduksi (di artikel ini saya pakai kata “dikendalikan”) sama globaltv? MTV cuma diproduksi globaltv atau MNC Music juga ikut produksi? Atau cuma ikut menayangkan saja?

  3. Saya pernah buka youtube, di Station ID IMTV Bandung, ada tulisan “Film Kartun” tapi gambarnya kartun Nickelodeon ada kartun utama NICK. Aku tahu alasan SUN TV berdiri, karena:
    1. Logonya Deli TV dan Pro TV Semarang mirip SUN TV.
    2. Di Makassar, ada SUN TV Makassar.
    3. Di Station ID IMTV Bandung, tayang kartun Nickelodeon.
    Oh iya, di Youtube juga ada 2 Maret 2009 di IMTV Bandung, mengudara pukul 06.30 WIB, tapi dulu setelah lagu “Indonesia Raya” itu kira-kira station id langsung motong segmennya Indonesia Pagi, gak? Atau iklan terlebih dahulu IMTV Bandung sambil menunggu Indonesia Pagi beres iklan, namun
    sayang kalau iklan lokal karya dari IMTV Bandung beres nantinya Indonesia Paginya bilang “Terimakasih, anda masih bersama kami di Indonesia Pagi”, padahal itu 3 tahun yang lalu mereka siap mengudara pukul 06.30 WIB.

    • Dulu kalau Deli TV Medan sama PROTV Semarang itu punya logonya sendiri. Baru setelah beberapa waktu masuk MNC, logonya dibikin mirip sama SUNTV. Kalau SUNTV Makassar itu memang dibentuk untuk jadi “anaknya” SUNTV. Di IMTV itu kartun nickelodeon hasil relay ke SUNTV, bukan tayang sendiri, sama seperti MHTV Surabaya dan TV lokal lain yang di bawah MNC
      Wah kalau teknisnya IMTV di Bandung saya kurang tahu mas. Kalau kita punya temen dari Bandung di sini mungkin bisa ikut menjelaskan…

  4. Kemarin aku buka artikel “MNC biro Jawa Barat” IMTV mengudara Jam 06.00 – 24.00 WIB. Mungkin yang 3 tahun yang lalu on jam 06.30

  5. Davenirvana, aku orang Surabaya. Hari ini SINDOTV ada IPL, lalu di MHTV siaran Showan jam 6
    tadi. Jadi MHTV nggak ambil siaran SINDOTV yang: Scobby Doo, Team Galaxy.

  6. Oya kalo di Medan, program MNC Channels ama si Deli TV Medan. Menurut saya, Deli TV maklum ada kental MNCnya karena Deli TV waktu itu masih kekosongan program.

  7. Mas, tolong update TV lokal di Kota Medan sekalian gambarnya (gambarnya bisa diambil dari Google+ saya), sekalian update TV lokal di Malang Raya sekalian gambarnya + informasi. Trims.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s