NET TV, Siaran HD yang (Nampaknya) akan Menggunakan Safe Area

Kita telah melihat beberapa preview program dari NET yang sudah dipasang di YouTube. Semuanya HD. Pertanyaan yang muncul berikutnya adalah: bagaimana format siaran SDnya?

Melihat logo yang dipasang bergantian dengan logo TV ANAK spacetoon sekarang ini, saya menduga bahwa NET akan mengudara dengan format 4:3 stretch. NET menggunakan titik berbentuk lingkaran, sedangkan logo yang dipasang bergantian dengan TV ANAK spacetoon titiknya berbentuk lonjong. Hal ini menjadi indikasi bagi saya bahwa NET akan mengudara dalam format 4:3 strecth.

Namun, melihat video yang diunggah di YouTube, hampir semuanya menggunakan safe area. Saya tidak mengatakan 100% safe area karena saya melihat beberapa tulisan dipasang di luar safe area 4:3. Saya merasa bahwa NET lebih pas untuk menggunakan safe area 14:9 dengan desain yang seperti itu, karena saya yakin jika menggunakan TV tabung biasa, beberapa desain akan terpotong di sisi kiri dan kanannya.

Kamis malam 16 Mei 2013, Malang 58 UHF (frekuensi TV ANAK spacetoon MALANG saat ini) seakan “membocorkan” rencana NET dalam hal tampilan layar. Pemancar yang ada di Jl. Kebon Apel 16 Batu itu baru dimatikan pukul 1.24 WIB Jumat pagi. Dari color bar yang ada pada pukul 10.45 malam WIB, saya mendeteksi bahwa siaran NET akan menggunakan 4:3 safe area, terlihat dari color bar EBU yang muncul hanya warna kuning, biru muda, hijau muda, merah muda keunguan, merah, dan biru saja. Sedangkan putih dan hitamnya tidak muncul.

Mendekati hingga melewati tengah malam, yang tersiar di Malang 58 UHF hanyalah layar berwarna putih buram, dengan suara yang berasal dari video showreel yang pernah diunggah di YouTube tapi sudah dihapus. Beberapa saat kemudian muncul 2 lagu dari Raisa yang diputar berulang-ulang, sebelum akhirnya muncul color bar TV ANAK Spacetoon dengan tone, dan kemudian pemancar mati pada pukul 1.24 pagi WIB.

Kita lihat mana yang akan digunakan oleh NET untuk siarannya, 4:3 stretch atau 4:3 safe area. Tapi, bagi saya, dengan desain yang ada di YouTube, yang terbaik adalah 14:9 safe area, seperti kebanyakan channel SD yang ada di TV berbayar.

37 thoughts on “NET TV, Siaran HD yang (Nampaknya) akan Menggunakan Safe Area

    • 4:3 Safe Area : Dari gambar HD 16:9, diambil area SD (12:9) dari tengah. Jadi, sebagian gambar di sisi kiri dan kanan pada siaran HD nggak kelihatan di SD. Metode ini digunakan oleh MNCTV/GlobalTV saat menyiarkan Liga Inggris
      4:3 Stretch : Gambar 16:9 dimepetkan sehingga gambarnya berukuran 12:9 dan seluruh bagian gambarnya kelihatan. Metode ini dipakai oleh Kompas TV dan Berita Satu
      14:9 : Hampir sama dengan 4:3 Safe Area, cuma area yang diambil 14:9. Mungkin seandainya NET. menggunakan cara ini setelah diambil safe areanya distretch agar berukuran 12:9

      Ket: 12:9 = 4:3

      • Yang dimaksud gambar konten atau desain ya?
        Kalau desain semua ditengahkan karena pakai safe area. Dulu awalnya pakai safe area 14:9, terlihat bagus, sempurna, dalam artian semua tulisannya terbaca. Sekarang pakai safe area 4:3, logonya AlJazeera English kepotong di kiri, kadang tulisannya kepotong juga di kanan kalau terlalu panjang headlinenya
        Nah, kalau konten, memang sensor internasional lebih longgar malah cenderung tidak ada, yang penting etika secara internasionalnya dapat. Jadi kalau tidak disensor, sudah biasa. Tapi biasanya penyiarnya bilang “this content containing disturbing image” jadi buat yang “ngga tahan” melihat gambar semacam itu, biasanya hanya mendengar suaranya saja karena sudah tahu gambarnya akan “cukup mengganggu”

  1. kalo di jkt semalem jam 11 lewat aja udah color bar. jam 12 an color bar nya pake lagu lagu instrumen akustikan aja gitu. padahal hari sebelumnya color bar nya ditengahnya dikasih logo space toon..

  2. Biasanya color bar di Net TV Surabaya, itu dari Jakarta. Karena ada tulisan “Channel 27 UHF” + logo Spacetoon di tengah. Pemancarnya mati jam 23:00 WIB (pas baru beberapa detik color bar). Di Jakarta apakah sama nich?

  3. Sebenarnya di kasih nama X Sport gitu.
    Update : Kini, ketika jelang/sesudah iklan di Spacetoon mulai hari ini nggak pakai “Kami akan/ dan kembali”. Maksudku Kami akan kembali dan Kami kembali. Besok aku bisa liat acara-acara Net TV di Spacetoon Surabaya.

  4. Bisakah kita ucapkan selamat tinggal spacetoon sekarang ini? Atau kecepetan? :3

    Kalo 4:3 safe area, berarti modelny sama kyk Cartoon Network
    Gak enak ngliatnya banyak yg kpotong2

  5. Tweetnya Indonesia Morning Show berkata “jangan lupa saksikan tayang perdana kami Indonesia Morning Show besok jam 06.00-8.30 WIB di NET (eks spacetoon channel)”

    Sudah eks ngomongnya…

  6. Oiya, tadi kyknya NET. udah siaran percobaan, logo NET. di pojok kanan atas sedangkan di pojok kiri atas ada tulisan “Siaran Percobaan” dgn disampingnya ada gambar mirip sinyal WiFi. Tp tadi tulisan siaran percobaanya ketutup logo Alam TV (tv lokal Bali yg merelay)

  7. Untung kata-kata “Beberapa saat kemudian, muncul 2 lagu-lagu dari Raisa yang diputar berulang-ulang”, kamu tulis di sini. Kebetulan aku senang Raisa hehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s