Dua TV dan Dua Antena yang Berbeda

Tulisan sebelum ini dan tulisan ini saya tulis di Kediri, tepatnya di Pare, salah satu kecamatan besar di Kabupaten Kediri. Di sini ada dua rumah saudara saya. Di dua rumah ini, arah antenanya juga dua. Yang satu mengarah ke Kab. Kediri bagian selatan, yang lain mengarah ke Surabaya. Dengan mengarahkan kedua antena ke arah berbeda, tentunya TV yang didapatkan berbeda. Nah, TV apa saja yang bisa didapatkan di dua rumah saudara saya ini?

Kita mulai dari rumah 2, yaitu rumah kakak saya. Di sini antena mengarah ke Surabaya

Karesidenan Kediri (@ Kec. Pare) Channel Line-Up Antenna to Surabaya 22 Agustus 2012
VHF-L    ?
VHF-H    ?
21 UHF
22 UHF    TRANS TV Surabaya/SSJ TRANS TV Jakarta
23 UHF    Dhoho TV Kediri (L)
24 UHF    antv Surabaya/SSJ antv Jakarta
25 UHF    Global TV transmisi Kediri/SSJ Global TV Jakarta (L)
26 UHF    TVRI JAWA TIMUR (Induk/Surabaya)/SSJ TVRI Nasional
27 UHF
28 UHF    INDOSIAR Surabaya/SSJ INDOSIAR Jakarta
29 UHF
30 UHF    RCTI JAWA TIMUR (Induk/Surabaya)/SSJ RCTI Jakarta
31 UHF
32 UHF    MNC TV Surabaya/SSJ MNC TV Jakarta
33 UHF
34 UHF    SCTV Surabaya/SSJ SCTV Jakarta
35 UHF
36 UHF    SBO TV Surabaya
37 UHF
38 UHF    mntv Surabaya/SSJ tvn Bekasi/SSJ B CHANNEL Jakarta (L)
39 UHF
40 UHF    bctv Surabaya
41 UHF
42 UHF    TV9 Surabaya
43 UHF    BBS TV Kediri (L)
44 UHF
45 UHF    TRANS 7 transmisi Kediri
46 UHF
47 UHF    tvOne transmisi Kediri
48 UHF    arek TELEVISI Surabaya (L)
49 UHF
50 UHF    Global TV transmisi Surabaya/SSJ Global TV Jakarta
51 UHF    INDOSIAR transmisi Kediri (L)
52 UHF    tvOne Surabaya/SSJ tvOne Jakarta
53 UHF    SCTV transmisi Kediri (L)
54 UHF    METRO TV JAWA TIMUR (Induk/Surabaya)/SSJ METRO TV Jakarta
55 UHF    antv transmisi Kediri (L)
56 UHF    TRANS 7 Surabaya/SSJ TRANS 7 Jakarta (L)
57 UHF    RCTI JAWA TIMUR transmisi Kediri/SSJ RCTI Jakarta (L)
58 UHF    TV ANAK Spacetoon Surabaya/SSJ TV ANAK Spacetoon Jakarta
59 UHF    MNC TV transmisi Kediri (L)
60 UHF    jtv Surabaya
61 UHF    jtv kediri/SSJ jtv Surabaya (L)
62 UHF    MHTV Surabaya (L)

Catatan: 1. VHF-L dan VHF-H saya beri tanda tanya, artinya saya tidak tahu apakah ada TV yang bersiaran di frekwensi tersebut; 2. Tidak semua TV sinyalnya bagus. Yang saya beri tanda (L) berarti sinyalnya rendah (low)

