NET. (Nampaknya) Tidak Miliki Konsep Siaran Berjaringan

Mudah-mudahan yang saya tulis salah. Sampai saya menulis artikel ini, 3 hari sebelum grand launching, saya belum melihat “simulasi” siaran lokal dari NET. yang sudah mulai mengudara sejak 18 Mei 2013. Hal ini berbanding terbalik dengan apa yang telah dilakukan oleh TV ANAK spacetoon dulu. Padahal, saat ini NET. menggunakan warisan spacetoon.

Dulu, walaupun saya jarang menonton secara spesifik, saya mengetahui spacetoon memiliki siaran lokal. Komitmen kelokalan ini juga ditunjukkan dengan penayangan adzan Maghrib sesuai wilayah dan pemotongan adzan Maghrib di wilayah lain ketika Jakarta memasuki waktu salat Maghrib. Bahkan, sekalipun sedang me-relay siaran dari Jakarta, di tiap wilayah tetap dibubuhkan nama daerah utama wilayah tersebut (TV ANAK spacetoon MALANG walaupun pemancarnya di Kota Batu, misalnya).

Sejak diambil alih oleh NET., tidak ada lagi siaran lokal. Adzan Maghrib di lokal Kota Malang juga tidak ada, dan adzan Jakarta malah terdengar sampai Malang. Label nama kota pun hilang dari layar.

Informasi terbaru dari teman-teman juga membuat saya sedikit bingung. ALAM TV di Bali kini menghilangkan logonya dan akhirnya hanya logo NET. yang terpampang di layar kaca. Informasi terakhir malah seakan mengindikasi saya bahwa ALAM TV Bali akan menjadi bagian dari NET. secara utuh, tapi mudah-mudahan apa yang saya perkirakan ini salah.

Sekali lagi mudah-mudahan apa yang saya tulis ini salah. Mudah-mudahan setelah grand launching berlalu, NET. mulai menyiarkan siaran lokal. Kalau pun memang akhirnya tidak ada siaran lokal, saya berharap NET. segera menyiapkan siaran lokal, karena namanya saja NET, mestinya bisa melakukan siaran berjaringan alias NETworking broadcast.

34 thoughts on “NET. (Nampaknya) Tidak Miliki Konsep Siaran Berjaringan

  1. Justru sekarang ini logonya muncul lagi. Awalnya, tadi mulai pukul 13.54 WITA tiba-tiba muncul lagi logonya Alam TV tapi sedikit kebawah tulisan “SIARAN SIMULASI” dan lebih kecil eh, tiba-tiba naik ke atas jadi nutupin tulisan tsb.

  2. mungkin NET. pengen jadi tv nasional.sama kayak b channel sama kompas.Tapi kalau karena Dave maunya jadi tv berjaringan sesuai namanya ya jadi tv berjaringan.tapi kalau kamu bilang namanya NET mestinya bisa melakukan siaran berjaringan alias NETworking broadcast tapi berlakunya seperti tv nasional seperti rcti,trans,antv,sctv,dll mending namanya dibalik jadi TEN. Jadinya tv sepuluh (TV10) dong!😀

  3. Di Surabaya juga sama. Penting kita ingin diisi siaran lokal, supaya mendapat informasi terbaru. Kalau sebelum ada Net TV, Spacetoon Surabaya juga diisi siaran lokal kalau Jakarta sedang maghrib, terus “Kids Center” hari Sabtu jam 13:30 WIB. Tapi ada juga siaran lokal ketika di Spacetoon Jakarta lagi gangguan teknis.

  4. Di Jakarta aja tidak ada siaran lokal. Tapi kenapa Breakout dipotong saja ya untuk program lokal. Acara Breakout itu kesannya seperti waktu istirahat bersiaran untuk NET.

    OOT Ask: Ada yang tahu gak jenis font yang digunakan di logo Liputan6? Mau download nih…

  5. OOT : gimana cara buat yang kaya dibawah program berita yang biasanya ada nama penyiar (lupa namanya apa) biar bisa ditambahkan ke video?

    Aduh, maaf sekali ya pertanyaannya belepotan, udh itu OOT lg..🙂

  6. Harusnya Net TV lokal ini sebenarnya ada maghribnya di daerah tertentu. Tapi, kalau resmi Net TV mengudara, enaknya diberi siaran lokal. Dan saat maghrib di Jakarta, dan jam siaran lokal nanti Net TV di biro (pas iklan). diisi iklan promo (baik lokal maupun nasional). Contohnya di Net TV Surabaya ada siaran lokal setiap hari jam 22:00-24:00 WIB. Tapi promo “Music Everywhere” di copy-paste juga masuk ke siaran lokal (Kayak MHTV Surabaya, walau jam 11:00 WIB siaran lokal, iklan Sindo @ Noon juga ada).

    Semoga gak ada, iklan klinik pengobatan.

  7. Yang pasti harusnya ada adzan maghrib
    Tapi alangkah baiknya ditambah program berita perprovinsi (Misalnya di Jatim, Surabaya, Malang, Jember, dan Kediri satu program berita). Yang bagus itu pas pagi-pagi (4:30 WIB). Kan NET. nggak punya acara berita pagi hari😉

  8. Barusan, aku nyoba Live Streaming-nya NET. di Laptop, lalu coba connect-in ke HDMI ku. Pas kucoba Full, jadi lah tampilan NET. HD tapi pas coba ku WideZoom jadilah NET. 4:3.

  9. Kemarin Minggu aku nonton Grand Launching NET. selesai jam 22.00 WIB/23.00 WITA (untuk wilayah Bali). Lagu terakhirnya adalah Call Me Maybe lagunya Carly Rae Jepsen dan mashup. Kebetulan sekarang Grand Launching NET. sudah ada di Youtube.

  10. Kalau aku sih, siaran lokal Net TV Surabaya dimulai pas acara siaran ulang. Bisa saja, siaran lokalnya selama sign off di satu daerah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s