Coming Soon: jtv trenggalek

jtv semakin mengukuhkan diri sebagai televisi berjaringan terbaik di Jawa Timur. Jika dicari tulisan terdahulu, saya menulis berbagai jaringan yang dimiliki jtv yang berpusat di Surabaya itu dan juga menuliskan jtv sebagai TV berjaringan terbaik. Kini, jtv menambahkan lagi satu stasiun lokal baru.

Saya tidak mengetahui persis apakah siaran jtv telah tersedia di Trenggalek sebelum ini. Tapi dari akun twitter jtv kediri saya menemukan bahwa jtv kediri sedang membuka lowongan untuk jtv trenggalek yang akan dimulai pada 2013. Surat lamaran untuk lowongan jtv trenggalek itu dikirim ke jtv kediri.

Trenggalek pada zaman penjajahan Belanda termasuk pada Karesidenan Kediri. Plat nomor Trenggalek yang berawalan AG merupakan bukti satunya Trenggalek dengan Kota/Kab. Kediri, Kab. Tulungagung, dan Kota/Kab. Blitar. Namun, dalam urusan geografis, Trenggalek terpisah dari Kab. Kediri dan Kab. Tulungagung. Wilayah Trenggalek “terhalangi” oleh gunung.

Dalam urusan penyiaran, Trenggalek memang terpisah dari saudara-saudara satu karesidenannya. Dalam KM 76/2003 terlihat bahwa Trenggalek memiliki alokasi frekwensi tersendiri, tidak menyatu dengan Kediri. Kondisi Trenggalek tidak jauh berbeda dengan Pacitan yang ada di sebelah baratnya. Pacitan juga memiliki alokasi frekwensi sendiri, tidak menyatu dengan wilayah lain.

Wilayah layanan Kediri sendiri menurut KM 76/2003 meliputi wilayah yang saya sebut di 2 paragraf sebelum ini, ditambah Jombang, dan Nganjuk sebagai batas barat laut wilayah layanan Kediri. Adapun Pare adalah kecamatan terbesar di Kab. Kediri yang awalnya diproyeksikan menjadi pusat pemerintahan Kab. Kediri, tapi saat ini pusat pemerintahan Kab. Kediri tidak berada di Pare. Kecamatan Pare sendiri dikenal dengan Kampung Inggris yang selalu ramai ketika musim libur sekolah/kuliah tiba (untuk televisi yang bisa ditangkap di Pare bisa dibaca pada artikel terdahulu “Dua TV dan Dua Antena yang Berbeda”).

Saya yang sangat mendukung sistem berjaringan sangat senang mendengar kabar berdirinya jtv trenggalek. Semoga dengan hadirnya jtv trenggalek kebutuhan informasi lokal di Trenggalek terpenuhi dengan baik, paling tidak setara dengan standar jtv kediri. Semoga TV-TV Jakarta juga “tersadarkan” dengan progres yang ditunjukkan jtv dalam membangun jaringan-jaringannya, sehingga ke depan tidak hanya berjaringan pada tingkat provinsi, tapi berjaringan di tingkat wilayah layanan.

10 thoughts on “Coming Soon: jtv trenggalek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s