Kenapa Logo TRANS TV Berubah saat Siarkan Sepakbola?

Pernah merasa penasaran kenapa logo TRANS TV berubah saat menyiarkan sepakbola, terutama La Liga Spanyol?

Awalnya saya pikir itu adalah bentuk kerjasama yang memang disepakati dengan “penjual” lisensi, yaitu logo TRANS TV harus berubah menjadi horizontal, karena memang ada beberapa “penjual” lisensi yang memintanya, seperti dulu ketika INDOSIAR bekerjasama dengan NASCAR, logo INDOSIAR berubah hanya tulisan saja, tanpa ada elemen lain. Tapi beberapa kali melihat pertandingan La Liga, ternyata logo TRANS TV tidak selalu berubah ketika menyiarkan La Liga. Beberapa kali saya temui logo TRANS TV tetap logo biasa, seperti ketika menyiarkan FA Cup.

Lantas, kenapa kadang berubah kalau menyiarkan La Liga? Perhatikan gambar yang saya ambil 18 Maret 2013 sekitar jam 3 pagi berikut ini

20130318 Kenapa Logo TRANS TV Berubah saat Siarkan Sepakbola P1

Perhatikan area yang saya beri kotak. Ada 4 elemen berwarna putih di sana, di belakang logo TRANS TV. Saya langsung paham bahwa ternyata berubahnya logo TRANS TV itu untuk menutupi logo STAR SPORTS Asia. Empat elemen putih yang saya maksud adalah tulisan “LIVE” milik STAR SPORTS. Mungkin inilah salah satu bentuk perjanjian TRANS TV dengan STAR SPORTS, bahwa ketika TRANS TV mengambil gambar dari STAR SPORTS (dan bukan dari feed yang tanpa logo), logo TRANS TV harus diubah demi menutupi logo STAR SPORTS.

20130318 Kenapa Logo TRANS TV Berubah saat Siarkan Sepakbola P2

Hal ini mengingatkan saya pada pola yang sama yang digunakan TV7 pada masa lalu. Ketika TV7 masih menyiarkan Liga Inggris, logo TV7 berubah menjadi SPORT TV7. Hal ini dilakukan untuk menutupi logo ESPN atau STAR SPORTS (tergantung mana yang di-relay). Tutup menutup logo ini masih berlanjut ketika TV7 berubah menjadi TRANS 7, bedanya bukan SPORT TRANS 7 yang dipasang, hanya logo TRANS 7 saja yang dibuat lebih besar.

Itulah sedikit sharing tentang logo TRANS TV yang berubah ketika La Liga. Semoga bermanfaat🙂

Sedikit mengingatkan, logo SPORT TV7

20130318 Kenapa Logo TRANS TV Berubah saat Siarkan Sepakbola P3

 

Sedikit lagi: di gambar di atas, nampak TRANS TV dan STAR SPORTS Asia menggunakan dimensi 4:3, tapi input gambarnya menggunakan dimensi 14:9 sehingga ada letter box kecil di layar. Hal ini dilakukan karena asal gambarnya HD 16:9, tapi karena tidak ingin gambarnya menjadi lonjong atau gambarnya menjadi terlalu kecil karena letter box yang terlalu besar pada layar TV 4:3, serta sedikit tidak cocok ketika mengambil safe area 4:3 (karena gambar di kiri dan kanan akan banyak terpotong), maka gambar yang dimasukkan didimensikan 14:9. Channel HD dari luar negeri banyak yang menggunakan dimensi 14:9 pada kanal definisi standar milik mereka.

Saat ini dua kanal HD Indonesia (BERITASATU dan KOMPASHD) memilih 4:3 stretch untuk kanal SDnya

19 thoughts on “Kenapa Logo TRANS TV Berubah saat Siarkan Sepakbola?

  1. Masalahnya 1. Knapa kok LIVE.nya 2x? Harusnya skalian aja TRANS TV nutupin penih logo star sports skaligus Live.nya hehehe

    Lain hal.nya dg Kompas. Knapa saat nyiarin F1 logo FOX Sports Plus gak d tutup? Bahkan ak ingat pertama Kompas nyiarin F1 d Singapura Pembawa acaranya ngmng “sudah trhubung dengan ESPN (pada saat itu)”

    • Sebenernya LIVE nya satu, cuma TRANS TV kurang sempurna nutupinnya hehe
      Kalo KOMPAS rasanya pingin “diakui” kalo HD, atau istilahnya pingin lebih mempertegas ke-HD-an-nya hehe

    • Nah itu dia, tapi pas Siaran Sholat Idul Fitri yang ngambil feed dari TVRI, ada logo TVRI, cuman logo TransTV nggak diubah ke posisi horisontal, malah sedikit pindah posisi ke posisi tengah sedikit.

  2. dulu jg logo tvone jg nutupin logo espn pas liga inggris. Trus logo indosiar jd tulisan doang pas liga italia. Kalo kt gw sh itu bkn perjanjian sama penjual lisensi, emg mao nutupin logo aj. Kalo indosiar, spy logony yg gede ga nutupin skor makany cm tulisan doang

    • Bukan bagian dari perjanjian? Soalnya (katanya sih) sumber feed beda, harga lisensinya beda. Kalo ambil satelit yang ga ada logonya makin mahal, karena berarti pemegang lisensi atasnya (kalo di Asia misalnya FOX SPORTS/STAR SPORTS) ga terpromosikan. Katanya sih

  3. Yang paling ribet itu Kompas, nayangin 3 Logo sekaligus yaitu Logo Fox, Logo Kompas, Logo TV Lokal…

    Namun yang paling disayangkan itu B Channel, padahal tidak ada logo TV olahraga luar negerinya, namun B Channel memilih untuk memperkecil logonya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s