Ricky Jo, Ikon Sportcaster Indonesia Meninggal Dunia

Ricky Jo, sportcaster kenamaan Indonesia, meninggal dunia pada Jumat 22 Maret 2013 sore. Hal ini sangat mengejutkan karena diketahui Ricky Jo sesungguhnya dalam kondisi yang sehat. Tak pernah ada indikasi bahwa Ricky Jo akan mengalami serangan jantung. Mendengar hal ini saya langsung merasakan kedukaan yang tidak dapat saya gambarkan, karena saya sempat menyaksikan Ricky Jo membawakan pertandingan di Liga Inggris tidak lebih dari sepekan yang lalu.

Dari berbagai artikel yang saya baca, Ricky Jo telah “mengirimkan sinyal firasat” melalui twitternya. Bahkan ketika kali pertama saya mengetahui berita ini, banyak yang tidak memercayai berita tersebut karena banyaknya mereka yang mengetahui Ricky Jo baru saja berkicau sekitar 8 jam sebelumnya.

Sebagai seorang yang sudah mengamati pertelevisian sejak lama, sosok Ricky Jo cukup akrab di kepala saya. Bagaimana tidak, saya yang hanya menonton pertandingan sepakbola timnas dan beberapa big match liga luar negeri akan selalu bertemu dengan Ricky Jo, sehingga sosoknya selalu melekat dengan olahraga terutama sepakbola. Bahkan saya sampai mengasosiasikan keduanya. Sepakbola = Ricky Jo. Sportcaster kenamaan ini juga menjadi acuan saya untuk mempelajari cara membawakan program sport selain Boy Noya yang membawa Metro Sport, walaupun keduanya berada di area yang bereda: Ricky Jo di pertandingannya, Boy Noya di beritanya. Tapi tidak dapat dielakkan lagi, tak ada yang tidak mengenal Ricky Jo, yang selalu menghiasi layar kaca pada pertandingan-pertandingan besar.

Kabar terakhir, Ricky Jo menjadi calon pemenang terkuat di PGA 2013 karena dari hasil voting sementara posisinya berada di puncak untuk kategori presenter olahraga. PGA sendiri merencanakan untuk memberi penghargaan khusus untuknya. Sayapun setuju, Ricky Jo adalah yang terbaik untuk presenter olahraga hingga sekarang ini.

Selamat jalan Ricky Jo… Sumbangsihmu pada Tim Futsal PSSI dan dunia penyiaran olahraga di Indonesia tidak akan pernah bisa dilupakan oleh siapapun juga…

11 thoughts on “Ricky Jo, Ikon Sportcaster Indonesia Meninggal Dunia

  1. saya juga turut berduka cita mas :’)

    kabarnya juga kemarin Ricky Jo sedang berada di perjalanan menuju ANTV untuk siaran qualifikasi piala dunia 2014 Portugal vs Israel (tpi bnyak orang yg bilang Alm. Menuju Epicentrum untuk megisi acara di sana) dalam perjalanan kesana Alm mendadak kena serangan jantung 😥

  2. FYI, lebih dari 3 bulan yang lalu penikmat sepakbola Indonesia juga kehilangan salah satu sportcaster, bung Yopie “Jeger” Beda, yang beberapa tahun terakhir wara-wiri di ISL n populer dengan “Jeger”-nya

    Dan sekarang bang Ricky Jo.

    Rest In Peace😥

  3. Moga-Moga kemenangan Timnas Indonesia menjadi Hadiah terakhir dari Rakyat Indonesia yang berduka atas meninggal Ricky Jo

  4. Update
    Kompas (TV) di satelit Palapa D Minggu 24/03/13 gangguan terus
    – Gambar dan suara kadang blank, tapi sinyal full.
    – Format gambar kompas kembali ke jaman dahulu kala (setengah layar)
    – Logo tidak ada
    – Tayangan banyak pengulangan.
    – Iklan lebih lama dengan menayangkan iklan yang sama berkali-kali.
    – Stand Up Comedy tidak live

  5. Selain itu ada lagi di hari yang sama, selain KOMPAS:

    1. Metro TV (saat itu saya lagi lihat Sudut Pandang)
    2. TVRI
    3. SCTV (ada desain barunya, jika dulu Pundi Amal)
    4. tvOne
    5. Spacetoon (diisi siaran lokal Spacetoon Surabaya)

    CATATAN:
    Gangguan siaran ini terjadi sekitar jam 11:00/11:30 WIB. Dan ada beberapa yang tidak. Sepertinya, TRANSCORP (TRANS TV/7), RCTI, MNC TV, Global TV, antv, B Channel (mntv surabaya), dan Indosiar.

    Namun yang gangguan teknis itu juga pernah terjadi sekitar 2007/2008. Waktu itu ada gangguan masalah di TV rumah saya (lupa). Dan saya ingat, hampir seluruh TV Nasional yang gangguan teknis. Bahkan TRANS TV & TRANS 7 saat gangguan kala itu punya color bar sendiri.

    TV-TV yang gangguan pada 4 hari yang lalu menggunakan color bar + tone:

    1. TVRI
    2. tvOne (ada tulisan dibawah logo tvOne “Mohon maaf. Ada gangguan teknis”)
    3. Metro TV (nggak ada tone, dan saya juga lihat Sudut Pandang)
    4. Spacetoon (tidak diketahui, karena siaran lokal)

Leave a Reply

