Viva La Vida: 20 Tahun antv

Merayakan ulang tahun ke-20, antv menggelar satu pertunjukan besar bertema Viva La Vida. Tema besar ini sudah mulai dipromosikan 40 hari menjelang perubahan antv. Perubahan antv sendiri dimulai dari 17 Maret 2013 tengah malam.

Bukan antv jika tidak terkena isu. Setelah isu penjualan, kemarin sempat beredar isu yang mengatakan bahwa antv akan berubah namanya menjadi VIVA TV. Saya juga awalnya sempat “terkecoh” oleh kabar ini, tapi setelah melihat kondisi yang terjadi 3 hari sebelum 17 Maret 2013 yang tidak menunjukkan perubahan signifikan, akhirnya saya menyimpulkan antv tidak akan berubah nama, hanya berganti penampilan. Ternyata benar, hingga Viva La Vida berakhir, tidak ada perubahan dari antv ke VIVA TV, walaupun unsur desain segitiga yang dipakai antv kini mirip dengan unsur segitiga yang ada di logo vivasky.

Tengah malam 17 Maret 2013, sesuai dengan yang diinformasikan oleh teman-teman, antv mengubah tampilannya. Logo juga berubah dari polos menjadi bercorak batik. Elemen utama desain di antv menggunakan bentuk segitiga yang mirip “pick” gitar, seperti dalam logo vivasky. Warna utama ada di kisaran ungu, merah muda, kuning, dan biru muda, dengan hitam yang mendominasi tapi sebagai warna sekunder.

17 Maret 2013 malam, antv memulai pertunjukan Viva La Vida yang terlambat dimulai 6 menit dari jadwal semula, menjadi 7.36 malam WIB. Seperti biasa, acara ulang tahun antv ini dibuka dengan sambutan oleh Anindya Bakrie.

20130318 Viva La Vida 20 Tahun antv P01

20130318 Viva La Vida 20 Tahun antv P02

Aksi panggung dibuka dengan atraksi tari dan musik perkusi

20130318 Viva La Vida 20 Tahun antv P03

Dilanjutkan dengan host yang membawa pemirsa menyaksikan Station ID baru antv

20130318 Viva La Vida 20 Tahun antv P04

 

Salah satu Station ID

20130318 Viva La Vida 20 Tahun antv P05

20130318 Viva La Vida 20 Tahun antv P06

20130318 Viva La Vida 20 Tahun antv P07

Panggung acara ini sangat besar, berlokasi di JCC. Beberapa jam sebelum Viva La Vida dimulai, ada acara syukuran terlebih dahulu yang diikuti oleh seluruh undangan yang ada di sana, termasuk masyarakat umum yang memenangkan kuis di media sosial.

20130318 Viva La Vida 20 Tahun antv P08

20130318 Viva La Vida 20 Tahun antv P09

Tata cahaya sudah cukup baik walaupun kurang signifikan. Untuk suara secara awam sudah cukup bai. Tapi nampaknya para ahli memiliki penilaian lain tentang  sound, terutama ketika Simple Plan tampil. Nampaknya kualitas sound untuk acara ini (menurut mereka) kurang maksimal. Tapi saya cukup menikmati yang ditampilkan antv malam itu, walaupun saya sendiri sedikit menemui adanya “gangguan suara” seperti mikrofon yang belum menyala, tapi hanya terjadi sebentar saja. Hal tersebut terjadi bukan ketika Simple Plan tampil.

20130318 Viva La Vida 20 Tahun antv P10

20130318 Viva La Vida 20 Tahun antv P11

Seperti biasa, bagian akhir selalu menjadi ajang narsis mereka yang ada di balik layar

20130318 Viva La Vida 20 Tahun antv P12

20130318 Viva La Vida 20 Tahun antv P13

Desain baru promo program di antv

20130318 Viva La Vida 20 Tahun antv P14

20130318 Viva La Vida 20 Tahun antv P15

 

Desain baru tanda lulus sensor

20130318 Viva La Vida 20 Tahun antv P16

Acara Viva La Vida baru berakhir Senin pukul 0.18 pagi WIB. Menurut jadwal mestinya acara ini berakhir pada 11.30 malam WIB. Artinya acara ini terlambat berakhir sekira 48 menit.

Walaupun memang nampak sangat berbeda, saya menilai desain baru antv ini justru kurang menonjol. antv pernah bermain dengan warna hitam, versi Ramadan dari desain aslinya yang berwarna putih, kalau tidak salah tahun 2010. Desain itu (menurut saya) jauh lebih bagus daripada desain ini.

