Tiga Platform Satu Waktu

18 April 2013 malam, saya di rumah menyaksikan atv Batu. Sedang ada siaran dari KOMPAS seperti biasanya. Malam itu, KOMPAS GRAMEDIA sedang menyelenggarakan Konser K-20 Spesial: Rossa.

Bukan karena label “spesial” yang membuat saya tertarik. Tapi memang saya ingin mendengarkan lagu-lagu dari Rossa malam itu. Tapi bukan berarti saya tidak mempelajari sesuatu juga ketika menyaksikan acara ini.

Pasti Anda mengerti ketika saya menuliskan sesuatu di blog ini, berarti ada sesuatu di balik penyiarannya. Untuk Konser K-20 Spesial ini memang ada yang ingin saya pelajari. Mengapa saya ingin mempelajari ini? Karena konser ini ditawarkan di 3 platform: TV, radio, dan streaming.

Kalau konser ini hanya disiarkan di TV, mungkin saya akan menonton saja tapi tidak menulisnya di sini. Tapi sekali lagi, 3 platform, memang menjadi sesuatu yang baru di Indonesia. Rasanya belum ada yang seperti ini.

Memang pada tahun 2006 kalau tidak salah, RCTI pernah menyiarkan ulang tahunnya tidak hanya di TV, tapi juga radio. Tidak hanya 1, tapi 160an radio di seluruh Indonesia. Pada tahun itu rasanya memang sudah sangat maju karena memang platform dalam jaringan belum seberkembang sekarang. Dulu platform dalam jaringan terkenal hanya untuk akses internet biasa saja. Live streaming belum meledak kala itu.

2013 ini, KOMPAS GRAMEDIA menawarkan sebuah konser di 3 platform. Saya putuskan untuk belajar. Kelakuan saya ini tidak berubah sejak 2006 lalu hehehe.

Konser ini di platform audio video KOMPAS, seperti siaran TV pada umumnya, dipotong oleh iklan. KOMPAS UPDATE juga tetap hadir. Jadi, konser yang saya saksikan di atv Batu ini saya anggap biasa saja.

Untuk radio, ini yang sedikit berbeda. Saya memantau siaran MOTION radio Jakarta dari aplikasi di HP saya. Untuk slot waktu off-air, diisi dengan lagu dan kadang ada juga insert atau iklan biasa. Saat on-air, di TV tidak ada apa-apa ketika peralihan pengisi acara, tapi untuk di radio penyiar masuk untuk memberitahu siapa penampil berikutnya, dan memang harusnya begitu, kan tidak ada gambarnya, hehehe.

Untuk streaming, ini yang baru. Ini bukan streaming TV, tapi streaming konser. Walaupun saya tidak secara langsung menyaksikan streaming, tapi dari kicauan akun twitter KOMPAS(TV) (harus saya tulis demikian karena KOMPASHD memiliki akun twitter tersendiri) saya bisa menyimpulkan bahwa kita bisa menyaksikan konser ini secara utuh. Di streaming, kita seakan sedang menyaksikan feed satelit yang mengirim gambar secara utuh tanpa terpotong iklan. Ketika TV iklan, dan radio memutar lagu sebagai pengisi waktu, di streaming kita bisa menyaksikan apa yang terjadi di tempat konser. Kebetulan saat saya mengamati twitter, sedang ada stand up comedy di panggung konser, ketika di saat yang bersamaan TV dan radio tidak menyiarkannya.

Sesungguhnya saya mengikuti konser ini di 2,5 platform, karena saya tidak menyaksikan secara langsung streaming konser itu, hanya mengamati dari twitter. Tapi pengalaman ini adalah pengalaman baru, dan terasa menyenangkan. Sama menyenangkannya seperti tahun 2006 dulu.

Suatu saat nanti ketika teknologi sudah lebih berkembang, mungkin konser seperti ini akan disiarkan di 4 platform. Apakah platform ke-4 itu? Ya, tunggu saja sampai teknologi berkembang lebih jauh lagi hehehe.

