Coming Soon: TVRI HD

Berita “panas” ini datang dari teman-teman yang menyadur dari twitter salah satu produk kamera terkemuka Canon Indonesia dan akun twitter TVRI  Nasional. Canon menyebutkan bahwa tahun ini di bulan Mei TVRI akan segera memulai siaran definisi tingginya. TVRI sendiri juga mengonfirmasi hal tersebut.

Memang beberapa kali saya melihat TVRI menyiarkan beberapa program dalam format 16:9 terutama program dari luar negeri seperti kartun. Saya juga melihat banyak stasiun TV swasta yang melakukan hal yang sama. Ini menunjukkan bahwa sebenarnya hampir semua TV di Indonesia sudah siap untuk bersiaran HD. Bahkan jtv Surabaya dan jtv malang saya rasa juga sudah siap karena beberapa kali saya temui jtv Surabaya menggunakan 4:3 stretch dan jtv malang menggunakan tampilan 14:9.

Canon Indonesia menyebutkan bahwa TVRI akan segera memulai siaran HD pada bulan Mei tahun ini. Canon juga memberi contoh siaran HD di Indonesia, BERITASATU. Tapi Canon tidak mencontohkan KOMPAS, mungkin karena KOMPAS tidak menggunakan kamera Canon, hehe. Tapi setelah saya teliti lagi, nampaknya admin Canon Indonesia belum mengetahui bahwa KOMPAS sudah bersiaran HD di aora.

Menyusul berita ini, akun TVRI Nasional langsung kebanjiran mention. Saya mencoba untuk membaca semua twit TVRI Nasional. Dari sini saya menyimpulkan beberapa hal: pertama, TVRI memang akan migrasi ke HD pada tahun ini (tapi tidak memastikan bulannya); kedua, saat ini TVRI digital masih menggunakan MPEG2; ketiga, TVRI akan mengudarakan siaran HDnya juga untuk digital terrestrial, yang artinya TVRI akan beralih ke MPEG4, mungkin juga beralih ke DVB-T2 (karena selama ini TVRI masih menggunakan DVB-T); keempat, seperti kita tahu, TVRI sudah digital sejak 2010 di 4 kota diawali Jakarta pada 2007.

Tanpa ada informasi, tiba-tiba saja TVRI HD sudah akan meluncur. Ini adalah sesuatu yang luar biasa mengingat TVRI masih dianggap jadul. Mungkin dari sisi program memang jadul, tapi masalah teknis, nampaknya TVRI akan lebih maju selangkah lagi. Tapi tetap saja TVRI di daerah terpencil tidak bagus peralatan dan sinyalnya. Inilah bukti pembangunan yang tidak merata di Indonesia.

Apakah ini salah satu “dampak” kerjasama TVRI2 dengan Bloomberg TV INDONESIA yang dirancang untuk siaran HD? Coba samakan: TVRI HD diisukan mulai berjalan pada bulan Mei 2013, sementara Bloomberg TV INDONESIA akan memulai siarannya pada bulan Mei 2013.

70 thoughts on “Coming Soon: TVRI HD

  1. BTW nih tentang TVRI, ternyata pas closedown mereka masih pakai video Bagimu Negeri yang dulu punya. Di akhir video, logo TVRI masih pakai yang tahun 1999 (3 garis) dan dibawahnya ada tulisan “Stasiun Pusat Jakarta, Selamat/Salam/Sampai (lupa-lupa sedikit) Jumpa”

  2. Numpang update mas Dave. Tempo hari saya nonton Wide Shot MetroTV (Hari Jum’at pekan lalu). Nah, pas Public Corner, ternyata host-nya adalah Isyana Bagoes Oka. Apakah ada program transfer presenter layaknya pemain sepak bola antara MNC dan MetroTV mas?

