B Channel Ganti Konten di Satelit dan FTA

Mulai dari bulan Mei kemarin, komposisi penyiaran di B Channel berubah. Jika sebelumnya siaran satelit B Channel tidak menampakkan logo di layar dan dimulai pukul 6.00 WIB serta diakhiri pukul 23.00 WIB, dalam komposisi baru ini B Channel menampakkan logonya di pojok kiri layar dan bersiaran 24 jam penuh.

Sebelumnya siaran B Channel di satelit berlangsung pukul 6.00-23.00 WIB dan sisanya diisi color bar kecuali untuk konten di TelkomVision yang bersiaran 24 jam dan berlogo. Namun mulai bulan Mei, semua satelit (termasuk aora yang saya gunakan saat ini) kontennya menjadi 24 jam dan juga berlogo. Konten programnya juga kurang lebih sama dengan yang ada di TelkomVision, yaitu jajaran City Info/Kabar Kota dari berbagai daerah episode lama yang mengisi siaran dari pukul 23.00-6.00 WIB.

Namun di penghujung Mei, isi konten program B Channel di semua satelit berubah lagi. Kali ini bukan City Info/Kabar Kota lagi yang mengisi siaran dari pukul 23.00-6.00 WIB, melainkan program lama B Channel yang ditayangkan kembali plus Panorama dari berbagai wilayah.

Sementara itu, dengan kemunculan logo B Channel di pojok kiri atas konten satelit, konten jaringan lokal berubah (dalam hal ini posisi logo). Jika sebelumnya Tv lokal B Channel bisa meletakkan logonya di pojok kiri atas, maka sekarang semua TV lokal B Channel memasang logonya di pojok kanan atas. Sementara itu, di pojok kiri atas, dipasanglah promo kecil untuk menimpa/menutupi logo B Channel dari satelit itu.

B Channel di Jakarta kini sedikit berubah pola, dari menambahkan logo sendiri menjadi menggunakan logo dari satelit. Beberapa teman di Jakarta memberitahukan posisi logo B Channel sedikit bergeser lagi ke kiri pada hari di mana konten satelit ditambah logo, sementara beberapa hari sebelumnya posisi logo B Channel berada sedikit di kanan posisi saat ini. Namun tentunya di Jakarta tidak perlu menutupi dengan promo karena di Jakarta namanya memang B Channel.

Secara konten program di TV lokal sedikit berubah. Jika sebelumnya di ndtv Malang rajin memutar Indonesia Raya yang di-relay bersama dengan 24 TV lokal lainnya pada pukul 5.58 pagi, maka mulai dari perubahan konten ini ndtv langsung masuk ke program satelit dari pukul 6.00. Kadang-kadang karena proses yang kurang lancar, kita bisa melihat logo B Channel selama kurang lebih 15 detik sebelum akhirnya logo B Channel ditutpi dengan promo dari ndtv Malang.

Saya punya sedikit saran untuk masalah di paragraf sebelumnya. Sebaiknya B Channel di satelit mengakhiri siaran pada pukul 5.53 dan kemudian memunculkan tulisan “Kami akan segera memulai siaran dalam (countdown mulai dari 5 menit 00 detik)” sehingga TV lokal bisa memulai siaran secara bersamaan lagi, dan pukul 5.58 kita bisa mendengarkan Indonesia Raya lagi sebagai pembuka siaran sehingga tidak lagi melanggar aturan dari KPI. Kemudian dengan pola logo yang diterapkan sekarang (menutupi logo B Channel), logo di TV lokal beserta promonya disiapkan dari sebelum 5.53 sehingga ketika bergabung dengan satelit logo B Channel sudah tertutupi dengan sempurna.

Dan walaupun sebenarnya akhir-akhir ini saya kurang percaya lagi dengan keyakinan saya, tapi saya masih menganggap bahwa pusat siaran B Channel secara teknis (bukan bisnis) terletak di tvn Bekasi, dan B Channel Jakarta me-relay tvn Bekasi, seperti temuan saya di ndtv Malang pada awal siarannya di 2008 lalu. Namun apakah keyakinan saya ini masih berlangsung atau pusat siarannya benar-benar sudah beralih ke B Channel Jakarta, saya juga kurang tahu. Semoga saya mendapat jawabannya, karena sepertinya seluruh proses produksi masih dilangsungkan di Cikarang, lokasi tvn Bekasi sekarang ini.

