Grand Launching NET.

Pada tanggal 26 Mei 2013, NET. (yang pada akhirnya kita ketahui merupakan singkatan dari News and Entertainment Television) melakukan grand launching setelah melakukan siaran percobaan atau siaran simulasi atau apapun lah namanya selama kurang lebih 8 hari. Menjawab pertanyaan mengapa berganti menjadi siaran simulasi, sebenarnya mudah. Menurut undang-undang, televisi yang melakukan siaran percobaan dilarang menerima iklan komersil. Selama masih berlabel siaran percobaan, memang NET. bersih dari iklan komersil. Tapi semenjak berubah menjadi siaran simulasi, ada iklan konser Carly Rae Jepsen, iklan komersil pertama di NET.

Yang harus diingat, menurut undang-undang, siaran percobaan yang benar seharusnya berlangsung minimal satu tahun untuk televisi.

Sayangnya saya tidak bisa menyaksikan secara penuh acara grand launching ini. Untungnya ada siaran ulang dari grand launching tersebut. Saya bisa melihat bagaimana awal dari grand launching Minggu lalu.

Secara umum, saya melihat konser ini adalah konser yang benar-benar grand alias besar. Panggungnya besar, tata panggung luar biasa, pencahayaan yang semarak, dengan dua artis internasional. Sayangnya, saya merasa walaupun konsepnya matang, tapi pembatasan iklan dan program justru tidak jelas, sehingga sedikit memperburuk on-air presentationnya. Apalagi di akhir acara, grand launching ini berakhir begitu saja.

Sedikit gambar yang saya dapat ketika grand launching saya saksikan live.

20130602 Grand Launching NET. P01

20130602 Grand Launching NET. P02

20130602 Grand Launching NET. P03

20130602 Grand Launching NET. P04

20130602 Grand Launching NET. P05

20130602 Grand Launching NET. P06

Dua pria radio yang diberi acara sendiri di NET., The Comment. Acaranya sendiri agak sedikit mirip dengan The Dandees (Darto dan Danang di Sore Hari) Prambors. Rasanya seperti acara radio yang diberi gambar

20130602 Grand Launching NET. P07

20130602 Grand Launching NET. P08

20130602 Grand Launching NET. P09

Posting fotonya cewek cantik gapapa dong hehe

20130602 Grand Launching NET. P10

20130602 Grand Launching NET. P11

20130602 Grand Launching NET. P12

Credit title, sudah 4:3 center cut (istilah baru, saya baru belajar dari Mb Dian hehe)

20130602 Grand Launching NET. P13

Dan sedikit gambar dari re-run. Akhirnya saya bisa tahu apa yang disampaikan presiden dalam sambutannya.

20130602 Grand Launching NET. P14

Sejarah televisi, bersama host acara Grand Launching NET. Reza Rahadian

20130602 Grand Launching NET. P15

20130602 Grand Launching NET. P16

20130602 Grand Launching NET. P17

118 thoughts on “Grand Launching NET.

  1. Yap ak barusan nntn tadi. Benar2 luar biasa . Para penampilnya juga luar biasa. Baik yg udah senior atau new comers aku rasa smua berkualitas. Oh ya g diselipin jga pas hatori, kobo chan, sm code lyoko cs debat masalah net? hehe
    pas bagian nostalgia tv itu yg paling kusuka. Karena kesannya tidak memihak TV manapun. Jadi smua Tv seacaranya disebutin. Namun, knapa spacetoon g d bahas ya? hehe
    Overall, aku sm kluargaku menilai ini luar biasa😀

  2. NET. yang katanya sudah ada di FirstMedia channel 16 (channel 304 untuk HD-nya), kemarin saya cari kok belum ketemu ya? Ataukah itu masih tersedia hanya untuk pelanggan FirstMedia wilayah jakarta saja, sementara untuk Surabaya belum tersedia?

  3. Tdi mlam di ADITV Jogja ada Rerun launching NET. apkah NET. akn sperti KOMPAS di RBTV Jogja? atw kanalny akn dibeli NET?

  4. Tentang sejarah televisi itu di studio Entertainment News Net TV. Aku juga lihat launching Net TV pada perjalanan pulang dari Jogja (lihat streaming Mivo TV di Android. Sayang, pukul 20:38 WIB, aku ketiduran. Yang nyetir mobil bukan aku tapi keponakan).

  5. PAGI ini MNC grup di Surabaya terpantau lagi bersiaran secara digital. Masih sama, selain tetap berada di 634 MHz, RCTI, MNCTV dan GlobalTV masing-masing bersiaran di dua saluran. Tapi dengan kualitas sinyal yang hanya di bawah 25% (catatan: jarak rumah saya dengan pemancar RCTI di Surabaya Barat hanya sekitar 10 km.), saya kira sementara ini pemancar MNC grup hanya memakai power yang tak seberapa.