  3. UPDATE : 4 tv lokal di JABODETABEK hilang,tv lokal yg hilang CB Channel depok, bantentv, TV3 tangerang, dan KTV serang.

    memang sih KTV lgi ada perbaikan pemancar,tpi tv lokal yg masih on air O channel, Jaktv, Ctv banten, DaaiTV jakarta,dan RadarTV

    tdi RadarTV sempet off air 1 jam, entah karna apa. Sekarang RadarTV on air kembali
    🙂

  4. UPDATE : sekarang tambah 1 tv lokal lgi yg menghilang di JABODETABEK TVPlus!

    jdi yg hilang ada 5 tv lokal : CBchannel depok, TV3 Tangerang, Ktv serang, bantentv, dan TVPlus! 😦

    kenapa jdi ilang semua tv lokal di JABODETABEK 😦

  5. Update: Kalau Metro TV itu Indonesia Memilih, terus tvOne itu TV PEMILU, RCTI sekarang punya segmen khusus Pemilu, Pilihan Indonesia. Adanya di Seputar Indonesia. RCTI juga menjadi TV Pemilih (Masih sama waktu tahun 2009)

  6. Ngomong-ngomong, di Metro TV suka dimunculin (Sepertinya) alat untuk memunculkan Banner di TV. Yang pegang itu Presenternya dan sering kelihatan di acara news Metro TV. Posisi alat itu biasanya ada di tangan kanan sambil memegang alat yang hitam dan kalau ditekan tombolnya, bannernya itu muncul atau liputannya muncul.

    Metro TV sengaja atau gak sengaja ya? Tapi kalau gak sengaja, kok sering ditampilin tuh alat…

      • Dulu waktu hari Selasa tanggal 12 Maret, saya lihat Ktv siaran tanpa logo Kompas kok acaranya Komedi Spesial (Sekitar jam 10-an). Emang Komedi Spesial itu Program lokal ya? Bukannya itu program nasional Kompas soalnya di Website Kompas sendiri ditulis Komedi Spesial (Tapi yang malam, jam 8-an itu)

      • Logo Kompas (TV) hilang pas Ktv lagi siaran lokal (biasanya kalau Senin-Jumat pas jam 10.00, 15.00, sama 00.00). Kalau tentang Komedi Spesial, acara itu memang aslinya adalah program nasional. Tapi karena Ktv 100% di bawah kontrol Kompas (TV), makanya semua acara lokal Ktv adalah acara nasionalnya Kompas (TV) dan juga acara lokal yang udah dibuat sama Kompas (TV) khusus buat Ktv

  7. UPDATE : innalillahi wainnailaihi roji’un

    telah berpulang presenter olahraga sepak bola Ricky Jo karna serangan jantung tdi jam 17.30

    semoga amal ibadah beliau di terima di sisiNya

    amiiieeen 🙂

  8. UPDATE : Kompas sedang mengalami gangguan teknis

    ini bukan TV lokalnya yg kena gangguan,tpi Kompas nya

    entah kenapa bisa kena gangguan…..???? Format gambarnya juga berubah2 kadang format 16:9 kadang 4:3 (gambar lonjong kalo di liat di tv tabung) 🙂

      • Ya… Sekitar jam 1 siang, Kompas lagi Error…
        Hampir semuanya tertampil dalam format 16:9.
        Terus pernah munculin promo program Kompas yang waktu siaran percobaannya, toh di bannernya aja ada tulisan mulai 9 September (Hari jadi Kompas) dan ada tulisan Segera.

  9. Jadi, apa ada sign off di KOMPAS, saat error tadi? Ya itu, kenapa di komputer KOMPAS masih ada iklan bekas 2 tahun yang lalu (zaman “Siaran Percobaan)?

  10. Dave, aku mau nanya. Kenapa logo LPP TVRI Sumut selalu berubah pas saya lihat?
    Update : LPP TVRI Nasional sekarang punya running text baru untuk info acara. Bentuknya mirip newsticker LPP TVRI Nasional. Baru lihat pas film kartun tadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s