Hari Pertama, NET Gunakan Safe Area 4:3

NET. akhirnya mengudara dengan menghilangkan sama sekali jejak dari spacetoon mulai Sabtu 18 Mei 2013 ini. Logo TV ANAK spacetoon di kiri menghilang, berganti dengan logo NET. di kanan. Yang ada di kiri kini adalah tulisan “SIARAN PERCOBAAN” dengan animasi pancaran sinyal.

Kita sudah mengetahui NET. bersiaran dengan format HD 16:9, sedangkan infrastruktur yang dimiliki saat ini merupakan semua aset “mantan” spacetoon yang bersiaran pada format SD 4:3. Ternyata, NET. meneruskan format penyiaran SD 4:3 tersebut dengan mengambil safe area 4:3, seperti yang beberapa teman perkirakan di sini. Namun, perkiraan saya juga terjadi.

Seperti yang saya tulis sebelumnya di artikel tentang NET., desain yang digunakan NET. terpotong di kiri dan kanannya. Bahkan logonya saja terpotong, titik di logo NET. tidak nampak, bahkan huruf T di logo NET hanya terlihat separuhnya saja.

Saat saya menulis ini sedang tayang NET 12. Banner NET ini menampilkan jam. Sayang jamnya terpotong, di televisi yang saya gunakan hanya terlihat menit dan detiknya, jamnya tidak. Di set televisi yang lebih jadul lagi mungkin hanya terlihat detiknya saja, dan logo yang terlihat hanya “NE” tanpa huruf T dan titik.

Dari uji cobanya hari ini, mudah-mudahan format dimensi siaran NET. diubah jadi 14:9, seperti ketika TRANS TV menyiarkan Liga Spanyol. Dengan begitu, desain NET. tidak akan terlihat aneh karena terpotong. Solusi lain yang mungkin bisa dipakai adalah melakukan sedikit lagi pengubahan desain sehingga tidak ada yang terpotong ketika tampil di televisi berdimensi 4:3.

Sedikit tambahan: di pojok kanan bawah, nampaknya ada klasifikasi program. Begitu tipis, hingga hampir tidak nampak

53 thoughts on “Hari Pertama, NET Gunakan Safe Area 4:3

  1. -Ternyata NET. beneran live streaming di YouTube, seperti yang dijelaskan di sampulnya.
    -Di tempat saya yang tidak kelihatan hanya huruf P pada “PERCOBAAN”, dan seperti yang Kak Dave katakan, tulisan jam nya nggak kelihatan full
    -Ketika menyiarkan kartun, NET. HD tidak men-stretch kartunnya, tetapi membiarkan ukuran kartun tersebut.

  2. Ya. Sama seperti di rumahku (di kamar). Tulisan P nya gak terlihat, jam di Net 12 aja, tidak terlihat full gitu. Tadi pemancarnya Net TV di Surabaya telat nyalain. Lagipula, nggak ada “Surabaya” di bawah logonya Net TV.

  3. Salam kenal semua…..

    Akhirnya bisa melihat Net TV mengudara meskipun “status”-nya masih siaran percobaan, meskipun di awal siaran suaranya sedikit “kresek-kresek” ketika menyiarkan kartun Kobochan (sekitar jam 5 pagi), tetapi sudah mulai ada perbaikan setelahnya (kualitas suaranya menjadi lebih baik). Penerimaan gambarnya juga cukup bagus, dengan kata lain gambarnya cukup jernih / jelas dilihat🙂

      • Salam kenal mas Dave…. posisi saya di Tangerang.

        Sejauh ini saya melihat bahwa acara-acara yang ditayangkan di NET. cukup bagus. Mengenai logo, huruf NET-nya terlihat jelas, tetapi pada bagian titiknya terpotong setengah, jadinya nggak full.

  4. DN1 Quotes:
    “Bahkan logonya saja terpotong, titik di logo NET. tidak nampak, bahkan huruf T di logo NET hanya terlihat separuhnya saja.”
    mungkin Dave nontonnya lewat tv tabung yang cembung sekali.kalau saya mah pakai tv tabung 21″ yang tidak terlalu cembung jadi kelihatannya agak datar.padahal di tv aku bagian logo NET. yang terpotong hanya titik saja.titiknya hanya setengah.atau,mungkin hanya terjadi di NET. malang.di jakarta hanya setengah titik saja yang terpotong

  5. Di TV saya malah banyak banget daerah gambar yang terpotong
    berarti jam di NET.12 itu di tv saya cuma kelihatan menit dan detiknya aja, saya kira jamnya ngacak😀

  6. Di NET. 17, Jamnya sudah tidak ngawur lagi walaupun wakttu NET. 17 mulai sempat ngawur. NET. 17 juga ada laporan langsungnya, cuma reporternya belum pakai seragam dan Mic dengan logo NET.

      • Kurang greget beritanya, kemarin sempat lihat NET. 24, kurang begitu deh sama pesaingnya dijam yang sama yaitu Kabar Malam tvOne dan Top News Metro TV.

        Tapi ya namanya juga Percobaan, nanti kalau sudah dilaunching pasti lebih baik. Overall, Studio News NET. Lumayan juga, backgroundnya mirip-mirip Liputan 6 yaitu background ruang redaksi.