43 thoughts on “Tiga Platform Satu Waktu

  1. Hei,mas dave tadi aku kebetulan nonton k20 di ktv 28 UHF loh!kaget aku ama postingan yg pertama melihat tentang re-brand yg tadinya mntv Surabaya jd b channel Surabaya.Nanti di Malang gitu juga?

  2. wiiiih,keren donk K20 udah mau bikin awards!!!!!

    pdahal kan acara K20 bikinan KTV sma Kompas!!!!

    tpi K20 udah punya album kya MTV Indonesia dlu,dah gitu Konsernya keren banget!!! Di tunggu deh K20 awards nya 🙂 😉

    • K20 memang sudah ada album kompilasinya…
      K20 lebih bagus dari Dahsyat atau Inbox soalnya lebih interaktif (Twitter). Kalau Dahsyat sama Inbox terkadang juga suka ngatain2 orang, di K20 gak ada nih…

  3. iyya, kan K20 cuma muterin video clip doank,yaaa jdi hampir mirip MTV Ampuh waktu dlu kli ya!!!! 🙂

    klo MTV Indonesia msih ada,mungkin K20 bakal jdi saingannya MTV 🙂

    • Cuma aja K20 gak ada Hostnya seperti MTV Ampuh (Sekarang 100% Ampuh). Kalo dihidupkan lagi, justru MTV makin susah karena banyak saingannya dan tayangnya juga siang, kalau yang lain pagi hari sudah ada…

  4. K20 ada pengisi suaranya Aki Alexa

    klo MTV muterin video clip di siang hari mlah lebih bagus mas, mungkin banyak para remaja yg nonton MTV 🙂 (klo MTV msih ada)

  5. K20 sebenarnya bikinan mereka berdua (KTV dan Kompas) karena KTV dlu setahu saya dlunya adlah TV musik sebelum menjadi TV jaringannya Kompas 🙂

      • Ya, dulu itu namanya Komedi TV. Sebenarnya sebelum dibeli Kompas, namanya sudah diganti menjadi Ktv dengan logo yang sama pada hari ini (Font: Museo). Di Bekasi dulu sempat tertangkap, sinyal kurang bagus namun setelah dibeli Kompas, sudah mulai membaik.

        Dulu yang saya lihat di Ktv, ada program musik (Lupa namanya apa) dan ada program lain. Dan yang bikin saya kaget, Ktv pernah ada iklan minyak goreng Bim*li…

      • Kalau logo, saya kurang tahu namun sepertinya single colour karena tidak ada warna yang dibelah.
        Waktu sebelum dan saat siaran percobaan Kompas, Ktv di Bekasi masih hitam-putih karena sinyalnya sulit. Tapi masih diterima namu kalau diterpa hujan, hilanglah Ktv. Hingga saat ini, kalau hujan, masih susah mendapatkan Ktv dengan gambar yang bagus.

  6. betul mas,logo KTV dulunya warna biru semua

    dlu KTV acaranya (waktu masih KoMEDI TV) hanya musik dan acara komedi lawas dri PH KoMando production dan acara lawas TV7

    semenjak menjadi KTV acara komedinya jdi berkurang,dan acara musiknya makin eksis.

    salah satu acara musik dri KTV adalah KoMIK (Kompilasi Musik Indonesia Terbaik) yg memutarkan video clip band indie dan musisi terkenal di Indonesia 🙂

  7. Biasanya kalau di luar negeri, ada radio yang juga menyiarkan siaran bola selain TV dan streaming. Kalau di Indonesia agak jarang

  8. Oh ya, dulu Ktv (sebelum KOMPAS masuk) mengudara jam berapa hingga jam berapa? Waktu aku ke Bogor setahun yang lalu, Ktv hilang di sana karena pindah di Serang. Dan waktu aku ke Bandung pada akhir Maret, aku bangun jam 04:00. Kalau tv lain sedang siaran lokal (termasuk Ktv), logo KOMPAS sebelum horizontal itu K nya besar dan tulisan KOMPAS kecil. Dan aku ingat, kalau iklan logonya nggak transparan dan nggak animasi.

