Global TV… Lokal?

Akhir-akhir ini saya sering tidur pada pagi hari. Ya memang sekarang sepakbola sedang menjadi pembicaraan yang ramai karena ada Euro 2012, tapi saya bukan penggemar bola. Tujuan saya begadang adalah tetap seperti biasanya: “patroli TV”. Kegiatan yang saya lakukan hampir setiap hari itu memang untuk cari tahu apa saja perkembangan dari setiap TV, mulai dari TV internasional di TV berbayar sampai ke TV murni lokal.

Sampai pada akhirnya beberapa hari yang lalu sekitar pukul 2 pagi, langkah saya terhenti di channel 30 UHF wilayah layanan Malang. Ini adalah frekuensi yang dipakai Global TV di Malang. Pada hari itu saya melihat logo Global TV dipasang dalam ukuran yang lebih kecil. Terus terang saya lebih suka logo kecil itu, karena logo Global TV nampak jadi lebih ramping, daripada memasangnya dalam ukuran besar seperti biasanya. Setelah mengamati sejenak, saya beralih ke TV lain.

Saya kira logo kecil itu hanya kesalahan teknis biasa, karena ketika iklan logonya juga tidak menjadi transparan. Namun beberapa hari kemudian, melihat logo Global TV kembali dipasang dalam ukuran kecil dan tidak transparan pada saat iklan menimbulkan kecurigaan saya. Apa iya setiap di atas pukul 2 pagi Global TV selalu ada gangguan teknis? Apa lagi setiap di atas pukul 2 pagi pemancarnya sering “on off on off on” sehingga sinyalnya kadang hilang untuk sepersekian detik.


Hari berikutnya saya putuskan untuk mengamati Global TV sekali lagi, dan untuk mencari tahu program apa yang sedang tayang, saya cek website Global TV. Di sana dinyatakan saat itu sedang tayang “Aaron Stone”. Beberapa menit kemudian saya menemukan bahwa yang sedang tayang di layar kaca saya adalah “Kaki Langit”.

Error? Lokal?

Saya tertarik untuk menontonnya lebih lanjut. Dan setelah beberapa saat, akhirnya saya menarik kesimpulan: ketika logo Global TV dipasang dalam ukuran yang lebih kecil dan tidak transparan ketika iklan, serta power pemancarnya lebih kecil, untuk wilayah Malang Raya, itu adalah siaran lokal Global TV.

Tapi siaran lokal Global TV ini terasa ganjil. Dari apa yang ditayangkan, saya ingin membandingkan Global TV dengan B Channel.

B Channel di Jawa Timur memiliki dua televisi: mntv Surabaya dan ndtv Malang. Program lokalnya memang diproduksi di Cikarang, tapi produksi lapangannya berlangsung di Jawa Timur, sehingga konten yang disiarkan tentu saja sangat lokal. Teknik ini digunakan untuk program Panorama Region Jawa Timur. Teknik ini juga dipakai untuk Panorama region lainnya.

Global TV mempunyai beberapa stasiun relay di Jawa Timur. Yang memiliki siaran lokal (sepengetahuan saya, kalau daerah lain juga ada siaran lokal mohon tambahkan informasi di sini) adalah stasiun relay Surabaya dan stasiun relay Malang. Siaran lokal Global TV juga terbagi atas region/wilayah: Indonesia Timur, Indonesia Tengah, dan Indonesia Barat. Yang membuat saya merasa siaran lokal ini ganjil adalah semua region ini tayang di Malang.

Mestinya, jika memang siaran lokal ini menganut sistem regionalisasi, maka program tayang sesuai regionnya, seperti B Channel. Tapi siaran lokal di Global TV di Malang dimulai dengan siaran lokal wilayah Indonesia Timur, kemudian Indonesia Tengah, dan selanjutnya Indonesia Barat, dengan durasi masing-masing 1 jam. Program yang tayang (ketika saya mengamati pada hari itu) hanya ada dua: Mata Angin dan Kaki Langit. Urutan tayangnya: Mata Angin wilayah Indonesia Timur, selanjutnya Kaki Langit wilayah Indonesia Timur, kemudian Mata Angin wilayah Indonesia Tengah, dan seterusnya.