Untuk logo, saya lebih suka yang polos daripada yang bercorak batik ini. Menurut saya adanya elemen corak batik di logo antv ini justru “mengaburkan” identitas antv, karena logo antv yang putih transparan semakin hilang dengan corak batiknya, kecuali mungkin diberi warna lain, mungkin bisa nampak lebih bagus. Untuk saya logo antv sekarang ini seperti logo yang terpasang tidak sempurna di layar. Tapi nampaknya di luar cukup banyak tanggapan positif atas desain ini.

Bagaimana desain ini menurut teman-teman? Beri nilai pada desain ini di sini sampai 28 Maret 2013 11:59 malam WIB

 

38 thoughts on “Viva La Vida: 20 Tahun antv

  1. logo antv yang berwarna putih/abu-abu di pojok kanan atas jadi mirip TRANSTV deh!memang harus diberi sentuhan warna sesuai segmennya..biru,merah,ungu,kuning.
    apalagi udah membocorkan tampilan baru sebelum VIVA LA VIDA.
    kalau logo barunya mengaburkan logo antv emang ada benernya.sebelum viva la vida aku lihat logonya agak burem,mungkin hanya kesalahan semata.ternyata baru ya.logonya

  2. perubahannya pun juga tidak terlalu signifikan.maksudnya tidak 180 derajat berubah seperti logo pertama antv sejak ’93 (AN di atas.teve di bawah) diganti dengan logo antv yang tulisannya seperti logo yang punya sekarang tanpa kotak dengan warna tulisan paduan merah,oranye,kuning.tulisannya antv yang ada di logo sampai tulisan ini ditulis sudah 10 tahun dipakai.masih juga menggunakan kotak.

    • Logo antv yang sekarang memang ikonik (walaupun konsepnya memang mirip TVRI, hurufnya nyambung semua) jadi rasanya antv masih belum ingin ganti logo itu. Kalau kotak, itu masih ada “influence” dari logo lama STAR TV

  3. beener tuh kta mas exel,menurutku jga logonya harus ngikutin genre programnya! Acara anak2 warna kuning dan acara apa warnanya apa

    gitu lo mas 🙂

  4. Aku kira logo barunya akan mengikuti warna desain barunya, ternyata hanya dikasih corak batik aja. Ya udah deh, mau bagaimana lagi hehe
    Tapi aku lihat ada satu kekurangan di sini (kalau gak salah). Itu temanya kan pakai lagu Viva La Vida – Coldplay, tapi kayaknya sepanjang acara gak ada yang nyanyi lagu itu deh
    Dan jangan lupa, kemarin juga ada launching ANTV dan tvOne sebagai official broadcaster World Cup 2014
    Desain iklan barunya bolehlah lumayan hehe
    Satu lagi, logonya VIVASky. Kok tulisan VIVAnya agak sedikit beda dari logo VIVA Group ya?

  5. kalo logo yang warna putih transparan menurut saya meniru logo TRANS TV. Dulu kalo program berlangsung logonya berwarna, trus kalo iklan baru transparan seperti tv yang lain. Perubahan dimulai ketika ramadan tahun kemarin (Kalo ga salah 2011/2012) menjadi transparan terus. Kemarin setelah ganti loo yang organik, kirain tvnya yang bersemut, eh ternyata ada “perubahan besar”

  6. Kurang greget Viva La Vida-nya ANTV…
    Soalnya penampilan barunya sudah diluncurkan dahulu sebelum acara perayaan HUT ANTV dimulai… Seharusnya pas diacaranya lebih enak dan ada kesan surprisenya…

  7. Awalnya, logo antv yang bercorak batik ini aku kira bagus, tapi pas aku lihat dari streaming, logonya jadi kabur dan nggak bagus.

    Sedikit pernyataan : Tampilannya nggak bagus, nggak level kalo hitam. Mending backgroundnya warna putih gitu

  8. Logo yang sekarang sama sebelumnya yg belum bercorak batik kelihatan agak ngikutin TRANS TV, transparan logonya…
    Mungkin biar ga repot pas acara mulai sama pas iklan..

  9. Logo yang sekarang saya kira itu logonya rusak
    soalnya kalo di tv kan coraknya ga terlalu kelihatan…
    Ternyata setelah liat di websitenya logonya ada coraknya…

  10. Update : Tadi logo Kompas Surabaya ganti, saya lihat di streaming. Logonya dibuat mirip Kompas Nasional tapi khusus Kompas Surabaya ada tulisan Surabaya di bawah tulisan Kompas + TV. Trims.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s