  9. dlu KTV sebelum gabung di Kompas tayangnya dri jam 16:00 – 24:00

    colorbarnya dri pagi sampe sore 🙂

    tpi pas msih jdi KomediTV megudaranya dri siang sampe tengah malam 🙂

    • Awalnya siarannya mulai jam 16.00, tapi akhirnya dimajukan jadi jam 15.00
      Waktu itu, pas colorbar ada logo Ktv (biru), dengan tulisan 28 UHF JABODETABEK dan kadang-kadang suaranya direlay dari Radio Sonora atau gak Motion Radio

      • Yang saya ingat dari Ktv sebelum ada Kompas, dulu ternyata Kompas sudah mengiklankan Kompas TV di Ktv dan waktu siaran percobaan (kalau tidak salah) logo Ktv itu ada di Kanan bawah, namun karena dianggap memperkecil identitas TV Lokal akhirnya dipindahkan ke pojok kiri atas.

        Cerita Kompas:
        Dulu saya pernah baca Koran Kompas dan memang sudah ada iklan Kompas TV yang berisi Selamat Menunaikan Ibadah Puasa atau Lebaran (Saya lupa, namun diantara 2 itu). Setelah lihat iklan itu, saya langsung cari Kompas di TV dan tidak ada. Tahu-tahu ada kabar kalau Kompas akan diluncurkan pada 9-9-2011 dan beberapa waktu kemudian ada iklan Kompas TV di Radio Sonora. Saya search di internet, saya lihat Kompas akan siaran di 28 UHF. Ternyata saya baru tahu kalau Kompas akan tayang di Ktv beberapa waktu kemudian setelah saya membaca info itu. Namun sayangnya, waktu itu Ktv di Bekasi jelek gambarnya namun setelah dimasuki Kompas TV, jadi lebih bagus. (Jadi Cerita nih, gak kenapa-napa kan Dave?🙂

  10. Sebetulnya, Konser K20 Spesial sama saja. Siarannya “tiga platform satu waktu” (Kompas, Radio Sonora, dan Radio Motion).

    Update : LPP TVRI Sumut sekarang punya banner baru untuk program berita (Sumut 45). Trims.

  11. Oh iya waktu ktv belum gabung sama KOMPAS,acara KOmik(Kompilasi musik indonesia) dipandu oleh Linda Pamela setau aku ya.

  12. betul tuh mas ardi 🙂

    sya juga inget waktu dlu klo gak salah pas Kompas msih siaran percobaan di KTV, promo iklanya Kompas ada di RCTI, dengan tulisan “KompasTV segera!” 🙂

    • Satu lagi, waktu Kompas sudah resmi bersiaran, Kompas dapat ucapan selamat dari Dirut Metro TV (Pakai seragam Metro loh) dan menyebut Kompas TV, Inspirasi Indonesia… Ucapan selamat ini ada di siaran Kompas hanya saja ditaruhb di iklan

  13. iyya aku jga pernah liat ucapan selamat dari pak Karni Iliyas (tvOne)

    trus dlujga ada promo iklannya Kompas di RCTI waktu masih siaran percobaan 🙂

    • Hah? Kompas masang iklan di RCTI? Kenapa gak di TransCorp aja? Kan ada Saudara tua-nya alias Trans7.

      Wah, kalo Pak Karni Ilyas masih di SCTV nih, mungkin SCTV masih megang piala PGA dan beritanya masih sangat Tajam.

  14. yaaa,aku jga bingung???

    kok Kompas masang iklan di RCTI pas Kompas msih siaran percobaan???

    iklannya waktu itu dah jdi Station ID sekarang,yg kapal laut itu 🙂

    trus sya jga liat waktu Kompas msih siaran percobaan di kasih ucapan selamat sma Walikota Makassar (klo gak salah) 🙂

  15. Itu juga ada di “Good Morning Hard Rockers” yang ada di SBO TV dan pemilik acara (Hard Rock FM Surabaya). Saat di SBO TV iklan, di Hard Rock FM Surabaya diisi lagu selama saat SBO TV iklan. Namanya juga 2 platfrom.

Leave a Reply

