B Channel di Satelit

Sebagai TV berjaringan, B Channel harus menyiarkan siarannya di satelit. Nah, bagaimana “penampakan” B Channel di satelit?

Awalnya B Channel disiarkan melalui Apstar 6 (kalau tidak salah) dengan nama TVN~1 (TV Nusantara, pusat teknis B Channel). Beberapa waktu kemudian B Channel memulai siarannya di satelit Palapa D. Saya lupa namanya, tapi kalau tidak salah masih pakai nama TVN juga. Di kedua satelit ini ternyata B Channel tidak memasang logonya. Bisa dibilang wajar kalau B Channel tidak memasang logo di satelit FTA karena dari satelit FTA inilah siaran TV lokal di jaringan B Channel ini berlangsung. Jika ada logo B Channel di sana, maka antara logo TV lokal dengan logo B Channel akan bertumpukan. Dan B Channel tidak menggunakan teknik seperti SINDO TV yang logonya ditutupi dengan kotak oleh TV lokalnya.

Itu “penampakan” B Channel di satelit FTA. Nah, bagaimana tampilan yang kita lihat ketika kita menonton B Channel di TV berbayar?

Ternyata, tidak ada bedanya. Awalnya saya berfikir bahwa tampilan B Channel di TV berbayar (TelkomVision dan sekarang juga di aora) akan berbeda dengan satelit FTA karena ini adalah TV berbayar, sehingga B Channel bisa “dijual” dengan optimal. Selain nama channel yang tidak menggunakan TVN, B Channel juga bisa memasang logo karena tidak mungkin rasanya TV lokal akan menggunakan TV berbayar untuk merelay siaran sentral. Jadi, mestinya ada logo B Channel di situ.

Jadi, di FTA, B Channel tidak ada logonya dengan nama TVN. Sedangkan di TV berbayar, B Channel juga tidak ada logonya dengan nama B Channel.

Ketika saya menonton B Channel dari Palapa awal tahun ini, akhirnya saya menyimpulkan bahwa B Channel adalah “ibukota” bisnis, sedangkan “ibukota” teknis adalah TVN. Dengan kata lain, B Channel bukan sentral dari siaran, karena B Channel merelay siaran TVN dari Cikarang, Bekasi. B Channel adalah sentral kegiatan bisnis jaringan ini. Maka, induk dari jaringan ini adalah TVN di Bekasi.

34 thoughts on “B Channel di Satelit

    • Nah, jadi jaringan ini “dijualnya” pakai nama Jakarta, B Channel. Jadi kegiatan bisnis pusatnya di Jakarta, mangkannya aku sebut “ibukota bisnis”. Tapi yang ngejalanin siarannya jaringan ini kan TVN di Bekasi, jadi TVN itu aku sebut “ibukota teknis”.
      Kalau kenapa B Channel Network, mungkin karena namanya lebih internasional kali ya jadi akhirnya pakai B Channel Network

  1. Kirain d tv berlangganan ada logo bchannel, tnyata ga. Yg aneh tuh tvn sama bchannel ada d wilayah layanan yg sama, jabotabek. Boleh ga sh?

    • Halo Mas Sremet🙂
      TV berbayar memang lebih mengutamakan konten luar negeri daripada konten lokal. Dalam undang-undang disebutkan konten lokal jumlahnya 10% dari total kanal yang ada. Jadi misalnya aora, dengan 76 channel, 8 channel sudah cukup. Tapi aora memiliki 11 channel lokal plus 3 channel lokal eksklusif. TelVis, Centrin, OrangeTV, dan lainnya juga kurang lebih punya komposisi yang sama dengan jumlah channel eksklusif yang berbeda. Saat ini hanya Pay TV milik MNC (Indov, OkeV, dan Top) dan milik EMTK (nex) yang punya RCTI, MNC TV, dan globaltv. Ini karena MNC hanya mau memasang TVnya di sana. Tiga TV ini saja oleh MNC ditarik dari TelVis agar terutama pelanggan TV berbayar dari MNC tadi naik (ini kesimpulan dari diskusi di blog ini beberapa waktu lalu)
      Cara untuk tetap memiliki 3 TV tersebut adalah dengan tetap membiarkan antena terpasang. Dengan begitu, TV nasional yang dimiliki tetap lengkap, dan kita bisa menikmati konten dari luar negeri tersebut mas🙂

  2. Masukan untuk acara MNTV B Channel : Jalan Jajan Sabtu jam 08.00
    Mohon host Rahma diberitahu kalau membawakan acara kuliner jangan mengibas-ngibaskan rambutnya yang panjang di atas makanan yang disajikan di depannya karena membuat ilfil penonton, yang dia peragakan adalah “makanan”nya bukan “rambut”nya. Kalau bisa rambutnya diikat atau cari host yang rambutnya pendek atau host pria seperti dulu. Trima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s