Fokus pada Pilgub Jabar, KOMPAS Angkat Nama STV BANDUNG ke Nasional

KOMPAS menjadi channel yang juga diajak kerjasama oleh KPUD Jawa Barat untuk Pilgub Jawa Barat. Berkaitan dengan ini, KOMPAS memberi porsi khusus untuk pemberitaan Pilgub Jabar melalui segmen “Jabar Satu” di program beritanya. Spesial di program berita KOMPAS SIANG hari Rabu 20 Februari 2013 (saya kurang tahu jika ini juga berlangsung di program lainnya), secara khusus sang penyiar menyebut nama STV BANDUNG ketika peralihan layar dari Jakarta ke Bandung.

“Untuk informasi selengkapnya kita akan bergabung dengan (menyebut nama penyiar di Bandung) yang akan membawakan berita secara langsung dari studio STV Bandung,” begitulah kira-kira kalimat yang diucapkan Tascha Liudmila, ketika mengalihkan pemirsa ke siaran dari STV BANDUNG. Sayangnya logo STV BANDUNG tidak tayang secara nasional saat itu, tapi mengetahui KOMPAS menyebut nama STV BANDUNG sudah cukup bagi saya, saat ini.

Logo STV BANDUNG sendiri terpampang nasional ketika KOMPAS menayangkan promo tentang Pilgub Jabar. Hal ini cukup menarik karena hal ini sangat jarang terjadi. Menariknya lagi, KOMPAS menampilkan logo lokal asli STV BANDUNG, bukan logo stv hasil kreasi KOMPAS yang biru merah itu.

Hal ini memang tidak terjadi pada atv Batu ketika Pemilihan Walikota Batu Oktober tahun lalu, tapi saya berharap (walaupun kecil kemungkinannya) pada Q2 tahun ini, hal ini juga akan terjadi pada atv Batu, dan logo atv Batu naik ke nasional. Pada bulan Mei, Kota Malang akan mengadakan Pemilihan Walikota Malang.

Dan walaupun saya masih menyesalkan KOMPAS yang mengubah nama bctv Surabaya menjadi KOMPAS TV SURABAYA, tapi saya berharap logo KOMPAS TV SURABAYA akan naik ke nasional berdampingan dengan logo atv Batu pada Q3 tahun ini. Semoga saja. Saya sangat mengharapkan hal ini terjadi karena, jika saya tidak salah, pada bulan Agustus nanti Jawa Timur akan melaksanakan Pemilihan Gubernur. Semoga logo-logo lokal Jawa Timur ini akan naik ke nasional juga nantinya.

40 thoughts on “Fokus pada Pilgub Jabar, KOMPAS Angkat Nama STV BANDUNG ke Nasional

  1. Saya pernah lihat tuh yang promo Quick Countnya di Kompas TV, logo STV-nya ada dan logo yang muncul bukan hasil buatan Kompas.

    Tapi bukankah logo STV yang muncul di Bandung saat ini bukan hasil kreasi Kompas? Setahu saya begitu…

    Sepertinya tanggal 24 Februari esok, Trans 7 mau ngadain Quick Count Pemilukada Jawa Barat… waktu acara Hitam Putih, “Sepertinya” Trans 7 gak sengaja munculin banner Quick Countnya dan sempat ditayangkan 2 detik saja. Ada Newstickernya juga loh…

    Tapi sayangnya gak tahu Trans 7 mau gandeng siapa (Lembaga surveinya). Sebagai info, waktu Pilgub DKI Jakarta, Trans 7 menggandeng Litbang Kompas untuk Quick Count dan hasilnya ada di Harian Kompas, Kompas.com, Kompas TV, Trans 7, Radio Sonora dan Motion Radio.

    • Lingkaran Survei Indonesia itu sama tvOne…

      Tadi di Redaksi Sore dimunculin hasil Quick Count Pilgub dari 2 Lembaga yaitu dari Lembaga Survei Indonesia dan Litbang Kompas. Namun sayangnya Trans7 tidak memberikan informasi bekerjasama dengan siapakah untuk Quick Countnya kali ini yang ada di Banner dan menghilangkan Newsticker (walaupun sempat muncul namu di Redaksi T7 tidak muncul).

      Berikut saja lengkapnya:
      – MNC: SMRC
      – Emtek: Lembaga Survei Indonesia
      – tvOne: Lingkaran Survei Indonesia
      – Metro TV: Indo Barometer
      – Kompas TV: Litbang Kompas
      – BeritaSatu News Channel: (Sepertinya) Pusat Data Bersatu (PDB)
      – TVRI: RRI Bandung

  2. OOT : Harian Seputar Indonesia Berubah Nama Menjadi Koran Sindo

    Tema : ” Saya Generasi Semangat Baru ” di MNC Tower,Kebon Sirih,Menteng,Jakarta Pusat

    • Iklan Koran Sindo juga sudah muncul di RCTI…
      Jadi penasaran pengen liat halaman pertamanya, bisa ngalahin Kompas gak ya???

      Padahal nih Koran emang paling sering di sebut Koran Sindo dibanding Harian Seputar Indonesia. Kompas juga begitu, Dibilangnya Koran Kompas bukan Harian Kompas.

  3. Ngomong-ngomong, Tascha Liudmila pindah ke Kompas ya?
    Belum 2 tahun, Kompas sudah ditinggalkan 2 Anchor News yaitu Bayu Andrianto dan Amie Ardhini. Bayu pindah ke tvOne (Baru ngeliat pas liputan Apa Kabar Indonesia Malam yang meliput Sukhoi jatuh) dan Amie pindah ke BeritaSatu News Channel (Baru ngeliat di PrimeTime pad bulan Februari).

      • Iya, Senin (4/3) kemarin saya lihat kok. Btw, kalo Dave lihat logo Kompas High Definition saat siaran lokal ktv Jabodetabekser (katanya gantiin “ktv Serang”) , pas saat iklan, nggak transparan. Tulisan “Langsung”-nya aku bentuk fontnya Arial dan nggak ada radarnya di samping, hal ini saya lihat pas program Kompas Update tentang pelantikan Bupati Bangkalan termuda pada Senin (4/3) kemarin.

      • @faiz untuk slot siaran lokal (ktv) logo kompas memang nggak transparan, tapi juga nggak animasi kayak di slot tayangan kompas.
        tujuannya Kompas sih jelas, biar jaringannya gampang bedain mana yang jam tayang lokal mana yang nasional.
        selama ini banyak yang bingung waktu logo kompas tetap dibikin animasi pas slot lokal

      • Bener Mas Yohanes, tapi saat ini banyak orang bingung logo Kompas High Definition yang mana saat siaran lokal dan manapula saat siaran nasional.
        Dave, kamu udah lihat promo Fox yang “A New Fox is Coming”. Katanya dire-launch pada 18 Maret 2013.
        Update : LPP TVRI Sumut sekarang sudah tidak pakai studio virtual lagi, kini pakai hard studio.

  4. Jawab pake akun lain, karena buka lewat hp😀
    @faiz: Memang masih sulit dibedain bagi sebagian orang, yang nonton Kompas bukan melalui tv lokal jaringannya. Kalau di tv lokal udah langsung ganti acara di jam tsb.
    beruntung atv malang raya, makassar tv n stv bandung masih aktif website-nya, jadi bisa dibandingin jadwalnya.
    malah atv n makassar tv masih ada live streamingnya (makassar tv kadang2 bisu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s