KOMPAS Kembali ke Jakarta?

Hari ini tanggal 22 Juni 2012, ulang tahun Jakarta. Biasanya TV dan channel yang kebanyakan pusatnya di Jakarta itu akan membuat liputan khusus untuk ulang tahun ini.

Nah, bagaimana dengan KOMPAS? Channel yang juga berpusat di Jakarta ini ternyata justru siarannya tidak bisa ditangkap di Jakarta. Tapi, kabarnya, KOMPAS akan kembali di Jakarta. Benarkah?

Kasus bermula ketika Ktv, TV lokal afiliasi KOMPAS akhirnya berhasil mendapatkan IPP namun IPP tersebut berlaku untuk wilayah Serang, yang otomatis membuat siaran Ktv menghilang dari Jakarta. Sejak kepindahan Ktv ke Serang otomatis seluruh warga Jakarta tidak dapat menyaksikan program-program dari content provider yang bermasalah ketika peluncurannya akan berlangsung tersebut.

Setelah sekian lama, akhirnya orang-orang KOMPAS mulai memberitahukan masyarakat bahwa program-program mereka akan segera dapat dinikmati kembali karena Ktv Serang akan segera “kembali ke Jakarta” di channel yang sama, 28 UHF mulai hari ini, 22 Juni 2012. Teknisnya bagaimana, saya kurang tahu. Tapi kemungkinan besar yang dapat dilakukan oleh Ktv Serang adalah dengan memperbesar power pemancar mereka dan mengarahkan sinyal mereka ke timur, ke arah Jakarta.

Bagaimanakah kualitas sinyal Ktv Serang? Bagi teman-teman yang ada di Jakarta silahkan bagi kabar kepada KOMPAS dan di sini. Beritahu juga di sini apakah program lokal Ktv Serang diproduksi sendiri atau masih ikut KOMPAS seperti dahulu.

10 thoughts on “KOMPAS Kembali ke Jakarta?

  1. Di sini siarannya masih kurang bagus, tapi ya gak apa-apa lah. Moga-moga nanti ditingkatkan lagi kualitas siarannya🙂

  2. Tapi skrng KompasTV udh ada lg di bogor melalui KTV, tp TV yg bejaringan dari KompasTV lebih sdkit dibanding sama B Channel.
    – TV Berjaringan KompasTV : KTV, BTV (Semarang), ATV (Batu & Malang), BCTV (Surabaya), TVB (Banjarmasin), RBTV (Yogyakarta), DewataTV (Denpasar), MakassarTV (Makassar), KhatulistiwaTV (Pontianak).
    – TV Berjaringan B Channel : CTChannel (Bandung), MNTV (Surabaya), CNTV (Medan), Station1 (Banyuasin), Barito Channel (Banjarmasin), Channel1 (Manado), TVN (Cikarang), GemilangTV (Padang), Teleframe (Pekanbaru), KrakatauTV (Lampung), VistaTV (Gorontalo), BorneoTV (Balikpapan), PanoramaTV (Ambon), MatahariTV (Pontianak), FiestaTV (palangkaraya), BarelangTV (batam), NDTV (Malang), RinjaniTV (Lombok), KartikaTV (Pati), AmbaraTV (Singaraja – Bali), PurwakartaTV (Purwakarta), PelangiTV (Poso), TimorTV (Kupang), TerangiTV (Cirebon), KemilauTV (Papua).

    Dulu ada yg komen di blog ini yg “katanya” TV yg berjaringan KompasTV ada 30 TV lokal, tp buktinya cuma 9, sedangkan TV yg berjaringan B Channel ada 25 TV lokal..

    Dan program B Channel BUKAN produksi dari TVN Cikarang, malah sebaliknya, TVN Cikarang itu bagian dari TV berjaringan B Channel yg me-relay program dari B Channel..

    • Halo mas HDN (atau ada alternatif panggilan lain?)🙂
      Terima kasih info TV lokal B Channel dan KOMPASnya. Kemungkinan 30 itu rencana awalnya. Sekarang KOMPAS masih terus berusaha untuk bisa ajak “kerjasama” TV lokal wilayah lain juga bikin TV lokal baru di beberapa wilayah lain.

      Kalau yang itu, saya sebut B Channel relay TVN karena beberapa tahun lalu seperti itu (dan mungkin masih seperti itu). Program-program juga masih diproduksi di studio Cikarang, tempatnya TVN, tapi hasil produksinya diberi label B Channel. Seperti bisa dilihat di http://www.coklatmentari.com/coklat-mentari-di-liput-acara-sisi-kota-tvn-b-channel/ juga http://www.mail-archive.com/tv-islam@yahoogroups.com/msg00460.html dan kadang juga beberapa pengisi acara di B Channel selalu menyebut kegiatan taping (perekaman) dilakukan di Cikarang. Lainnya, TVN berdiri lebih dulu daripada B Channel. TVN 2008, B Channel 2009. Secara korporasi/bisnis, TVN memang berada di bawah B channel. Tapi kalau memang semua kegiatan produksi dan satelit sudah dipindah dari Cikarang ke Patal Senayan, berarti sudah dibalik, TVN merelay B Channel

      • Oh ya Mas Harwan🙂 sekarang kan udah jadi nasional B Channelnya hehe. Cuma memang lebih memilih pakai konsep berjaringan buat TVnya, ngga kaya Spacetoon. Kalau Spacetoon kan dulu semua TV ANAK di-re-brand, misal TV ANAK Kota Malang jadi TV ANAK Spacetoon MALANG, dan kota-kota lain

    • Update:
      Panorama TV Ambon, Borneo TV Balikpapan, Barito Channel Banjarmasin, Timor TV Kupang n Krakatau TV Lampung udah ganti nama jadi B Channel Ambon/Balikpapan/Banjarmasin/Kupang/Lampung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s