        Ngomong-ngomong, pas ngeliat credit title program NET. pas sudah habis, yang dibawah Pak Wishnutama itu kayaknya pernah ada di Trans TV juga deh. Namanya Roan Y apa gitu (lupa belakangnya).

      • Kelihatannya memang pilihan berita di luar NET 17 sangat enteng, lebih banyak ke soft news. DI NET 17 pilihan beritanya lumayan enteng
        Studionya lumayan keren, mirip-mirip juga sama SUN TV dulu
        Iya, banyak karyawan TRANS TV atau TRANS 7 yang pindah ke NET. sejak Wishnutama ada di sana. Dulu waktu Wishnutama keluar, semuanya masih bertahan. Begitu tahu Wishnutama di NET., langsung nyusul semuanya

  7. Update FB Net Mediatama: Buat kamu yg masih bingung dengan NET. Channel, silahkan liat di EX Spacetoon Channel.

    Di FB NET. ternyata banyak yang tidak ingin kartun-kartun Spacetoon hilang, namun akhirnya NET. memberikan informasi seputar beberapa kartun-kartun Spacetoon yang hadir di NET. kepada penonton yang tidak tahu bahwa ada kartun Spacetoon di NET. Playground

  8. Beneran juga. Color bar di Net TV Surabaya hanya kuning, biru muda,hijau, merah muda keunguan, merah, dan biru tua aja. Karena tadi lihat color bar Net. jam 04:00-04:57.

  9. Sekarang tulisan “Siaran Percobaan” dan logo NET. posisinya diturunin, Dan logo “7 Hari Lagi” menjadi kecil disesuaikan dengan logo NET.

    Mungkin kemarin sebagian area di atas dan bawah dipotong oleh pihak NET., sekarang sudah tidak terpotong lagi. Jadi logonya terlihat lebih proporsional.

    Tapi huruf P dari “Siaran Percobaan” masih nggak terlihat, panjang areanya sama aja.

    Dan sekarang IMS juga mengambil perkiraan cuaca di luar negeri. Terbukti ada kota Seoul dan Singapura.

  10. Liputan6.com lagi sering liput Artis mengenai kesan-kesan menonton Liputan 6.
    Ada apa ya di ulang tahun Liputan 6 ke 17 pada esok hari, 20 Mei 2013? Di Liputan 6 juga sudah muncul promo 20 Mei.

  11. Nggak tau tuh. Lalu, menurutku promo “Grand Launching Net TV” yang durasinya 2:01 tersebut jadi Station ID hehe😀.

  12. Selain prakiraan cuaca di Seoul dan Singapura, Indonesia Morning Show juga menayangkan prakiraan cuaca di Hongkong, Sydney, dan Yogyakarta (padahal di Jogja kalau mau nonton NET. juga harus pakai parabola.)

  13. Pingback: Siaran Percobaan « Soulful Dreamer

  14. Di kediri siaran percbaan NET ch 27 gambar banyak semut, kpan ya daya pancar dtambah?, gak sbar pngin liat grand launcng tgl 26

  15. Tadi sekitar jam 15:30 WIB, aku lihat “Kobochan” di rumah. Tadi selama acara tersebut, tidak ada logo Net TV dan “Siaran Percobaan” sampai jam 16:00 WIB.

  16. Di layar tv aq d sby kuq tulisan ‘NET.’ aman2 aj..engg ada yg kpotong..anw NET. Tv ini bkal jd tv swasta nasional kah??bukanny udh g bole ya??
    Fren ,info dunk…di Kediri dan skitarny NET. bisa ditangkap engg siaranny

    • Berarti kemungkinan sinyalnya sebentar lagi setara TV lain. Mudah-mudahan sampai ke Pare Kediri juga yang dari Surabaya itu. Masa kalah sama SBO TV, TV9, arek TELEVISI, MHTV…

      • kalo ke pare yg arektv
        kemungkinan susah dave, karna
        sctv madiun 48uhf yg dari dulu
        tumpang tindih dg arektv
        sekarang powernya ditambah,
        dijmbg aja arektv parah bgt
        gambarnya.
        dpet kbar juga kalo banyak
        warga trenggalek yg
        mengeluhkan kbradaan jtv
        t.galek gambarnya tumpang
        tindih dg transtv madiun (50uhf)
        sama halnya dg jtv kediri 29uhf
        yg bergelmbang globaltv madiun.

  17. kalo ke pare yg arektv kemungkinan susah dave, karna sctv madiun 48uhf yg dari dulu tumpang tindih dg arektv sekarang powernya ditambah, dijmbg aja arektv parah bgt gambarnya.

    dpet kbar juga kalo banyak warga trenggalek yg mengeluhkan kbradaan jtv t.galek gambarnya tumpang tindih dg transtv madiun (50uhf) sama halnya dg jtv kediri 29uhf yg bergelmbang globaltv madiun.

  18. Update : website Spacetoon (www.spacetoon.co.id) masih aktif nih. Di TelkomVision, NET. juga ada, tapi disebut Preview Channel 2 (ch.111), kalo Preview Channel 1 (ch. 101) itu Comedy Central.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s