Ulang Tahun MNC TV 2011

Sepertinya TV-TV milik MNC gagal mendapat perhatian penuh dari saya akhir-akhir ini. Jika dulu ulang tahun RCTI tidak saya saksikan penuh dan mencari filenya di YouTube, kemudian globaltv di bagian ujungnya tidak saya lihat, sekarang saya hampir gagal melihat ulang tahun MNC TV.

Beberapa jam sebelum ulang tahun MNC TV, pemimpin Libya yang terkenal itu, yang setiap TV menulis namanya dengan berbeda-beda (sampai saya bingung harus menulis yang mana) dikabarkan tewas. Akhirnya saya mengikuti perkembangan kabar itu di AJE dan CNN. Tapi tepat pukul 8 malam, saya berangkat ke antena, menonton MNC TV.

Di jadwal pada website MNC TV, ada Flying Art terlebih dahulu dari 20:00-20:04. Ternyata, Flying Art ini baru dimulai 20:02. Sementara acara puncak yang rencananya dari 20:05 baru dimulai 20:07. Boleh dibilang tepat waktu sebenarnya. Tapi jika dibanding dengan TV lain ketika menyelenggarakan acara ulang tahun, ini lumayan terlambat.

MNC TV menggunakan dua panggung. Panggung pertama ada di lapangan MNC TV. Panggung ini tidak jauh berbeda dengan panggung tenda yang biasa. Sebenarnya untuk di kelasnya, panggung ini bisa saya bilang lumayan (bukan bagus lho). Di sini yang tampil adalah artis yang berformat band.

Panggung kedua adalah panggung Studio 3 MNC TV. Panggung ini cukup bagus walaupun kecil. Mungkin untuk di kelasnya, panggung ini sangat bagus. Boleh dibilang panggung ini jauh lebih bagus daripada ketika launching MNC TV setahun lalu. Di panggung ini, yang tampil adalah penyanyi non-band, atau penyanyi yang tidak memakai band.

Saya selalu mengamati desain grafis MNC TV secara lebih detail karena grafis animasi MNC TV terasa lebih mantap dari stasiun TV lain. Jika TV lain selalu bermain di animasi berkecepatan sedang, maka MNC TV selalu bermain di animasi yang berkecepatan tinggi. Amati saja bannernya. MNC TV selalu memainkan garis dengan kecepatan tinggi. Bannernya sendiri juga bagus. Dengan kecepatan tinggi di banner dan garis-garisnya itu, animasi banner MNC TV tidak pernah macet. Intinya, desain animasi grafis MNC TV nampak berbeda, ya walaupun pemilihan warnanya kurang untuk saya. Tapi sekali lagi, mungkin di kelasnya warna-warna itu dianggap bagus.

Ketika dimulai, OBB juga keluar setelah rekaman sambutan Hary Tanoe. Untuk saya, OBB ini kurang menarik karena untuk saya terasa biasa saja. Secara konten juga sudah cukup bagus, walaupun saya merasa acara ini tidak berbeda dengan acara musik biasa, tidak seperti acara ulang tahun. Sepintas saya tidak menemukan kesalahan yang fatal selain ketika pindah dari panggung luar ke studio 3 ada sedikit kesalahan teknis, saat MC mulai berbicara.

Setelah satu jam, pengawasan saya berkurang karena akhirnya TV-TV berita itu mendapat konfirmasi bahwa si pemimpin Libya itu benar-benar tewas. Akhirnya, saya melihat MNC TV bergantian dengan TV luar negeri. Sepanjang penglihatan saya yang lompat-lompat itu, saya tidak melihat ada kesalahan teknis lagi. Penutupan acara ini juga tidak teramati oleh saya. Tapi biasanya, awal yang terlambat diakhiri dengan terlambat juga.

Scoring rate untuk acara ini, dari 0 – 10, saya beri 7.

Apakah acara ulang tahun MNC TV ini bisa masuk nominasi kategori panggung besar ATVDN 2011? Kita lihat saja nanti Desember, ketika semua TV sudah berulang tahun hehehe

12 thoughts on “Ulang Tahun MNC TV 2011

  1. dan ternyata ya, untuk menyambut even kaya gitu ada lomba “Joget Selama 20 Jam” dan akhirnya aku gak tau siapa yang menang. Terus, studio Lintas udah ganti lho

Leave a Reply