Sekarang kita ke rumah 1, rumah kakek saya. Komposisinya seperti ini

Karesidenan Kediri (@ Kec. Pare) Channel Line-Up Antenna to Kediri 22 Agustus 2012
VHF-L
VHF-H    TVRI JAWA TIMUR transmisi Pare/SSJ TVRI Nasional
21 UHF
22 UHF
23 UHF    Dhoho TV Kediri
24 UHF
25 UHF    Global TV transmisi Kediri/SSJ Global TV Jakarta
26 UHF
27 UHF    TV ANAK Spacetoon kediri/SSJ TV ANAK Spacetoon Jakarta (L)
28 UHF
29 UHF
30 UHF    RCTI JAWA TIMUR (Induk/Surabaya)/SSJ RCTI Jakarta (L)
31 UHF
32 UHF    MNC TV Surabaya/SSJ MNC TV Jakarta (L)
33 UHF    kstv Kediri
34 UHF    SCTV Surabaya/SSJ SCTV Jakarta (L)
35 UHF    METRO TV JAWA TIMUR transmisi Kediri/SSJ METRO TV Jakarta
36 UHF
37 UHF    RAJAWALI TV Blitar
38 UHF
39 UHF    DHAMMA TV transmisi Kediri/SSJ DHAMMA TV Malang
40 UHF    bctv Surabaya (L)
41 UHF    TRANS TV transmisi Kediri
42 UHF
43 UHF    BBS TV Kediri
44 UHF
45 UHF    TRANS 7 transmisi Kediri
46 UHF
47 UHF    tvOne transmisi Kediri
48 UHF
49 UHF
50 UHF
51 UHF    INDOSIAR transmisi Kediri
52 UHF
53 UHF    SCTV transmisi Kediri
54 UHF
55 UHF    antv transmisi Kediri
56 UHF
57 UHF    RCTI JAWA TIMUR transmisi Kediri/SSJ RCTI Jakarta
58 UHF    TV ANAK Spacetoon Surabaya/SSJ TV ANAK Spacetoon Jakarta (L)
59 UHF    MNC TV transmisi Kediri
60 UHF    jtv Surabaya (L)
61 UHF    jtv kediri/SSJ jtv Surabaya
62 UHF    MHTV Surabaya (L)

Catatan: Tidak semua TV sinyalnya bagus. Yang saya beri tanda (L) berarti sinyalnya rendah (low)

Entah hanya di rumah kakek saya saja atau bagaimana, tapi saya tidak menemukan TVRI di TV yang antenanya menghadap ke Kediri pada frekuensi UHF. Namun, TVRI memiliki transmisi di Pare pada frekwensi VHF-H. Jika orang kebanyakan menggunakan manual search, kemungkinan besar mereka tidak akan menemukan TVRI karena biasanya orang-orang hanya mencari di frekuensi UHF saja. Tapi TVRI juga memiliki transmisi di Gunung Klotok, dekat Kota Kediri. Transmitter ini menggunakan frekuensi UHF dengan power yang terbatas.

Itulah daftar TV yang ada di dua TV dan dua antena yang berbeda

34 thoughts on “Dua TV dan Dua Antena yang Berbeda

  1. TVRI ada juga di VHF, cuma itu yang ada di VHF hehe. Tapi kenapa bisa di VHF ya? Orang jarang cari di VHF soalnya
    Ya lebih banyak yang ke Surabaya lah, kan pusat siaran Jawa Timur itu di Surabaya. Bener kan?

    • Mungkin karna VHF lebih tahan sama cuaca. Mungkin lho hehe
      VHF lebih stabil dari UHF waktu mendung apa lagi hujan. Mungkin itu alasannya TVRI bertahan di VHF
      Tapi kalo ada alasan klasik (ngga punya dana) itu beda lagi hehe
      Kalo arah tergantung household nya. Kalo yang “local-mind-oriented” biasanya antena ke arah Kab. Kediri bagian selatan. Kalo orangnya “menghindari” beberapa jenis tayangan biasanya diarahin ke Surabaya

      • kan pada awal kehadiran tv di seluruh dunia & indonesia, tv siaranny d vhf. Ya jd tvri d vhf.
        Sama kaya radio, ptama muncul AM, skrg byk yg pindah k FM

  2. VHF low band/band I udah ga dpake buat siaran tv. Yg msh dpake VHF high band/band III.
    D jakarta udah ga ada yg siaran d vhf. Dulu ada 2, tvri jakarta & tvri nasional, skrg udah pindah k uhf. Klo dliat diatas sepertiny tvri vhf d surabaya udah pindah jg k uhf.
    Kalo d liat d km76, kediri, pare, kertosono, jombang, blitar, tulungagung itu satu wilayah layanan.
    Antena drmh kakak lu berarti salah arahny. Apa sengaja diarahin k surabaya?

