Logo TRANS CORP Jadi Perbincangan Hangat

Baru beberapa saat setelah peluncurannya, logo TRANS CORP menjadi buah bibir di masyarakat karena dianggap mirip dengan logo KOMPAS. Kebanyakan menganggap mirip karena bentuk dan warna yang relatif sama. Perbincangan tentang ini juga hangat di sini, di tulisan saya tentang ulang tahun TRANS CORP.

Untuk saya pribadi, begitu melihat logo baru TRANS CORP, saya menyambutnya dengan baik. Dengan warnanya yang cerah di bagian yang dijadikan huruf “A” itu, logo ini bisa langsung menarik perhatian. Tapi ternyata, logo ini juga langsung menimbulkan kontroversi di dalam masyarakat.

Bentukan huruf “A” di logo TRANS CORP dan bentukan huruf “K” di logo KOMPAS tidak sama. Yang diwakili saja beda, “A” dengan “K”. Lainnya, terlihat di huruf “A” segitiga di dalamnya lebih teratur. Sedangkan di huruf “K” bentuknya lebih bebas.

Sedangkan warnanya juga berbeda untuk saya. Huruf “K” di logo KOMPAS merepresentasikan warna-warna tropis, sesuai dengan yang ditulis di websitenya. Sedangkan huruf “A” pada logo TRANS CORP untuk saya lebih mewakili warna pelangi. Logo TRANS CORP dibuat “melayang” di atas awan dalam animasinya. Inilah yang mendasari saya menyebut warna logo TRANS CORP mewakili pelangi. Masih tentang pewarnaan, warna di logo KOMPAS ditabrak-tabrak, sedangkan di TRANS CORP dibuat gradasi.

Filosofi juga pasti berbeda. Untuk KOMPAS seperti yang disebutkan oleh mereka sendiri bahwa warna-warna itu mencerminkan Indonesia, karena diambil dari unsur tropis seperti laut, langit, kayu, hutan, dan lainnya. Sedangkan untuk TRANS CORP, logonya memiliki filosofi apa kita juga tidak tahu. Tapi yang pasti, saya ingat betul di awal “kehidupannya”, KOMPAS (yang masih pakai nama KOMPAS TV waktu itu), me-retweet mention seseorang bahwa logo KOMPAS menggunakan aliran “kubisme”. Sedangkan logo TRANS CORP, walaupun saya kurang paham betul urusan seni, tapi saya rasa daripada “kubisme”, logo TRANS CORP ini lebih bisa disebut sebagai “prisma”.

Jadi, untuk saya, logo KOMPAS dan TRANS CORP tidak mirip. Tapi, penilaian setiap orang berbeda. Jadi, mirip atau tidak, itu tergantung pribadi masing-masing.

Hmmm, yang ini baru saja terlintas di kepala saya. Kalau mau mirip-miripan seperti ini, kenapa tidak ada yang “protes” di tahun 2003 ketika antv menggunakan logo baru? Justru untuk saya logo antv itu mirip TVRI. Mirip, karena di kedua TV ini ada huruf yang sama-sama menempel, yaitu “V” dan “R” di TVRI, sedangkan di logo antv ada huruf “a” dan “n”. Bedanya, TVRI pakai huruf kapital dan antv pakai huruf kecil. Ketika googling, hanya website ilmu desain (www.ilmudesain.web.id) saja yang bilang “cara membuat logo antv mirip dengan cara membuat logo TVRI”. Itu juga hanya cara membuatnya saja, bukan logonya. Ada yang sependapat?

48 thoughts on “Logo TRANS CORP Jadi Perbincangan Hangat

  1. gimana ya? mungkin dulu orang-orang cuma mikir, “Ah ganti logo biasa aja ah logonya blah blah blah.” Tapi mungkin sekarang kan orang-orang udah mulai berpikir kritis dan lebih jeli (mungkin lho) IMHO.

