Issue: BSTV=BERITASATU?

Sedikit terjawab siapakah BSTV yang lolos seleksi TV digital FTA terrestrial itu. Ternyata, memang pemain baru, tapi sudah besar. Malingping 24? Lupakan. Ternyata asalnya dari Jakarta juga.

Mungkin Mb’ Dian sudah jarang memberi komentar di blog ini, tapi saya masih sering berkomunikasi melalui e-mail, berbagi informasi terbaru dari Jakarta. Mb’ Dian kemudian memberikan informasi terbaru yang sebenarnya sudah menjadi kecurigaannya sejak awal.

Dari awal BSTV memenangkan seleksi, Mb’ Dian sudah mencurigai BSTV ini bukan TV lokal Banten, dan sudah menyebut BS dari BSTV sebagai BERITASATU walaupun nama perusahaannya Banten Sinar Dunia. Saya yang cenderung menunggu kabar akhirnya mulai sependapat setelah mendapat informasi terbaru dari Mb’ Dian. Informasi ini berasal dari mereka yang sudah bisa mengakses DVB T-2 di Jakarta, yang tergabung di ForSat. MUX BSTV ini berisi 3 siaran: BERITASATU, MIX, dan BERITASATU test signal.

Sederhananya, BSTV pemenang seleksi TV digital zona 4 (DKI+Banten) adalah BERITASATU (setidaknya begitulah yang [meminjam istilah Syahrini] “terpampang nyata” di layar kaca). Walaupun PFG tidak mengonfirmasi hal ini ketika saya bertanya di twitter, tapi MUX BSTV memang berisi BERITASATU, MIX, dan BERITASATU Test Signal. Tentang launching kemarin, selain JakartaGlobe TV dan Pusat Data Bersatu, mungkin launching BERITASATU baru-baru ini berkaitan dengan BSTV (sekali lagi: MUNGKIN, karena di Jakarta Globe hanya disebut launching saja).

22 thoughts on “Issue: BSTV=BERITASATU?

  1. Kalo BSTV memang BeritaSatu Digital, pastinya bakal aneh.
    Ada kasus yang saya sampaikan : Siaran B Channel di cntv Medan pada Minggu (10/2) kemarin, yang saya temui hanyalah testcard, namun udah ada lagi.

  2. Bisa sih sebenarnya kalau BSTV ternyata BeritaSatu. Tapi kenapa mereka dapat jatah wilayahnya di Malingping ya? Terus kalau emang mereka yang dapet, kenapa mereka sampai sekarang belum kasih tahu?

  3. Update : TV lokal B-Channel berubah jadi B-Channel biar ikut B-Channel Jakarta :
    1. B-Channel Ambon, dulu panoramatv
    2. B-Channel Lampung, dulu krakatautv
    3. B-Channel Balikpapan, dulu borneotv
    4. B-Channel Banjarmasin, dulu barito channel
    5. B-Channel Kupang, dulu timortv

    Ada 6 B-Channel (jika 1 dari Jakarta tambah 5 dari daerahnya) ternyata.

    Trims

  4. Ada juga di internet, ada yang mendapat siarannya (BeritaSatu, MiX (In House FirtsMedia) dan BeritaSatu test card.

    Sebenarnya masih bingung dengan TV digital ini. Saya kan di Jawa Barat (Bekasi), kan ada 5 TV yang lolos seleksi Lembaga Penyiaran Penyelenggara Penyiaran Multipleksing. Bearti saya hanya bisa menonton 5 TV itu saja dong? Kalau ya, mending pakai Indovision…

    • TV digital yang lolos seleksi MUX swasta ada 5 + 1 untuk MUX TVRI. Setiap 1 MUX bisa diisi 12 siaran. Artinya (5+1)x12=72 siaran dalam satu wilayah. Jadi tidak perlu khawatir, akan lebih banyak dari yang sekarang🙂
      Sementara ini di Jakarta MUX sepertinya sudah on semua (6), tapi yang saya tahu isinya baru 3 MUX: MUX TVRI (TVRI 1/Nasional, TVRI 2/Jakarta, TVRI 3/Budaya, TVRI 4/Olahraga); MUX BSTV (BERITASATU, MIX, BERITASATU test signal); MUX tvOne (tvOne, tvOne2, tvOne Documentary, antv). Nah, baru 3 saja sudah 11 siaran kita dapat. Kalau 6 sudah nyala semua, bisa lebih banyak lagi🙂

  5. channel 61 uhf itu tinggal eksekusi doang, tinggal tunggu perintah.. udah denger kabarnya santer banget itu… 61 itu nanti perpindahan salah satu tv gitu deh..😀

  6. Salam kenal mas Dave. Saya mau tanya, tapi maaf kalau pertanyaan saya agak melenceng dari topik. Di rumah saya ada satu antena dan 4 televisi (pararel). Apakah STB tv digitalnya harus dipasang 4 juga? Sekian.

  7. Sekedar share….untuk STB T2 yg ada pegang…out put ke tv ada 2 saluran yaitu HDMI dan RCA ( red/white/yelow, Y/Pb/Pr )….kemungkinan satu STB bisa dipakai 2 TV melalui RCA dan HDMI hanya siarannya televisinya sama saat menonton…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s