Ganti Logo Dadakan

Ganti logo mendadak terjadi di dua TV Indonesia di tahun ini. Yang pertama pada INDOSIAR dan yang kedua pada Global TV.

Pada Bulan Maret 2012 secara mendadak (walaupun pasti sudah ada planning tapi berhasil dijaga “kerahasiaannya”) INDOSIAR mengganti logonya yang menggunakan ikon Ikan Terbang kembali ke logo “burger” yang mirip logo TVB Hong Kong itu. Pergantian logo itu dilakukan ketika pergantian acara dari sinetron ke acara musik dangdut pada salah satu hari Jumat sekitar pukul 7 atau 8 malam WIB.

Sementara pada sekitaran Bulan April 2012 Global TV secara mendadak juga mengganti logonya. Saya sudah dari lama penasaran kapan logo Global TV akan diganti, karena dari semua TV/Channel MNC FTA, hanya Global TV saja yang tidak memiliki unsur merah di logonya.

Sedikit membahas logo Global TV ini, sepertinya sedang ada “penyatuan identitas” di antara TV/Channel FTA MNC Group. Penyatuan identitas ini bagaikan samanya logo channel-channel yang berada di bawah bendera MNC Channels

Seperti kita lihat hampir semua TV dan Channel FTA MNC berlogo hampir mirip. Diawali dengan SUNTV pada 2007 yang bisa digambarkan dengan nama Channel/TV yang besar, diikuti kata TV di sebelahnya dengan ukuran yang lebih kecil. Model logo SUNTV ini kemudian digunakan oleh sejumlah TV lokal di bawah jaringan SUNTV seperti PRO TV Semarang dan DELI TV Medan, serta beberapa lainnya. Selanjutnya MNC TV di 2010, kemudian re-brand SUNTV menjadi SINDOTV dengan munculnya logo baru TV lokal yang berada di bawah jaringan SINDOTV pada 2011, serta terakhir Global TV pada 2012, dengan menggunakan warna yang mirip dengan warna yang digunakan oleh RCTI.

Sementara pada MNC Channels logonya juga hampir mirip. Logo MNC Channels berunsur ikon MNC di pojok kiri atas, dengan MNC di sebelahnya, dan genre channel di bawah ikon dan kata MNC, dengan warna sendiri-sendiri sesuai genrenya.

TV apa lagi yang akan berganti secara dadakan di tahun ini? Kita tunggu saja

Catatan: konteks “dadakan” dalam tulisan ini adalah berganti logo di luar acara ulang tahun atau acara khusus tertentu

11 thoughts on “Ganti Logo Dadakan

  1. Kalau Indosiar agak mengejutkan, soalnya kan lambangnya selama ini ikan terbang (walaupun di station IDnya masih pakai logo “mirip TVB” ini hehe
    Global TV kan ganti logonya pas acara Konser Lampion 100% Ekspresif (bulan Maret)
    Secara warna, emang TV-TV FTA MNC bersatu, biru tua sama merah hehe

  2. Lucunya, Biasanya kalo TV ganti logo itu mesti Logo baru, lha Indosiar malah logo lawas d pake lagi. baru kali ini aku liat kyk gini😄
    untuk logo GlobalTV menurut saya yang sekarang jadi tambah tidak menarik, terkesan sangat polos hanya 2 warna dan font seadanya. aku leih suka logo yang kedua dari globaltv yang warna orange, biru, hijau tu.
    RCTI logonya yang sekarang sudah bagus, cara bikin logonya itu rumit. sayang klo d ganti😦 tapi kalo malah lbih bagus, saya dukung. karena dah 10 th lebih RCTI pke logo yang saat ini

    • Halo Mas Rey🙂
      Iya, INDOSIAR memang gonta-ganti logo tapi logonya ya dua itu aja hehe
      Iya, logo Global TV jadi polos. Kalo menurut saya punya MNC TV lebih mewah dan eksklusif itu…
      Kalau RCTI, kita tunggu aja kabar berikutnya🙂

  3. Sekarang, logo bctv Surabaya merah dan biru. Kalau di ATV Malang juga, STV Bandung tidak.
    Yang sederhana adalah website STV Bandung karena, Senin-Sabtu ada KOMPAS, Minggu lokal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s