Ya mungkin memang kebijakan perusahaan antara B Channel dan Global TV memang berbeda. Tapi bukankah menurut aturannya siaran lokal itu seharusnya hanya mengandung konten lokal? Kalau melihat apa yang sudah dilakukan Global TV, maka 2/3 (duapertiga) kontennya bisa dibilang “interlokal”.

Tapi bagaimanapun saya harus mengapresiasi Global TV yang sudah melakukan siaran lokal di Malang (walaupun berlangsung pada jam “mati” dan kontennya sebagian besar masih “interlokal”) mengingat Global TV adalah satu dari tiga TV nasional yang diberi peringatan oleh KPI pada penghujung 2009. Ketika itu KPI memberi peringatan kepada TRANS TV, TRANS 7, dan globaltv yang tidak membuat siaran lokal di Surabaya hingga batas akhir pendirian siaran lokal di sana, 28 Desember 2009. Ketiga TV ini baru membuat siaran lokal di Surabaya setelah memasuki 2010.

Tanpa bermaksud menggurui, tapi saya mempunyai beberapa saran untuk siaran lokal Global TV:
1. Jam tayang. Agar nampak kalau Global TV punya siaran lokal, sebaiknya Global TV lokal tayang pada siang hari (kalau memang tidak ingin meletakkannya pada jam primetime).
2. Konten. Sebaiknya konten Global TV lokal benar-benar lokal, tidak interlokal seperti sekarang. Apa lagi siaran lokal ini berisi program nasional, tidak dibuatkan program khusus lokal seperti yang dilakukan B Channel.
3. Logo. Agar tidak membingungkan, saya berharap Global TV menambahkan sesuatu yang lokal ke dalam logonya, misal nama provinsi atau nama kota, sehingga bisa dibedakan antara Global TV nasional dan Global TV lokal. Walaupun saya bisa memahami ketika logo Global TV berukuran lebih kecil menandakan bahwa Global TV sedang bersiaran lokal, namun orang lain belum tentu mengerti.

Satu lagi yang membuat saya bingung. Ini contoh kasusnya saja pada hari saya mengamati siaran lokal ini. Pada pukul 2.26 WIB ditulis “Sesaat lagi kita bergabung kembali dengan Siaran Nasional”, namun kemudian pada pukul 2.29 ditulis “Sesaat lagi kita bergabung dengan Siaran Lokal Wilayah Indonesia Bagian Tengah”. Kemudian pada pukul 3.26 ditulis lagi “Sesaat lagi kita bergabung kembali dengan Siaran Nasional” dan kemudian pada pukul 3.29 ditulis “Sesaat lagi kita bergabung dengan Siaran Lokal Wilayah Indonesia Bagian Barat”. Bagian “peralihan wilayah” ini harus diperbaiki. Namun sekali lagi akan lebih baik kalau yang tayang di Malang hanya “Siaran Lokal Wilayah Indonesia Bagian Barat”.

51 thoughts on “Global TV… Lokal?

  1. Hmm, agak aneh juga ya. Jarang-jarang lho Global TV siaran lokal hehe
    Itu gambar yang pertama kok setengah bagus setemgah semut ya hehe
    Perhatiin deh. 2 gambar terakhir aja masih pakai logo lama

    • Kalo gambar pertama itu aku beruntung banget. Itu pas pemancarnya Global TV mati sepersekian detik itu hehe
      “siaran lokal” ini kelihatannya udah dari lama deh, tapi ngga keekspos soalnya jam 2 pagi gitu…

      • Hebat ya bisa sepersekian detik gitu hehe. Tapi itu pas masih acara atau udah closing sih?
        Ada yang unik ini. Siaran lokalnya berdasarkan region
        Kenapa ya dinihari gitu? Dan gak ditulis nama kota atau daerah gitu? Agak aneh kayaknya

      • Di tengah acara itu. Sering tapi singkat banget, jadi kalo bener-bener beruntung aja bisa dapet gambar itu hehe
        Region kayaknya B Channel🙂
        Ya kayak katanya Mas Reza itu, relay MNC NEWS soalnya, jadi ga ada tambahan lokal di logonya ._.