    • Di Malang TVRI nya ke-detect di VHF-L. Di VHF-H (di daerah rumahku) kosong. Tapi di Kota Malang sebelah Barat Laut (dulu) ada Fajar TV, itu TV komunitas punya salah satu MTs Negeri di Malang. Ngga tau sekarang masih jalan atau ngga. Kelihatannya sih masih. Sekolahan itu baru bikin tower soalnya
      Iya, secara umum wilayah-wilayah itu ga terhalang gunung, berdekatan juga. Jadi bisa satu wilayah layanan
      Sengaja diarahin ke Surabaya memang. Kadang ada orang yang pasang dua antena walaupun TVnya cuma satu. Ngga tau deh interfere nya separah apa. Atau mungkin malah saling support, bisa jadi hehe

      • Iya juga sih. Tapi TV di sana ga ada yang bener-bener bersih gambarnya, dari Kediri ataupun Surabaya. Semuanya standar aja sinyalnya hehe
        TVRI di Malang itu kayaknya Ch 1. VHF-L cuma itu kan channelnya? VHF-H dari 2-12?

  3. kalo antena ngarah k surabaya pasti gambarny ga akan bersih.
    Kanal 1-4, band I.
    Kanal 5-12, band III.
    Kalo band II buat radio FM.
    Kanal 1 vhf udah ga dpake buat tv.
    Jd tvri malang kanal brp nh?

  4. Daerah saya mah bimbang. cari lokasi pemancar wajib puter2 antena 3 Kali heheh. soalnya ambil di 3 lokasi. Surabaya, Denpasar, sama Jember. kalo aku cenderung ke Surabaya cz meskipun gambarnya jelek tapi lengkap. kalau ke jember cuma ada JMTV,JTV,RCTI,INDOSIAR,SCTV. Oh ya mas Dave, dulu di rumah saya MetroTV (jember) jernih lo. sekarang saya cari2 lagi kok ga ada sama sekali ya? tau penyebabnya?

  5. Davenirvana, di Surabaya ada iklan Club! Cinta Indonesia! yang disiarkan di semua TV lokal di
    tempatku (kecuali MNTV&TV9). Tapi kalau di radio SS (Suara Surabaya) juga gak pernah muncul
    pas saat iklan. Cuma pas 12 Agustus 2012 kemarin, tapi yang ngomong penyiarnya SS.

    Apakah ada di beberapa TV lokal di Malang yang menyiarkan air minum Club! Cinta Indonesia! ?

  6. Bisa dibilang, kekuatan pemancar televisi di surabaya serupa seperti kekuatan pemancar di Jakarta…sehingga bisa ditangkap bahkan dari jarak sekitar 60-90km dari Stasiun pemancar berpusat. Berhubung Surabaya merupakan dataran rendah, maka tidak mustahil jika frekuensi di Sruabaya bisa ditangkap di Kediri.

    Untuk wilayah kediri, kalau gak salah, pemancarnya ada di Desa Jugo, Kecamatan Mojo. Uniknya, yang benar-benar transmisi sendiri itu hanya Empat Transmisi yang tersedia. Indosiar, ANTV, Global TV, dan JTV. Kalaupun ada yang bisa ditangkap di Kediri, kemungkinan pemancar mereka dimerger di salah satu pemancar yang sudah ada.

    • Iya. Beberapa ibukota kelihatannya pemancarnya diijinkan berpower besar, tapi akhirnya ada banyak yang melanggar wilayah layanan siarnya.
      Di Batu juga banyak yang satu gedung. Dulu (tahun 2004) di Graha Coban Rais ada 4 transmisi: Batu tv (sebagai pemilik gedung dan tower); GNTV Malang, Jtv transmisi Malang, dan antv transmisi Malang. Saya rasa beberapa transmitter di Malang masih ada yang seperti ini (seperti transmitter SCTV dan RCTI yang tetap satu gedung), tapi saya belum lihat lagi ke dalam setiap stasiun transmitter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s