Sempat Tayang Beberapa Hari, Logo KOMPAS Akhirnya “Hilang” TVnya

Menjelang F1, KOMPAS mengganti logo dengan logo beranimasi tampil bergantian dengan logo F1 atau Formula One. Ini sudah menjadi kebiasaan KOMPAS sejak tahun lalu ketika KOMPAS mendapat lisensi F1. Tentu saja KOMPAS ingin masyarakat tahu bahwa mereka akan menyiarkan salah satu olahraga bergengsi di dunia ini.

Sejak tahun lalu, KOMPAS menggunakan kata TV untuk setiap promo F1, yang kemudian juga dipakai di promo program lainnya. Hal ini nampak dibiarkan oleh KPI Pusat yang melarang KOMPAS untuk menggunakan kata TV. Makin lama makin banyak promo program yang menggunakan kata TV, malah hampir semua promo programnya menggunakan kata TV.

Sampai di pertengahan Maret 2013 ini KOMPAS yang akan segera menayangkan balapan F1 2013 dengan berani menulis kata “TV” di logonya yang ada di pojok kanan atas kanal definisi standarnya. Hal ini berlangsung selama 3 hari, mulai Jumat 15 Maret 2013. Logo ini memiliki komposisi ikon K di kiri, dan tulisan KOMPASTV di kanan, berbentuk horizontal.

Namun, kira-kira 1 jam sebelum F1 2013 pertama tayang, logo ini berubah komposisi, tanpa tulisan TV di kanan. Nampaknya KPI baru mengirim peringatan kepada KOMPAS pada Minggu pagi, yang kemudian direspon oleh pihak KOMPAS dengan menghilangkan kata TV tersebut pada Minggu siang. Setelah F1 selesai, logo KOMPAS kembali ke logo semula.

Nampaknya baru kali ini KPI mengambil tindakan atas munculnya kata TV di layar televisi yang “berjaringan” dengan KOMPAS. Apakah KPI baru ingat bahwa mereka melarang KOMPAS menggunakan kata TV di logonya, atau ada hal lain yang menyebabkan KOMPAS dengan leluasa bisa meletakkan kata “TV” di setiap promo programnya? Semoga KPI bisa lebih tegas lagi dengan keputusannya sendiri. Kita lihat lagi di balapan seri berikutnya, apakah logo KOMPAS akan berubah menjadi KOMPASTV lagi atau hanya KOMPAS saja, karena saya rasa pergantian logo akan terjadi di setiap jelang seri balapan F1, seperti tahun lalu.

7 thoughts on “Sempat Tayang Beberapa Hari, Logo KOMPAS Akhirnya “Hilang” TVnya

  1. pantesan pas saya nonton makassar-TV di kantor (karena tv di rumah rusak), ada yang saya lihat logo kompas Tv menyamping. Pas keesokan harinya, mau nonton kompas tv… eh malah kembali ke logo semula

  2. Emank mas,klo Kompas lgi promo F1 begitu,beberapa hari sebelum race di promoin dlu logonya,baru deh sesudah race logonya balik lgi kesemula 🙂

    tpi bener jga sih,mank Kompas gak takut kena teguran KPI lgi yah…….????? 😀

  3. kompastv surabaya yg biasanya punya logo sendiri saat siaran lokal sekarang nimbrung ke logo original kompas dengan menambah kata ”TV” berwarna merah dan kata ”SURABAYA” dibawah kata kompas.

  4. Daripada terkena teguran KPI terus-menerus mendingan Kompas TV Surabaya dijadikan induk saja, sementara studio dan marketingnya tetap di Jakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s