      • Wah, kacau juga. Tapi aku lihat di Malang kok kayaknya juga “amblas” ya? Atau aku yang nontonnya kurang malem ya? Tapi jam 2 pagi ngga ada siaran lokal…

  2. Kapan Davenirvana, mbuatin ceritanya Handy Manny “Flicker Speak English”? Yang penting berga
    mbar dan ada subtittle B. Indonesia. Beberapa hari yang lalu, saya lihat di Youtube, nggak ada.

  3. mungkin harusnya seperti Jogjakarta ya.
    kmaren pas ak ke Yogyakarta, logo” tv nasional jelang siaran nasional berubah, TRANSTV menjadi TRANSTV Yogyakarta, Indosiar jadi Lintas YOGYA, acaranya pun juga asli Yogya

  4. Siapa Yang Pakai Parabolaatau Yang Tinggal Di Sumbar Kalau Bisa Fokus Dulu Ke TVRI Sumbar Jam 4 Sore Wib Acara Berita Ranah Minang.Menurut Saya TVRI Sumbar OBB Berita Ranah Minang Ikut Video Dari Youtube Kecuali Suaranya.Judulnya Broadcast Design News ID (VideoHive Template),Pilih Yang Ada Gambar Dunia.

  5. Tapi tanggal 20 Juli 2012 lalu, Global TV masih siaran lokal atau tidak, (Meskipun Global TV mulai
    menyiarkan program Sahurnya tanggal 21 Juli 2012)?

  6. Kemarin 19-8-2012, jam 01.30 siaran lokal lagikah? Tadi malam (20-8-2012) tayang lagi? Terus aku
    minta buatin “TV yang menyiarkan Pengibaran Merah Putih dan Sholat Id”.

  7. MNC News (kata orang) pada saat sign off, mereka semua siaran Global TV. Untuk iklannya, saya nggak tahu, karena rumahku nggak langganan Indovision, karena males.

    • Kalo Mas Fajar di luar Jabodetabek, silahkan cek Global TV melalui antena terestrial. Di sana Mas Fajar bisa lihat siaran Global TV pengganti MNC NEWS mulai dari sekitar jam 01.30-04.00 pagi WIB. Siaran di MNC NEWS dipakai untuk konten siaran lokal Global TV lokal. Sudah dibahas di sini sebelumnya, ngga tahu lagi kalau Mas Fajar juga males baca komentar sebelumnya. Di artikel TV lokal Malang yang sudah saya update juga sudah saya tulis

  8. Kata si Reza, Global TV siaran lokal selama MNC NEWS sign off. Tapi kalau saya apakah ada tulisan
    yang “Sesaat lagi kita…” saat MNC NEWS sedang siaran lokal.

  9. MNC NEWS itu sebenarnya hanya mengudara hingga pukul 01:30, artinya gak 24 jam penuh. Ketika masuk pukul 01:30, Siaran MNC NEWS sudah terprogram dengan bagian regional Global TV yang lokasinya berada di komplek RCTI Kebon Jeruk (Karena bagian regional berhubungan dengan bagian transmisi) . Alokasi waktunya adalah 3 jam. 1 jam untuk wilayah Indonesia Timur (WIT) , 1 Jam untuk wilayah Tengah (WITA) dan terakhir adalah wilayah Barat (WIB) hingga pukul 04:30 WIB

    Menyoal diputus atau enggaknya siaran Global TV, biasa dititikberatkan di Stasiun pemancar Global TV menginduk. Semisal di Bandung. Nah, jika dari stasiun pemancar Bandung (bersatu dengan RCTI) diputus, maka seluruh willayah di bagian barat akan diganti dengan konten dari MNC News itu tadi, dan wilayah barat mendapat bagian di pukul 03:30 WIB

    • Ah, kita dapat penjelasan yang lebih rinci tentang Global TV lokal. Terima kasih Mas Kaliandra🙂
      Tapi praktiknya di Malang semua siaran lokal timur, tengah, dan barat, disiarkan semua, jadi tidak ada “perindukan” karna kalau pakai sistem “perindukan” mestinya Global TV transmisi Malang relay siaran Global TV Surabaya, seperti METRO TV transmisi Malang relay METRO TV Surabaya di bawah brand METRO TV JAWA TIMUR

