Sedikit Imbauan

Untuk teman-teman yang sering berkunjung ke blog ini, saya mau sedikit mengimbau saja

1. Blog ini saya buat untuk pertelevisian Indonesia. Mohon dipelajari lagi untuk yang ingin menyampaikan informasi terbaru tapi bukan tentang televisi Indonesia
2. Sisanya ngga ada lagi sih hehe🙂

Karena bulan April, Mei, Juni, dan awal Juli nampaknya akan sepi acara, mungkin blog ini akan jarang ada pembaharuan. Tetapi untuk “Issue” dan “Coming Soon” pasti akan tetap saya perbaharui segera setelah saya mempelajari informasi tersebut.

Terima kasih🙂

92 thoughts on “Sedikit Imbauan

    • Tidak sesering biasanya, kan mungkin biasanya saya update 4 atau 5 artikel satu bulan, tapi mungkin bulan-bulan yang saya sebutkan itu updatenya hanya satu atau dua, tergantung itu punya dampak besar atau tidak🙂

  1. Dave, sahabatku. Aku mau ke Kota Bandung nich. Kemungkinan aku berangkat hari ini. Nanti aku pasti kasih tahu seputar TV Lokal di Bandung. Hehehehehe:D

    • Pas acara Beritasatu di SKYNINDO, ada 3 Logo sekaligus : Logo AORA di Pojok Kiri Atas, Logo Beritasatu dan SKYNINDO di Pojok Kiri Bawah, kalau di LBS TV Mix logo AORA ditutupi dengan logo LBS TV Mix dan logo SKYNINDO juga ditutupi dengan warna hitam.

    • Dibantu jelasin Apa Itu LBS TV MIX
      LBS TV MIX adalah TV Satelit FTA yang dimiliki Lejel Home Shopping. Acara Berita, LBS TV MIX “Mengadopsi” BeritaSatu News Channel Dari Skynindo. Acara Berita Yang di adopsi adalah Jurnal Pagi dan Prime Time BeritaSatu

      • Sekarang Beritasatu tidak hanya di TVKU Semarang, sekarang Beritasatu juga ada di Duta TV Banjarmasin. Tetapi kalau di Duta TV Banjarmasin logo AORA masih muncul. Duta TV di pojok kiri atas, AORA TV Satelit di pojok kanan atas.

    • Sekarang, Logo AORA di Beritasatu pindah ke pojok kanan atas. LBS TV Mix waktu relay Beritasatu tetap di pojok kiri atas tetapi logo AORA ditutupi dengan warna putih.

  2. Update: Logo Kompas menjadi horizontal kembali, dengan menampilkan nama acara yang sedang disiarkan (non-live) dan bergantian tampil dengan logo “Indonesia Satu” (khusus program berita). Kompas TV sekarang menggunakan tulisan “LIVE”, bukan “Langsung”

    • Karena di Satelit dan Live Streaming logo Kompas juga ada, logo Indonesia Satu gak muncul waktu program lokal.

      Tapi sayangnya pakai nama Live, kalau Langsung lebih “Inspirasi Indonesia”…

      Update dari Jakarta, Elshinta TV sudah bekerja sama dengan DW TV… Program Inovator dari DW TV sudah ada di Elshinta. Lalu ternyata MNC mau membangun MNC Broadcasting Centre di Kebon Jeruk. Komplek ini akan diisi oleh RCTI, Global TV dan MNC TV dengan Gedung yang terpisah, desain gedungnya keren deh…

      • Sekarang Yang Menggunakan Kata “LIVE” yaitu tvOne (Dulu “Langsung”), MNCTV (Dulu Tpi Pakai Kata “Langsung”), MetroTV, TransTV, antv, Trans 7 dan yang baru datang Kompas (TV). Kenapa Mereka Lebih Memilih Kata Bahasa Inggris Daripada Kata Bahasa Indonesia..??

      • Terima kasih updatenya tentang Elshinta TV🙂
        Untuk MNC Broadcasting Centre saya baru dengar. Kalau yang MNC News Centre sudah pernah dengar. Dua ini beda ya berarti?

  3. Tpi menurut aku desainnya lebih bagus sih yg sekarang,tpi gak ada ikon sinyalnya!!! Tpi klo siaran non live nya gak ada tulisan Indonesia Satu-nya dan ada tulisan nma programnya di bawah logo Kompas 🙂 jdi kya TV luar negri 😀

  4. UPDATE : Sekarang, KOMPAS sudah menampilkan nama program di pojok kanan atas logo KOMPAS. Ini televisi Indonesia yang kedua yang menampilkan nama program setelah Trans TV.

  5. Minta pendapatnya donk…
    Saya mau buat Newsticker yang akan saya taruh di YouTube, kira-kira pantas gak ya ? Lalu saya kan menggunakan Ratio 16:9, bagaimana supaya bisa pas dengan HP yang layarnya 3 Inch 240×320 Pixel?

