Coming Soon: You Be TV Universitas Brawijaya Malang

Frekwensi di Malang Raya semakin penuh. Setelah hadirnya GAJAYANA TV dan sempat hadirnya NAA tv (sebagai informasi saat ini NAA tv sedang turun dari udara Malang Raya alias tidak mengudara), kini akan hadir lagi satu stasiun televisi di jajaran analog. Stasiun televisi ini akan dikelola oleh sebuah universitas, yang menjadikan statusnya sebagai Lembaga Penyiaran Komunitas. Informasi ini datang dari Rey di artikel sebelumnya.

Stasiun televisi ini adalah sebuah stasiun televisi yang mati tapi hidup kembali. Dahulu stasiun TV ini bernama Universitas Brawijaya TV, menggunakan frekwensi 52 UHF. Saat ini televisi ini siap kembali mengudara dengan nama You Be TV pada frekwensi 51 UHF analog setelah turunnya RK dari KPID Jawa Timur.

UB TV akan hadir di channel 51 UHF dengan frekuensi 3 km untuk sementara waktu dalam tahap trial atau uji coba. Namun jika izin penyelenggaraan penyiaran sudah turun maka You Be TV akan menjangkau radius 30 km.

Menurut Prof. Dr. Ir. H. Darsono Wisadirana, MS sebagai kepala penyiaran UB TV sekaligus dekan FISIP UB, tujuan didirikan UB TV adalah untuk menyalurkan hasil-hasil penelitian dosen kepada masyarakat dan untuk latihan praktek bagi mahasiswa.

Program acara yang akan disajikan dalam waktu dekat ini adalah berita-berita seputar UB seperti seminar, bedah buku dan penemuan penelitian. Sedangkan kepengurusan dan pengelola UB TV diserahkan kepada FISIP karena mereka memiliki SDM yang sesuai dengan pertelevisian. Lebih lanjut, Darsono Wisadirana mengaku untuk bagian produksi adalah dari Program Studi Informatika dan Komputer. Untuk kepala bidang, You Be TV akan merekrut empat orang mantan pegawai TVRI yang sudah pensiun dan memiliki jam terbang tinggi.

Studio UB TV sendiri terletak di lantai 9 gedung rektorat dan production house berada di lantai atas perpustakaan pusat UB. Alat-alat produksi UB TV ini dibiayai oleh rektor Univeritas Brwijaya, dan rencananya minggu depan sudah mulai mengudara.

Sementara itu di kawasan UB, tepatnya di bundaran UB yang merupakan wilayah pusat UB, terpasang videotron yang sedang diujicoba. Apakah nantinya videotron tersebut akan digunakan sebagai “big screen” dari You Be TV saya belum mengetahui pasti. Bisa jadi memang digunakan untuk keperluan TV, bisa juga untuk kepentingan lain yang dimiliki Universitas Brawijaya.

Source: http://www.malangraya.info/2013/02/25/160228/6336/ub-you-be-tv-televisi-komunitas-ub/

http://www.malang-post.com/edupolitan/62612-ub-miliki-televisi-you-be-tv

20 thoughts on “Coming Soon: You Be TV Universitas Brawijaya Malang

  1. Nah, situ kuliahnya di Univ. Brawijaya kan? (maaf kalau salah hehe)
    Kalau iya, apakah ikut ambil bagian juga di You Be TV?

  2. Wow makin banyak aja tv lokal … Btw ada info lebih lanjut gak tentang tv barunya whisnutama bareng agus lasmono di bawah indika media (net mediatama) … Info di situsnya msh terbatas (www.revolusimedia.net) kabarnya tahun ini sudah siaran berjaringan …

  3. Saya di website Universitas Brawijaya yang bener aja ada tulisan “STREAMING”. Pas diklik malah ga ada apa apa. Apa UBTV juga ada streaming???

  4. Nama Ultah antv “Viva La Vida” berasal dari Bahasa Spanyol yang artinya Jayalah Kehidupan. Kemungkinan Arti Itu yang dimaksud antv untuk ultah ke 20.

  5. UPDATE : ternyata acara Don’t Stop me Now KompasHD kerjasama sma STV Bandung dan Fremantle media loh,tdi sya barusan nonton sampe abis,dan logo STV ada di credite title ucapan terima kasih 🙂

    • Saya juga tahu kok mas. Tadi saya tonton tadi, logo stv Bandung yang asli ini ada slogan “Inspirasi Jawa Barat”. Slogannya asli pula, bukan kreasi Kompas High Definition.
      Update : Presiden Argentina Hugo Chavez tutup usia dalam umur 58 tahun akibat infeksi paru dan kanker. Bisa Dave bahas ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s