  10. wktu itu sy pake indovison, mmg smpat ada 1x yg menampilkan teks tersebut utk siaran lokal Global TV di siaran signoff MNC News sendiri, tp itu pun cuman pas yg transisi ke Indonesia Tengah saja dr Indonesia Timur. Signoff MNC NEWS ini jg sbnarnya bkn siaran default MNC NEWS melainkan blocking seperti yg dilakukan Indovision terhadap channel2 lain spt TV ONE (saat memblokir siaran la liga bbva dgn alasan hak siar) namun notifikasi blokir tdk dtayang spt halnya TVONE. saat saya nonton streaming okezone wktu itu, MNC NEWS siarannya blank dengan warna biru sj kira2 jg ps bln Agustus, otomatis Global TV malang relay yg siaran indovision, bkn default aslinya

    • Halo Mas Dana🙂
      Ini teknis yang lebih lengkap tentang Global TV lokal. Terima kasih banyak Mas Dana. Ini berarti Global TV lokalnya bukan bagian dari MNC NEWS, tapi blocking dari INDOVISION. Saya jadi penasaran, untuk Top TV dan OkeVision apa juga berlaku blocking yang sama, atau hanya untuk INDOVISION saja. Walaupun satu grup tapi kan servernya pasti beda hehe

  11. Sebetulnya MNC News itu sama saja Dave. Mau di Indovision, Top TV, atau di Okevision sama saja kok. Karena memang menggunakan satu satelit, jadi gak ada yang beda. Kebetulan di rumah, saya pake Top TV dan Okevision (di ruang tamu)

  12. Tapi, MNC News itu siaran lokal (Global TV) mulai 01:30-04:30 WIB. Itu saat mendekati siaran Global TV, MNC News ada lagu closing atau tidak? Yang jelas di wikipedia “Indonesia Raya”, tertulis MNC News juga ada disana. Sebenarnya MNC News 24 Jam atau nggak?

  13. Kalo RCTI Jawa Barat, mungkin siarannya menggunakan logo yang kecil dari RCTI Nasional/Jakarta. siarannya pun hanya 04.30-05.00(hanya menyiarkan berita lokal Seputar Jabar). Lalu siaran Nasional lagi

  14. Saya juga pernah lihat dave di Aplikasi Live Streaming MiruTV di MNC Newsnya Siaran Lokal WITA (Tanggal 7 Februari 2013)acaranya Mata Angin di Bau Bau

  15. Punya gua di Karanganyar tapi Transmisinya di Gunung kidul,Yogyakarta dan Semarang Juga Siaran Lokal

    TVRI : Siaran Lokalnya Jam 15:00-19:00 dan Setelah Program INDONESIA MALAM

    RCTI : Siaran lokalnya hanya di Semarang tepatnya pas siaran SEPUTAR JATENG di jam 04.30 WIB

    SCTV : Siaran lokalnya Jam 05:30 tapi Siarannya Berita Lokal DAN JAM 03:30 WIB TAPI SIARAN RELIGI

    MNCTV : Siaran lokalnya CUMA DI SEMARANG TEPATNYA PAS JAM 11:30

    ANTV : GAK PERNAH SIARAN LOKAL

    INDOSIAR : SIARANNYA PAS JAM 04.00 TAPI SEKARANG GAK TAYANG SIARAN LOKAL

    METRO TV : BARU SIARAN LOKAL TAPI MASIH TAHAP SIARAN PERCOBAAN MULAI JAM 04:00 WIB

    TRANSTV : SIARAN LOKALNYA JAM 04.00 WIB

    TRANS7 : SIARAN LOKALNYA JAM 04:00

    GLOBALTV : SIARAN LOKALNYA JAM 03:30 SEBELUM PROGRAM BULETIN INDO PAGI

    TVONE : SIARANNYA PAS SEKITAR JAM 03.00 WIB

    NUSA TV/B CHANNEL YOGYAKARTA : SIARAN LOKALNYA JAM 05.00-06.00

    RBTV/KOMPAS TV YOGYAKARTA : DIJAM2 TERTENTU

    TVKU/B CHANNEL SEMARANG : DIJAM2 TERTENTU

    TVB/KOMPAS TV SEMARANG : DIJAM2 TERTENTU

Leave a Reply

