aora HD

Hmmm, mungkin sedikit di luar dari topik utama saya tentang TV di Indonesia. Tapi karena ini nantinya menyangkut stasiun domestik juga, saya tulis saja.

Malam hari pukul 11, sebelum tidur, seperti biasa saya selalu “patroli TV”. Ketika jalan-jalan itulah tiba-tiba semua channel kosong mulai terisi. Hmmm, semakin cepat saya menelusuri channel-channel kosong itu. Sampai akhirnya di channel HD, ternyata “tanda” blokir saluran tidak ada, yang berarti saluran HD sudah mulai disiarkan juga.

Selamat untuk aora yang mulai Senin (07/11) malam pukul 11 meluncurkan channel HDnya! (ya walaupun resminya tanggal 8 November sih channel baru+HDnya ini diluncurkan).

Saat ini aora baru saja menambahkan 20 channel baru di satelitnya, dengan 8 diantaranya adalah channel HD. HD adalah Harley Davidson kalau di sepeda motor. Harley Davidson adalah “motor gede” Nah, HD di TV juga sama. High Definition adalah “TV gede”, yang seperti layar bioskop itu perbandingannya, 16:9. Tapi bukan berarti semua TV lebar itu HD. TV yang HD itu harus punya teknologi HDMI. Ya walaupun katanya siaran HD juga bisa ditangkap di TV tabung kebanyakan yang kotak dengan perbandingan 4:3, tapi akan lebih bagus kalau di “TV gede” sekalian.

Di TV HD, selain gambarnya punya piksel lebih banyak dan meninggikan kualitas gambar, suara di TV HD jauh lebih jernih. Yang seperti ini bakal memanjakan semua pemirsa TV. Gambarnya jernih, suaranya mantap!

Saat ini ada 8 channel HD di aora yang sudah ramai dibicarakan saat aora mengujicoba channel itu di satelitnya. Ke-8 channel itu adalah:
HBO HD – 820
STAR MOVIES HD – 822
Discovery HD WORLD – 830
NATIONAL GEOGRAPHIC CHANNEL HD – 832
ASN – 812
ESPN HD – 810
food network HD – 840
KOMPAS HD – 850

Dengan komposisi sekarang, maka channel HD milik aora adalah yang terbanyak untuk sementara ini di Indonesia. Juga boleh dibilang sebagai yang pertama di Indonesia.

Pada channel 850 ada KOMPAS HD. Ini adalah channel HD domestik pertama di Indonesia. Siaran KOMPAS HD sama dengan KOMPAS SD, namun kualitas gambar dan suaranya jauh lebih baik daripada SD.

Channel HD aora bisa diambil mulai dari Paket Cihuy ke atas dengan menambahkan Rp99.000 dari harga dasar paket. Contoh: saya pengguna Paket Cihuy yang harganya Rp99.000. Kalau mau ditambah HD, maka akan menjadi Paket HD Cihuy dengan biaya Rp99.000 + Rp99.000 = Rp198.000.

Jumlah channel HD di tiap paket berbeda. Untuk info selengkapnya kunjungi http://www.aora.tv/hd

Saat ini aora HD hanya tersedia di Jabodetabek

Refrensi
http://www.aora.tv/hd
File .pdf di FAQ website aora HD
Tweet Pak Apni Jaya Putra (@Apni), Senior Production Manager KOMPAS

23 thoughts on “aora HD

  1. Ada tambahan lagi channel HD,Yaitu Cartoon Network HD dan HBO Hits HD.sayang sekali,padahal tv saya besar,merek LG,ada tulisan TV😄 (XD apa yah?)tapi saat membuka Channel HD malah gak bisa,hitam semua ?

    • Halo Mas Kriskus🙂
      Oh ya, CNHD sama HBO HiTS HD, dua yang baru di 828 dan 821
      Dekodernya udah dituker sama dekoder HD dan udah langganan HD belum? Kalo belum ya memang dapetnya HD (Hitam Doang) hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s