    Tapi kalo menurutku ya, yang mirip dari logo transcorp sama kompas itu cuma segitiga segitigaannya doang, itupun gak terlalu mirip.. komposisi warna ya relatif sih

  2. Ya kalau menurutku sih, gak sama deh. Dari bentuk aja udah beda, tapi warnanya itu yang hampir sama. Ya aku sependapat lah. Kita aja gak tahu arti warnanya sama bentukan huruf A di logonya Trans Corp

    Terus yang masalah antv sama TVRI itu, memang secara bentuk ada yang nempel, tapi kan warnanya beda. Di logonya antv, kan a sama n warnanya sama. Di logo TVRI, V sama R warnanya beda. *maaf kalau terlalu panjang*

  3. Animasinya jelek yg di akhir acara yg ada tulisan TRANSCORP. Bagusan member of viva sama mnc. Animasi Transcorp keliatan jadul. Harusnya emtek bikin jg tuh

  4. Menurut saya tidak bisa dihubung2kan dan memang berbeda (meski ada kemiripan)….apa karena sama2 “kaya warna”(jadi inget warna wedha popart deh) ?bentuk gabungan segitiga2 itu?, sungguh tidak fair kalo kita “cap” logo trans dengan tidak pantas atau plagiat…..ga perlu jauh2 logo bule…coba kita tengok yang lokal2 aja dulu ….logo-nya AXIATA-nya XL, telkom vision dan yang saya kira itu jauh lebih dulu lahir dari pada logo kompas, ga beda jauh juga kok…..
    Memang secara jujur saya lebih suka logo kompas..dimana dengan core utama bentuk yang “kuat” tersebut akan dapat diubah2 dengan berbagai macam desain seperti layaknya logo MTv……

    • Halo, Mas Julian ya🙂
      Iya, Axiata juga pakai model yang sama tapi warnanya ngga terlalu cerah, mestinya orang-orang KOMPAS ngga perlu “menyombongkan diri” dengan bilang logo TRANS Corp mirip logo mereka. Entah memang mereka mau “menyombongkan diri” atau apa tapi orang-orang KOMPAS di twitter cuma me-retweet yang bilang logonya TRANS Corp mirip logo mereka. Akhirnya ramenya seperti ini
      Saya juga suka logonya KOMPAS tapi logo on-screen nya ngga sebagus logo yang dipajang di website

  5. dari semua logo yg serupa pasti akan ada perbedaan nya.. makanya perusahaan 2 yg mempunyai logo hampir mirip mereka tenang2 aja.. karena logo2 mereka memiliki makna yg berbeda walu secara visual orang awam mirip, atau orang awam berfikir gak kreatif ne sia logonya mirib si b..

    susah kalau kita bicara soal kemiripan sebuah logo.. karena mau ide itu baru.. begitu jadi pasti ada yg mirip.. coba aja brosing2 di gogle logo2.. banyak yang mirip..
    kenapa banyak yg mirip.. karena sebagian mereka membuat icon atau logo selalu berfikir jangka panjang.. mau jaman dulu atau sekarang semua sama saja.. banyak hal yg di fikirkan dari semua sudut dan elemen yang di gunakan.. dari bentuk ada yg berpatokan pada fengsui dan unsur2 alam.. segi tiga, kotak, berlian dll.. kalo dari unsur2 atau bentuk yg sama bisa kemungkinan besar logo akan mirip..
    terkadang bentuk yg sama memiliki filosofi yg berbeda.. belum dari unsur warna.. semua mesti di perhitungkan..
    karena sebuah perusahaan besar logo juga merupakan peruntungan mereka..

    contoh:
    http://blog.indragunawan.net/2009/11/unicredit-dan-tvone-yang-bersatu.html

    tapi terkadang tidak menutup kemungkinan sebuah perusahaan terlalu berlebihan melindungi brand mereka
    http://www.gamexeon.com/forum/lifestyle/62256-mirip-logo-apple-supermarket-australia-digugat.html
    padahal secara visual jelas berbeda, mungkin ide dasarnya yg sama.. ya itu appel..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s