Parahnya Banjir Jakarta…

Banjir di Jakarta di awal 2013 ini sangat parah. Saya sedang tidak bisa menonton TV pada 17 Januari ini, tapi dari twitter saya mengamati, kantor berita online yang biasanya memperbaharui informasi dengan variatif, sepanjang saya daring hanya berfokus kepada banjir di Jakarta. Dari foto-foto yang beredar barulah saya memahami bahwa banjir di Jakarta benar-benar parah.

Sepintas saya keluar dari tempat saya berada, kemudian mengintip TV yang tersedia, ternyata tvOne sedang Breaking News tentang banjir di Jakarta. Dari sana saya menyimpulkan bahwa banjir memang benar-benar parah, sampai-sampai TV berita saja melakukan pemberhentian program reguler. Kembali ke twitter, saya melihat akun dari INDOSIAR menginformasikan akan ada FOKUS Update untuk memperbaharui informasi tentang banjir. Semakin kuatlah kesimpulan saya tentang parahnya banjir di Jakarta, karena TV non-berita saja sampai harus membuat program khusus tentang hal ini. Padahal saya tidak pernah mendengar nama program FOKUS Update selama saya mengenal INDOSIAR. Saya rasa TV-TV lain juga melakukan hal yang sama.

Malam hari saya mencapai rumah, saya mencari kabar bagaimana banjir di Jakarta. Dari gambar yang disiarkan, saya merasa perlu untuk mencari kabar tentang banjir Jakarta di beberapa channel berita internasional yang ada di paket TV berbayar saya. Walaupun semua channel ini lebih berfokus ke berita politik internasional (jelasnya jenis berita ini memang lebih “asik” untuk dikejar), tapi kabar tentang banjir di Jakarta juga sudah sampai. Salah satu channel yang saya perhatikan adalah ALJAZEERA English.

20130117 Parahnya Banjir Jakarta P1

20130117 Parahnya Banjir Jakarta P2

20130117 Parahnya Banjir Jakarta P6

20130117 Parahnya Banjir Jakarta P4

Dan informasi ini juga berada di jajaran atas berita di website ALJAZEERA English.

20130117 Parahnya Banjir Jakarta P5

Biasanya saya tidak terlalu menanggapi berita banjir di Jakarta, karena itu adalah hal yang “biasa” bahkan sejak zaman penjajahan. Namun, melihat TV non-berita sampai membuat program khusus, mengindikasikan parahnya banjir ini. Apalagi Bundaran HI juga banjir (walaupun sebenarnya saya tidak terlalu bisa membayangkan dengan persis bagaimana kondisinya karena saya belum pernah mengunjungi Jakarta) tapi saya memahami bahwa Bundaran HI adalah salah satu titik yang bisa dikatakan merupakan pusat dari Jakarta. Bahkan pusat pengaturan negara, kantor dari presiden, Istana Negara, juga ikut terendam. Mudah-mudahan ke depan banjir seperti ini tidak terjadi lagi.

21 thoughts on “Parahnya Banjir Jakarta…

  1. Metro TV Breaking News dari jam 10 pagi sampe jam 7 malem kalo ga salah… tvOne hari ini ada Kabar Khusus. Dan kayanya sih emang lebih parah dari sebelumnya ya

  2. Ada yang sedikit salah tuh di Kompas (TV), harusnya Susilo jadi Soesilo (pakai ejaan lama) hehe
    Sebenarnya banjir di Jakarta udah sering, cuma ini bisa dibilang cukup parah, karena tidak cuma melanda wilayah yang sering kebanjiran

  3. Duh, bagaimana dengan Indonesia ini. Banjir di Jakarta parah banget, korupsi merajalela, kemiskinan, ricuh, dan banyak lagi. Seharusnya Pak Joko Widodo harus mengatasi banjir ini. Di kawasan Pluit sono, itu lebih parah dari yang aku kira, sampe listriknya padam. Di Plaza UOB (nah ini yang lebih parah), yang di tempat parkir, orang lagi terjebak karena terendam banjir. Semoga nantinya banjirnya udah nggak ada lagi, nanti Jakarta kembali kondusif.

    • Kalau kasus korupsi harus berhenti karena kantor KPK juga terdampak, kalau tabrakan rasanya masih dalam penanganan tapi mungkin kantor polisinya terganggu juga, kalo Angelina Sondakh bukannya sudah diputus hakim dan pihak Angie masih pikir-pikir ya?

  4. Rencananya, ibukota Indonesia pindah ke Palangkaraya. Tapi, biasanya tampilan adzan, Indonesia Raya (yang tidak 24 jam), dll, jika pindah ibukota ke Palangkaraya, biasanya berubah?

Leave a Reply

