Mahakarya Kemegahan Indonesia RCTI 23

Tanggal 24 Agustus nanti RCTI akan memasuki usia 23 tahun. Sebagai stasiun TV swasta pertama di Indonesia, RCTI mencoba untuk terus eksis di dunia pertelevisian Indonesia. Walaupun sinetronnya sempat tidak laku di awal tahun ini dan membuat RCTI kalah saing dengan beberapa TV lain, namun akhirnya RCTI berhasil kembali “merajai” prime time dengan Tukang Bubur Naik Haji The Series. Kira-kira begitulah kondisi RCTI setahun terakhir seperti yang saya baca di website salah satu tabloid Indonesia.

Walaupun baru nanti tanggal 24 berusia 23-nya, namun RCTI memilih tanggal 8 Agustus sebagai hari perayaan ulang tahun ini. Tanggal 24 memang nampak kurang menguntungkan bagi penyelenggaraan acara seperti ini karena tanggal 24 tahun ini masuk dalam kisaran arus balik Lebaran 2012. Ketidakuntungan lainnya adalah bahwa tanggal 24 masih hari kedua masuk kerja jika seorang pegawai tidak mengambil tambahan cuti. Kemungkinan orang akan lebih memilih bersantai di rumah daripada meramaikan acara semacam ini. Pertimbangan lain lagi, tentu saja karena SCTV dan TVRI juga berulang tahun di tanggal yang sama.

Acara ini berlangsung cukup apik namun bagi saya terlalu panjang. Dan satu hal yang menjadi kritikan paling umum yang saya keluarkan adalah tentang ketepatan waktu. Acara bertajuk “Mahakarya Kemegahan Indonesia RCTI 23” ini dimulai pada pukul 7.31 malam WIB, 1 menit terlambat dari jadwal namun itu tidak terlalu menjadi masalah untuk saya.

Acara dimulai dengan sponsor, dan kemudian dibuka dengan bumper serta sambutan Hary Tanoe selaku CEO MNC Group dan ucapan selamat ulang tahun kepada RCTI dari karyawan RCTI sendiri.

Kemudian dilanjutkan dengan penampilan pertama. Tapi sebelum menuju ke penampilan pertama, saya ingin membahas panggungnya dulu.

Panggung acara ini sangat besar, cukup untuk “menyaingi” panggung dari Samudra Karya antv. Dalam hal besar-besaran panggung ini, saya melihat ada kecenderungan persaingan besar panggung pada perayaan ulang tahun tiga televisi: antv, RCTI, dan TRANS Corp. Semua panggung memiliki keunikan masing-masing, sesuai dengan kebutuhan konten yang diisikan pada acara ulang tahun masing-masing TV tersebut.

Kembali ke konten, penampilan pertama adalah Tarian Kolosal Gunungan yang untuk saya sangat luar biasa. Ini adalah pembukaan acara terbaik yang pernah saya lihat sampai saat ini. Tarian kolosal ini murni tradisional, namun dikemas dengan sangat apik. Tariannya juga bagus, musik Gamelan Jawa nya luar biasa. Dan yang menarik, rasanya hampir tidak ada yang “mencibir” pembukaan ini. Semua setuju bahwa pembukaan acara ini luar biasa, terbukti dari tepukan tangan yang luar biasa bergemuruh dan komentar banyak orang di social media yang memberikan apresiasi yang tinggi kepada pembukaan ini.

Selain Tarian Kolosal Gunungan dan Gamelan Jawa, ada juga dalang top Indonesia Ki Manteb Sudarsono yang juga menjadi bagian dari pembukaan acara ini.

Dan setelah narasi dari Ki Manteb Sudarsono inilah, kemudian ditayangkan silsilah dari Pandawa dan Kurawa.

Dan dilanjutkan dengan lagu tradisional dari Jawa yang ditampilkan beberapa penyanyi papan atas Indonesia, salah satunya Ayu Ting Ting.

Sekali lagi, ini adalah opening paling luar biasa yang pernah saya tonton. Untuk saya, dari 0-10, saya memberi nilai 10 untuk opening ini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan narasi dari wayang orang yang kocak ini, yang datang dari Solo.

Selanjutnya, tentu saja drama musikal seperti yang biasa ditampilkan RCTI di setiap tahunnya.

Setelah (kalau saya tidak salah 2 adegan), MC muncul.

Setelah itu dilanjutkan dengan adegan berikutnya yang saat itu merupakan kelahiran Kurawa. Ada tarian Kecak di sana, dengan musik yang sudah diaransemen dan ditambah unsur modern. Aransemen ini terasa pas di telinga.

Acara terus berjalan. Segmen 1 berlangsung selama 60 menit, segmen 2 selama 45 menit. Cukup panjang untuk acara besar seperti ini (dalam artian spot iklan di sini lumayan sedikit jika dibandingkan dengan TV lain). Tapi namanya saja drama musikal, tentu drama jika terlalu banyak dipotong iklan, kurang enak juga menontonnya.

Selama pembawaan drama musikal ini, saya menangkap beberapa gangguan seperti mic yang sinyalnya kurang baik sehingga suara pemain putus-putus, terkadang juga ada suara yang bocor dari produser atau floor director dan sebagainya. Ini tentunya membuat ketidaknyamanan dalam menonton. Mestinya ini tidak terjadi karena setahu saya RCTI sudah beberapa kali menyeenggarakan drama musikal live seperti ini.

Yang saya sedikit bingung adalah red carpet yang justru baru muncul pukul 11 malam WIB. Lazimnya red carpet muncul di awal sebelum acara dimulai. Terlihat sekali kalau rekaman, tapi tetap diberi label Langsung.

Secara keseluruhan, dari tengah, setelah opening yang luar biasa itu, kebanyakan orang sudah merasa bosan pada jam kedua atau sekitar menit 120. Ini saya tangkap dari tulisan pengguna jejaring sosial. Yang setia menunggu acara sampai selesai tentu saja fans dari artis yang tampil di segmen belakangan dan saya yang memang mengamati acara ini hehe.

Acara ini berakhir pukul 1.13 pagi WIB, terlambat 28 menit dari jadwal semestinya, 0.45 pagi WIB. Akibatnya, pertandingan antara MU vs Barcelona langsung ditayangkan dari menit ke-9, sementara mereka yang memasang TV berbayar milik MNC masih punya alternatif dengan menonton melalui MNC SPORTS 2.

Secara umum, yang mengagumkan di acara ini hanya openingnya saja. Sisanya terasa biasa saja, cenderung membosankan. Tapi sekali lagi harus saya apresiasi unsur Jawa yang cukup kental dalam acara ini. Bukan karena saya punya darah Jawa, tapi karena ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dan mengangkat kebudayaan Indonesia yang sebetulnya bisa jadi sangat menarik jika pengemasannya tepat, seperti opening acara ini.

3 thoughts on “Mahakarya Kemegahan Indonesia RCTI 23

  1. Iya sih agak ngebosenin acaranya, tapi mampu mengambil tema yang tidak diambil TV lainnya (mohon koreksinya kalau salah)
    Masalah logo (kalaupun itu jadi). Kemungkinan tanggal 24 (pas tanggal HUTnya RCTI) kalau bukan pas acaranya kemarin malam

  2. Mungkin, deh. Kemarin (8-8-2012), saya kira acara apa di RCTI. Eh, ternyata Mahakarya kemegahan Indonesia RCTI TV. Sampai-sampai saya langsung lihat sampai ketiduran jam 10 malam
    hehehe😀

Leave a Reply

