TVRI Nasional Ganti Station ID dan Tampilan Berita

Stasiun televisi tertua di Indonesia, TVRI Nasional, Mulai 26 Februari ini mengganti tampilannya. Tampilan kali ini membuat TVRI jadi lebih segar dari sebelumnya. TVRI mengganti grafis Station IDnya walaupun musiknya masih menggunakan lagu yang sama dengan aransemen baru yang cukup lumayan. Tampilan Station IDnya sepotong demi sepotong kira-kira seperti ini

Sementara itu untuk OBB program berita Warta belum diganti oleh TVRI. Namun tampilan baru untuk banner dan studio virtualnya sudah ada, dan sekali lagi, membuat tampilan TVRI jadi lebih segar dari sebelumnya

Untuk warta utama, bannernya berubah dari yang sebelumnya saya sebut “sangat Windows Movie Maker”, sekarang menjadi lumayan bagus

Sementara itu kita bisa lihat juga studio virtual barunya

Ini mejanya baru atau meja lama yang kelihatan baru ya? Yang ini mejanya kelihatan lebih bagus dari sebelumnya

Ini kalau penyiarnya ada dua. Di antara kedua penyiar kita bisa melihat logo ulang tahun ke-50 TVRI yang dipajang di tengah. Kalau penyiarnya hanya satu, akan nampak seperti ini

Bannernya warnanya sama dengan yang digunakan di warta utama tadi

Kode produksinya juga baru. Biasanya malah jarang kita lihat. Kalaupun ada, biasanya juga tidak terlalu bagus. Sebelumnya, credit title yang biasanya naik dari bawah ke atas ada di tengah, kali ini dipindah ke kiri. Sayangnya saya tidak sempat mendapat gambarnya pada hari itu

Jadi sekali lagi saya bilang tampilan ini membuat TVRI nampak lebih segar. Tapi sayang banner itu nampak seperti hasil karya Microsoft Office. Kalau lihat secara langsung kita bisa lihat animasi yang dipergunakan TVRI seperti kalau kita membuat animasi di PowerPoint. Untuk banner, saya lebih suka yang warnanya hitam putih yang dipergunakan sebelumnya. Tapi studio virtualnya untuk saya cukup bagus. Memberikan kesan baru (dan sekali lagi: segar)  setelah bertahun-tahun menggunakan studio virtual yang animasinya tidak terlalu bagus itu.

43 thoughts on “TVRI Nasional Ganti Station ID dan Tampilan Berita

  1. davenirvana, ada informasi terbaru dari Kharisma. Tadi malam saat penutupan, TVB Semarang menayangkan Indonesia Raya versi asli dan bukan versi KOMPAS tetapi colour bar masih menggunakan versi KOMPAS. Demikian tadi informasi dari Kharisma. Terimakasih davenirvana.

  2. davenirvana, ada tambahan informasi lagi dari Kharisma. Sebelum penutupan, TVB Semarang menayangkan Station ID versi 2003 mulai pertama kali muncul dan bukan versi 2004 karena belum muncul tulisan TVne Jawa Tengah di bagian akhir dan saat bergabung dengan KOMPAS, TVB tidak ada station ID sama sekali. Demikian tadi informasi terbaru lagi dari Kharisma. Terimakasih davenirvana.

  3. Davenirvana, ada informasi terbaru dari Kharisma. Mulai 3 Maret program berita TV One ganti tampilan. Demikian tadi informasi dari Kharisma. Terimakasih davenirvana.

  4. Davenirvana, informasi terbaru dari Kharisma. Jam 15.30 WIB SCTV di Semarang mengalami gangguan teknis jadi tidak bisa menonton HIP HIP HURA. Untungnya saya sudah punya parabola jadi bisa nonton SCTV di saat pemancarnya mengalami gangguan teknis. Terimakasih davenirvana.

    • Kalau di parabola, Spacetoon siarannya malah 24 jam karena pada saat Spacetoon sign-off selalu diselingi dengan Home Shopping dan B Channel di Telkomvision dan Yes TV juga malah 24 jam karena diselingi dengan City Info / Kabar Kota di setiap daerah, Di Indovision SINDO TV malah 24 jam hanya menayangkan rerun program. Khusus Kompas TV tidak 24 jam.

  5. Ada informasi baru dari aku: Kalau seseorang buka website Sindo TV, jadwal acaranya dimulai pukul 05.00 – 25.30 (Mungkin maksudku pukul 01.30 WIB), di program olahraga SINDO TV yang pukul 23.30 di websitenya berakhir dengan waktu yang geje. Aslinya 01.30/02.00 WIB, begitu harusnya di jadwal cara website Sindo TV.

  6. Dulu, MHTV Surabaya pada zaman SUN TV kalau sign off mereka tidak mati pemancar ini dikarenakan:
    1. MHTV Surabaya, sign off pakai gambar khas Jawa Timur, sama lagu-lagu.
    2. Setelah MHTV Surabaya, mulai Gangguan Teknis (EUCS), sign off pakai color bar sama lagu – lagu. MHTV Surabaya sign off ada tulisan Logo M&HTV – Medical & Health warna hijau – tulisan Channel 62 UHF Surabaya.
    3. Setelah eucs, MHTV Surabaya ganti logo dan logo yang mirip IMTV Bandung dan kejadian ini pada MHTV Surabaya, kembali lagi ke Sindo TV sama lagu.

    • Halo, Mas Fajar, logo IMTV Bandung dan MHTV Surabaya mirip logonya Sindo TV, seperti logo Deli TV Medan mirip logonya Sindo TV (sebenarnya sudah dilakukan ketika logo Deli TV Medan mau dibuat kayak Sun TV “nama Sindo TV waktu itu” bersamaan dengan Pro TV Semarang), jadi seharusnya pada bagian nomor 3 ialah MHTV Surabaya ganti logo dan logo yang mirip Sindo TV, bukan MHTV Surabaya ganti logo dan logo yang mirip IMTV Bandung. Jadi dibilang ralat untuk bagian nomor 3 yang ini.

  7. Davenirvana, tadi saya buka twitter, kantor Trans TV & Trans 7 kebakaran. Terus, Trans 7 malah siaran lokal. Kejadian ini berlangsung setelah adzan Maghrib di Surabaya dan sekitarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s