Komposisi program B Channel di satelit pukul 23.00-6.00 WIB setiap hari:
23.00-0.00 Panorama Region DKI + Jabar (Program Panorama yang kontennya disiarkan oleh tvn Bekasi, B Channel Jakarta, purwakartatv Purwakarta, terangitv Cirebon dan ctchannel Bandung)
0.00-1.00 Geli Alay
1.00-2.00 D Joglo
2.00-3.00 Panorama Region Jawa Timur (Program Panorama yang kontennya disiarkan oleh mntv Surabaya dan ndtv Malang)
3.00-4.00 Panorama Region Sumatera (Program Panorama yang kontennya disiarkan oleh cntv Medan, station1 Palembang, gemilangtv Padang, teleframe Pekanbaru, krakatautv Lampung, dan barelangtv Batam)
4.00-5.00 On Spotlight
5.00-6.00 New Project P

29 thoughts on “B Channel Ganti Konten di Satelit dan FTA

  1. Kalau “Kami akan segera memulai siaran dalam (countdown)” jadi kayak launching stasiun TV dong hehe
    Harusnya selama 5 menit itu (mulai jam 5:53) diisi testcard. Setelah itu jam 5:58 diisi lagu Indonesia Raya

  2. sebelum semua TV afiliasi B Channel mengganti logonya dengan logo dari B Channel, mntv surabaya dlu logonya bergantian, jadi di Surabaya, muncul 2 logo bergantian, mntv dan B Channel. Namun, kenapa untuk wilayah lain tidak, dan kenapa saat ini hanya mntv saja yang memperlihatkan logo B Channel?

    oh ya, ada 1 pertanyaan lagi. kenapa semua TV Lokal yang menayangkan B Channel harus memakai logo baru, seperti layaknya KompasTV ke TV Afiliasinya? Dulu sempat disinggung kan kalau dengan penggantian logo TV Lokal dari TV Utamanya (KompasTV) itu gak baik?

    • Mungkin kebijakan perusahaan karena Jakarta dan Surabaya sama-sama kota besar, jadi “promosi” B Channel cuma di Surabaya

      Sebenernya yang jadi masalah di KOMPAS dulu karena KOMPAS tidak mendirikan TVnya sendiri (menggandeng TV eksisting) yang sudah lekat di masyarakat, jadi dilarang. Apa lagi sebenernya KOMPAS itu bukan TV karena induknya tidak punya frekuensi terestrial, sama seperti SINDOTV
      Kalau untuk B Channel dan Spacetoon boleh, karena keduanya mendirikan TV lokal sendiri, bukan eksisting. Khusus Spacetoon, semua TV lokalnya dulu di-re-brand. Contoh di Malang, nama awalnya TV anak Kota Malang, di Surabaya nama awalnya TV anak Surabaya, kota lain juga kecuali Jakarta. Setelah masuk 2005, semua TV anak yang awalnya ujicoba diisi color bar itu mulai siaran konten, siaran sendiri-sendiri di setiap kota, dan namanya di-re-brand jadi Spacetoon+kota, contoh TV anak Spacetoon Malang, TV anak Spacetoon Surabaya, dst. Masuk 2007 Spacetoon siaran nasional, semua relay dari Jakarta kecuali jam tertentu untuk siaran lokal

  3. Tenang, kan di Surabaya kan ada KOMPAS namanya BCTV, kalau SINDOTV di Surabaya, namanya
    MHTV. Dulu MHTV sekitar 2007 atau 8 siarannya cuma gambar Jatim. Lah, dulu juga ada suara
    dari program SUN TV, jadi dulu kalau MHTV lokal siaran tetep gambar. Sayangnya jika ada suara
    “Mari kita simak/lihat” gak bisa cuma gambar. Akhirnya, banyak masyarakat protes MHTV. Dan, se
    jak saat itu, MHTV mengudara dengan gambar, khusus gambar cuma muncul pas sign off. Sekara
    ng cuma color bar sama lagu yang muncul pas sign off, lagipula sekarang pemancar mati kalau sign
    off.

  4. Jelajah Kutho, Halo-halo Surabaya, Panorama Jatim, City Info Surabaya, di MNTV itu tayangnya
    diulang-ulang seperti kartun.

  5. Ya. B Channel lokal mengudara jam 6.00-24.00. Siaran B Channel bila beda waktu adalah:

    1. WIB – Jam 6 sampai 12 malam
    2. WITA – Jam 7 sampai 1 malam
    3. WIT – Jam 8 sampai 2 malam
    ____________________________________________________________________________

    Keterangan: Yang diantara ketiga itu, adalah pagi hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s