Terkonfirmasi: UBTV Bersiaran di Kanal Digital

Terjawab sudah pertanyaan saya. Setelah ada informasi dari Rey bahwa temannya melihat tulisan di videotron UB bahwa UBTV mengudara pada frekwensi digital, saya juga baru saja membaca tulisan tersebut. Dalam grafis yang tayang di videotron tersebut dituliskan bahwa UBTV menjadi TV lokal pertama di Malang Raya yang mengudara pada frekwensi digital, persis seperti yang dikatakan oleh teman Rey. Menariknya, di videotron ini juga ada dua poin penting yang juga saya catat: UBTV mengudara dengan teknologi digital terrestrial generasi pertama dan UBTV memiliki kualitas setara High Definition.

Digital terrestrial generasi pertama ini maksudnya adalah bahwa UBTV mengudara pada teknologi awal dari digital, sehingga STB DVB-T sudah cukup untuk menangkap siaran UBTV. Di videotron itu juga terdapat tulisan DVB-T, bukan DVB-T2.

UBTV juga menulis bahwa siarannya “setara HD” yang mungkin maksudnya adalah bahwa tayangan UB sangat jernih mengingat UBTV menggunakan frekwensi digital. Untuk perkara HD ini baru informasi awal karena saya baru membaca sepintas saja ketika melintas bundaran UB.

Apresiasi tertinggi saya untuk UBTV karena telah menggunakan sistem digital walaupun baru pada teknologi DVB-T. Mungkin karena statusnya sebagai LPK sehingga UBTV harus bergabung dengan MUX TVRI di Malang. Kita tahu selama ini TVRI melakukan ujicoba digital menggunakan DVB-T, bukan DVB-T2.

Perkembangan lebih lanjut tentang UBTV akan diinformasikan segera setelah saya mendapatkan informasi terbaru dari lantai 9 Gedung Rektorat, kawasan FISIP, dan videotron UB.

24 thoughts on “Terkonfirmasi: UBTV Bersiaran di Kanal Digital

  1. Tadi siang CRTV 62 UHF mengudara dengan kualitas baik hanya sedikit rintik-rintik (lebih baik dari yang dulu) dengan color bar dan logo dan musik.

  2. Sekarang KompasTV Surabaya berubah posisi logo: Ketika siaran KompasHD ada logo tambahan “TV” dan “Surabaya”, walaupun saat iklan. Tetapi saat iklan logonya agak tidak sesuai. Perubahan logonya mulai hari ini

  3. Dave, mulai kemarin, logo KOMPAS TV SURABAYA muncul saat relay di KOMPAS HD. Logonya mirip KOMPAS HD (bukan sejak 5 November 2012). Iklannya, logo transparan kecuali “Surabaya”. Pas lokal (tadi aku bangun jam 03:30, setiap hari) jam 04:00, logonya beranimasi dan iklan pun tidak transparan. Kapan nih, UBTV Malang di-launch :D?

  4. :: NEWS UPDATE ::

    Pemerintah akan bersiap merubah sistem broadcast televisi kebanggaan negeri kita yakni TVRI, yang siap merubah sistem resolusi menjadi High Definition (HD), artinya beralih dari Mpeg2/SD, ke Mpeg4/HD. Jadi untuk anda penonton setia TVRI khususnya penggila Liga Italia bersenang hati karena TVRI akan merubah resolusi menjadi High Definition (HD), LEBIH TAJAM DAN JELAS!!

    Rencana peralihan resolusi TVRI Nasional ke format baru High Definition (HD), akan dilakukan pada akhir bulan Mei 2013*

    Untuk sementara stasiun TV Indonesia yang sudah menggunakan resolusi HD, yakni Berita Satu HD dan Kompas HD (yg keduanya melalui TV berbayar).

    Ini kutipan tweet akun twitter seseorang (anggota forumsatelit.com) dan admin @TVRInasional:

    Pertanyaan..
    @aesyadana_: Apakah benar @TVRInasional udah HD? Kapan terealisasinya? Pake Dec Mpeg-4 masih burem!

    Balasan..
    @TVRInasional :blom,siaran digital tvri msh pake mpeg-2,memang rencana tahun ini beralih ke HD mpeg-4

    Kabar ini pertama kali disampaikan oleh akun twitter dari Canon Indonesia, dan dipastikan oleh akun twitter TVRI Nasional

    Sumber: @Canon_indonesia dan @TVRInasional

    Biar gak hoax, silakan anda tanyakan kepada dua account twitter tersebut.

    *Waktu perilisan bisa berubah sesuai ketentuan yang ada

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s