    Yang kualitas sinyalnya masih konstan di atas 90%, selain TVRI, adalah TVOne (termasuk ANTV) dan TransTV (termasuk Trans|7 dan Kompas yang memakai Mux yang sama).

  6. Update: Ternyata promo Net Toons di NET. tidak selalu tayang di acara kartun Net Toons. Buktinya aja ada iklannya pas di Net 12 dan Sarah Sechan Show.
    Eh iya, gimana kalau siaran lokal Net TV dimulai pukul 05:00 WIB – 06:00 WIB? Kan gak ada promo Net Toons Pagi.

  7. Kalau aku semenjak kehadiran Net TV dari promo “Music Everywhere” dan mashup launching Net TV.

    Update: Sekarang logo TVRI Nasional tak pakai “Nasional”

  8. Update: Logo Di TVRI Menghilangkan kata ” Nasional” , Logo TVRI Menjadi Besar ,dan menjorok kebawah.
    Dan Tulisan Jam yang di Kiri bawah agak menjorok ke kiri.
    Apakah TVRI Benar sudah HD?
    Rasio 16:9?

  9. Update OOT : DOGs BERITASATU Sudah Ada Pada Saat IKLAN Program
    Warna’nya Abu-Abu

    Tolong Dikoreksi Jika Ada Yang SALAH

  10. ACARA Push Meong di TVRI tadi, operatornya asal potong, tidak pas di jeda segmen, menjadikannya kurang nyaman dinikmati. Padahal talk show yang digawangi duet Slamet Rahardjo dan Arswendo Atmowiloto itu terbilang lumayanlah kemasannya.

  11. Aku juga lihat pas testcard TVRI Nasional.

    Update: Di Wikipedia, katanya BBS TV berganti nama menjadi Berita Satu TV Surabaya, nich. Tapi kok tidak berganti nama? Atau memang mereka relay seperti di TVKU Semarang?

  12. Wah gak tahu, nich. Sebabnya setelah pulang sholat Jum’at aku tidur karena capek. Berangkatnya aja setelah aku nulis “Jadi nanti TelkomVision ganti logo” di komputer. Paling juga ada di NET.17 kok😀

    • Oh ya? Wah, berita baru ini. Teman-teman Jakarta ada yang menangkap spacetoon di channel 30? Mestinya dipublikasi juga di website spacetoon kalau memang frekuensi resmi

  13. UPDATE: RCTI saat menyiarkan pertandingan persahabatan antara belanda dgn indonesia DOS untuk waktu dan scorenya kepotong

    Apa itu dah HD yah apa sengaja?atau cuma di terestial?

  14. Ada Yang Tau Font Apa Yang Digunakan Oleh Stasiun TV dan Content Provider Berikut
    – Tulisan “Seputar Indonesia” Pada OBB Seputar Indonesia Sekarang
    – Banner KOMPAS NEWS
    – Tulisan “Inspirasi Indonesia” dan “TV” Pada Iklan Program KOMPAS (TV)
    – Tulisan “FOKUS” Pada OBB Fokus Sekarang
    – Tulisan “NET. ” Pada Iklan Program NET.

    Sorry Banyak Nanya, Karna Ingin Download Font-Font Baru Untuk MS Office

  15. Tadi siang aku juga dpt Spacetoon di ch.30 UHF.Di Kab.Tangerang kualitas gambarnya agak jelek sedikit jika menggunakan hp yg ada tivinya.Mengudara pkl.11:00 WIB hingga pkl.17:30 WIB.Jadwal acara di Spacetoon yg ditayangkan di ch.30 UHF gak cocok sama jadwal acara di website.

  16. Terus logo TV lokalnya B Channel apa pindah ke kiri atas lagi? Lalu logo B Channel Surabaya jika Ligue 1 sepertinya di kanan atas😀.

    Update: Iklan promo program NET. sekarang ganti semua (kecuali “Indonesia Bagus”. Hanya di promo ini cuma kata – kata).

  17. ini mah cuma nge-relay mas!!! TV-M nge-relay SpaceToon🙂

    gambarnya hampir gak keliatan!!! Dan juga aku baru tau TV-M 🙂 kirain aku TVM nya RCTI 😀 hehe😀

      • Salam kenal mas Harwan (maaf ya kalau salah sebut). Mengenai Spacetoon di TV-M sepertinya memang cuma relai mas, saya saja baru tahu kalau tv tersebut mengudara kembali.