  6. Eh. eh. eh… sebenernya klasifikasi penggolongan program dari KPI kyk R/BO, SU, D, efektif ga sih menurut kalian? padahal ‘penampakan’ si tanda R/BO itu kecil banget size nya, dan transparan pulaa…

    • gak juga sih, toh juga biarpun ada BO atau R bahkan A sekalipun siapapun bisa nonton mulai Anak smpai Dewasa, hehe.
      Apapun acaranya selama itu benar ya gk masalah, tapi untuk BO tetap harus ada karna anak juga perlu bimbingan dalam nonton TV

      • nahh gimana kejadiannya kalo si orangtua nya sendiri kagak tahu ada tanda klasifikasi program (R/BO)? malah kadang kemunculan si keterangan itu tuh gak disadari pas mereka nonton…

    • Ini penting, tapi peran aktif orang tua yang bisa buat itu jadi efektif. Seharusnya TV bisa “bebas” menayangkan apapun, karena filter terbaik adalah dari diri sendiri. Tapi untuk anak-anak ya harus orang tua yang bertindak. Masalahnya orang tua Indonesia terlalu bergantung ke pemerintah atau KPI dan tidak mau melindungi anaknya sendiri. Setuju juga sama Rey, BO itu harus ada. Di luar negeri malah hampir ngga ada klasifikasi berdasar umur, hampir semua PG (Parental Guidance) walaupun banyak juga program yang langsung menunjuk umur (12, 15, 18, tanpa diberi PG lagi).

      • Di tve Spanyol Pun Ada Muncul Tanda +12. Tapi di Malaysia, Tanda Klasifikasi Umur itu muncul pada awal acara, untuk disudut kanan bawah muncul tapi Cuma Sebentar

      • Di Semarang, TV Lokal yang ada R/BO hanya TVB (Kompas), tetapi kalau di Jogja ada di TVRI Jogja dan Jogja TV. Tetapi kalau di Jogja TV klasifikasinya SU-BO (Semua Umur dan Bimbingan Orang Tua)

    • Penempatan tulisan R-BO di TV Lokal di 8 Kota Besar : JAKARTA : Banten TV (Pojok kiri atas), B Channel (Pojok kanan atas), KTV (Pojok kanan bawah), O Channel (hanya tulisan BO di pojok kanan bawah), Jak TV (Pojok kanan bawah), tapi untuk Home Shopping di Jak TV (Pojok kiri bawah logo Jak TV) Da Ai (hanya waktu program Bumiku Satu hanya tulisan R di pojok kanan bawah)

    • BANDUNG : PJTV (pojok kanan bawah hampir mirip dengan R-BOnya MNC TV), STV (pojok kanan bawah), Bandung TV (pojok kanan bawah) SEMARANG : TVB (pojok kanan bawah) YOGYAKARTA : TVRI Jogja (pojok kanan bawah), Jogja TV (SU-BO, pojok kanan atas) SURABAYA : Surabaya TV (pojok kanan bawah) BALI : TVRI Bali (pojok kanan bawah), Bali TV (hanya BO di pojok kanan atas), Dewata TV (kadang pojok kanan bawah/kiri bawah), BMC TV (pojok kanan bawah) MEDAN : Deli TV (pojok kanan bawah)

      • Kharisma, khusus Deli TV kadang muncul klasifikasinya kadang nggak.
        Dave, sebenarnya mau nanya. Tadi saya nonton Disney Channel, promonya Bahasa Indonesia. Itu dari Jakarta atau nggak sih?

      • Di SKYNINDO, promo AXN dan KidsCo menggunakan Bahasa Indonesia. Kalau di SKYNINDO semua stasiun TV internasional juga menggunakan waktu WIB/THAILAND dan MALAYSIA/SINGAPORE (mirip WITA) kecuali FOX SPORTS hanya menggunakan waktu Malaysia/Singapura yang mirip WITA, Nickelodeon hanya menggunakan waktu Malaysia/Singapura yang mirip WITA, Nat Geo Wild hanya menggunakan waktu Malaysia/Singapura mirip WITA, waktu Arab Saudi dan Korea (mirip WIT), dan waktu India.

      • (Lanjutan) Outdoor Channel hanya menggunakan waktu Malaysia/Singapura (mirip WITA), Korea (mirip WIT) dan juga waktu Thailand (mirip WIB).

  7. Kalau di KOMPAS, yang ada tulisan R-BO hanya KTV Jakarta, STV Bandung, TVB Semarang, ATV Malang, Dewata TV Bali, Khatulistiwa TV Pontianak dan Makassar TV Makassar. Tapi kalau di Sindo TV yang ada R-BO hanya MGTV Magelang, BMC TV Bali, Deli TV Medan, dan KCTV Pontianak.

  8. Dave mau tanya, Sejak kapan TV lokal jaringan B Channel di kota2 brikut : Lampung, Balikpapan (TV Borneo), Kupang, Banjarmasin, dan Ambon berubah jadi B Channel murni bukan nama TV lokalnya lagi? (liat situs B Channel atau wiki)

    Lalu kalo dah gtu apa ada kmungkinan ndtv berubah jadi B Channel Malang?

      • oh dah lama. Akunya brarti baru tau. Haha. Tapi ak penasaran. Knapa kok d 4 tv d 4 kota tsb ganti nama? Apa itu trik B Channel supya bisa jadi TV NSional yg non jaringan lg?

    • Mulai 1 Januari tahun ini kalau ngga salah. Pernah dibahas di artikel sebelumnya. Kalau yang namanya berubah jadi B CHANNEL itu kalau ngga salah TV lokal yang baru semua, mungkin memang 100% dimiliki B CHANNEL
      Kalau ndtv ngga tau juga gimana, tapi kelihatannya ndtv itu sahamnya mayoritas sama B CHANNEL juga, ya bisa jadi suatu saat nanti berubah jadi B CHANNEL Malang hehe

  9. brarti klo smua TV jaringannya B CHANNEL ganti nama jdi B CHANNEL smua, berarti B CHANNEL udah mau jdi tv nasional donk bukan jdi tv berjaringan lgi…..????? 🙂

  10. Update : Tadi logo Kompas Surabaya ganti, kembali ke bentuk horizontal. Tapi, tulisan “Kompas”-nya jadi putih, nggak kayak dulu (dulu kan warna biru). Baru lihat pas streaming. Trims.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s