TV Digital Harus Segera Masuk Malang

Televisi digital, sebuah sistem terbaru pertelevisian, menjanjikan gambar yang lebih jernih dan tahan terhadap cuaca yang beranomali terutama di musim hujan.

Hal lain yang ditawarkan oleh TV digital adalah satu frekuensi yang bisa diisi beberapa channel. Ini membuka kesempatan untuk berdirinya lebih banyak TV di suatu daerah.

Nah, di Malang kabarnya banyak sekali yang ingin mendirikan stasiun TV. Kalau ada yang mau memberi permodalan yang cukup saya juga mau mendirikan stasiun TV *eh laaah*. Tapi masalahnya, pemerintah memberi kanal cuma dari 22-62. Kebetulan kalau mau dibuat genap semua, tinggal 56 saja karena METRO TV pakai 55. Jadi, itulah kenapa menurut saya, sistem digital harus segera masuk ke Malang.

Walaupun saya tidak terlalu yakin akan kualitas TV-TV lokal yang akan berdiri, setidaknya ketika mereka lolos sampai dapat ijin, TV-TV ini bisa menjadi anggota dari TV berjaringan yang mulai menjamur, sehingga nantinya dapat meningkatkan kualitas TV lokal itu sendiri.

Dengan 6 TV lokal yang aktif sekarang, sebenarnya jumlahnya sudah terlalu banyak. Tapi dengan jumlah yang saya bilang terlalu banyak itu saya menganggap pasar di Malang belum tercakup semuanya. Sekarang 6 TV ini mulai berbeda satu sama lain walaupun ada juga yang masih bermain di area yang sama. Nah, karena ada beberapa yang masih bermain di area yang sama itulah akhirnya saya menganggap pasar di Malang masih cukup lebar.

Jika berminat, investor harus bisa melihat satu titik yang belum termanfaatkan. Sebenarnya saya tahu TV-TV yang ada sekarang ini sudah menyentuh titik pasar yang ini. Sayangnya, mereka kurang maksimal membuat produksi acara itu, sehingga kurang menarik minat warga lokal Malang sendiri. Sekali lagi jika benar-benar berminat dan punya permodalan serta pemasaran yang baik, serta fokus dan konsisten dalam mengupas objek yang satu ini, saya yakin TV itu nantinya akan menjadi TV yang besar di Malang Raya, bahkan mungkin bisa juga sebesar nama dari objek TV ini nanti, karena objek yang saya maksud ini punya nama yang besar di tingkat nasional. Silahkan dikira-kira apa sebenarnya objek yang saya maksud ini. Saya tunggu kehadiran TV Anda, investor🙂

Intinya, sistem TV digital ini harus segera masuk ke Malang juga setelah Jakarta (dan mungkin Surabaya selanjutnya), bukan karena saya yang ingin cepat-cepat ada TV digital di Malang, tapi lebih karena pasar Malang Raya yang masih cukup lebar dan belum termanfaatkan.

22 thoughts on “TV Digital Harus Segera Masuk Malang

  1. tv analog juga jernih kok kalo sinyalnya bagus, ga pengaruh ujan juga.
    kalo gw sih nunggu channel2 HD, kalo ga HD sama aja kaya tv analog.
    tv digital udah ada di jakarta, bandung, surabaya, batam.

    • Iya ada NDTV (B Channel) yang lumayan kalo masalah sinyal. Terus juga antv sama MNC TV juga. Lainnya yang tergantung angin n cuaca hehe
      Lho Surabaya udah ada? Kok ngga pernah denger ada booming digital ya di sana? Bandung n Batam juga. Kok kayaknya yang diekspos masalah digital ini cuma Jakarta ya?

      • surabaya & batam channelnya tvri1-4, di batam jg bisa dapet siaran digital dr singapura
        bandung tvri, rcti, indosiar, trans, metro, tvri bandung, sctv
        kan dulu pernah ada siaran lgsng peluncuran tvri digital jakarta, surabaya, batam di tvri, SBY yg ngeresmiin.
        grand launching tv digital bwt semua tv itu taun 2012, makanya skrg blm booming

  2. Kayanya bkalan byak nh yg siaran digital dgn HD. kompas udah pasti HD. Transtv jg HD, waktu ulang taun kmrn aj pake kamera HD. Mungkin jg trans7, waktu indonesia open bulutangkis kmrn pk kamera HD. Gw jg pnah bca sinetron d indosiar udah HD. Siaran2 bola dr eropa jg udah pada HD. Tinggal beli tv HD nh

    • Ya ngga susah sebenernya. Pokoknya pemerintah mau blocking time jam utamanya TV ga masalah, kaya jamannya mau Pemilu 2004, kan asik tuh. Dulu pake “Bajaj Bajuri” punya TRANS TV. Sekarang pemerintah bikin lagi buat TV digital ini. Tapi itu kalo pemerintah mau sih… Selama ini cuma iklan biasa yang cuma 30 detik, yang “ngumpul di rumah Pak RT” sama yang “memasak jangkrik” itu hehe

      • Maksudnya blocking time jam utama TV?
        *maaf agak bercanda nih* Sebenarnya kalo TV lagi hilang sinyal itu bilangnya semut atau jangkrik sih? Ada-ada aja yang buat hehe

      • Ya minta jamnya TV
        Misal biasanya jam 7 malem di TV ini ada sinetron, tapi khusus hari itu sinetronnya ngga tayang karena pemerintah mau promosi TV digital. Nah itu kan harusnya jamnya acara, tapi karna pemerintah pingin muncul di TV, pemerintah harus bayar ke TVnya. Sama kaya beli kan? Ya anggep aja pemerintah (dalam posisi seperti itu) sama kaya infomercial hehe
        Nah, supaya efektif, pemerintah kudu tahu orang lagi suka acara apa. Dulu kan Bajaj Bajuri jadi nomer 1 di jam prime time, jadi banyak yang dateng buat milih presiden sama wapres, soalnya orang suka sama cara promosinya, akhirnya minat dateng ke pemilu tinggi. Nah sekarang pemerintah harus cari orang lagi suka acara apa. Asal bukan sinetron aja…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s