        Teman-teman, ada yang tahu nggak kapan TV-M ini mengudara kembali ? Tahun ini apa udah lama ? Terus acara-acaranya 100 % relai dari Spacetoon apa nggak ? Maksudnya mereka jg punya acara sendiri gitu, soalnya setahuku tv ini dulunya cuma muterin lagu-lagu (video klip), nayangin (semacam) infotainment yang beritanya diambil dari program infotainment lain, terus konten beritanya (hardnews) juga sedikit bahkan jarang sih kalau saya bilang.

        Oh ya, sy pernah diceritain kalau TV-M ini dulu kantornya di salah satu perumahan di domisili / wilayah tempat saya tinggal (Tangerang), namanya perumahan B****a, tapi sekarang saya sudah nggak tahu lagi apakah stasiun televisi tersebut masih berkantor / berdomisili di sana atau tidak, karena jaraknya yang lumayan jauh dari rumah tempat saya tinggal. Terakhir saya lihat cuma ada pagar tinggi warnanya sy lupa (tapi kayaknya kuning, nggak terlalu ingat soalnya), terus di pagar tersebut ada semacam plat warna putih bertuliskan nama dari stasiun televisi itu sendiri (TV-M), setelah itu saya sudah tidak tahu lagi kabar mengenai letak kantor stasiun tv tersebut maupun kelanjutan siaran mereka, maksudnya apakah mereka mengudara kembali atau tidak, soalnya begitu setting frekuensi 22 UHF sudah tidak ada lagi, mengenai frekuensi baru mereka (30 UHF) saja saya baru tahu, berkali-kali nyari tapi tidak ketemu.

  18. TV-M singkatan-nya dari TV Metropolis. Dulu TV-M ada Di channel 22 UHF, Karena bertabrakan frekuensi dengan BantenTV, Akhirnya pindah ke 30 UHF…

  19. Tadi di Indosiar seperti ada acara khusus Liputan 6, saya tidak tahu apa nama acaranya namun acaranya itu dibawa sama Newsanchor Liputan 6 dan mengulas pemenang Liptuan 6 Awards 2013.

  20. Mau tanya. Spacetoon yang ada di satelit Telkom 1 apa bola putarnya di logo Spacetoon kembali diputar bola? Terus desain iklan kembali ganti atau seperti menjelang NET.? Station ID planet – planet dan kami kembali/akan, kembali muncul?

  21. logo SpaceToon masih seperti biasa, tpi gak ada tulisan “TV ANAK” nya🙂

    gak ada iklan, dan station IDnya gak pake planet2, aku gak tau kya gimana, tpi mirip nickelodeon Station ID nya sekitar 5-7 detik 😀

    live streaming di mivo.tv dan indostreamix.com 🙂

  22. Tetiba, eh tiba-tiba gw jadi ingat kalau ada 2 channel UHF yang siarannya color bar terus, channel 54 UHF & 61 UHF. Bakal dipakai buat siaran tv apa ya kedua kanal (channel) tersebut ? NOTE : domisili di Tangerang. *bertanya-tanya* *maafoot*

  23. Thank God, akhirnya nemu juga TV-M di televisi gue, isi acaranya emang ngerelai spacetoon, nah bicara soal logo spacetoon sekarang mulai ditambahi jam (keterangan waktu) di bawah logo spacetoon, logo / gambar bola yang terdapat pada cincin planet yang ada di tulisan spacetoon (yang bulat miring melingkar, ngingetin sama cincin planet saturnus) juga bergerak, tapi sepertinya tidak ada tulisan ‘TV ANAK’ ya ?! Kurang tahu juga sik, tapi ini berdasarkan pengamatan gw aja. Dan running text yang menginformasikan mengenai kehadiran spacetoon di satelit juga masih ada.

    Hanya sekedar unek-unek gw nih, meskipun jangkauan siarannya terbatas (hanya sekitaran Jabo(de)tabek) dan jam siaran yang konon katanya juga terbatas, tetapi gw sekiranya perlu berterimakasih kepada TV-M atas usahanya untuk merelay (menayangkan kembali) Spacetoon yang hanya bisa disaksikan melalui satelit saat ini, hehehehhh😀

    • Setau saya, TV Anak itu nama awal dari Spacetoon Indonesia, merek Spacetoon sendiri didapat melalui sistem lisensi (bukan akuisisi) sehingga nama udaranya menjadi TV Anak Spacetoon.
      Berhubung perusahaannya sudah dibeli sebagian sahamnya oleh Indika maka siaran terestrialnya berganti menjadi NET.
      sementara Spacetoon mengudara di satelit (dan kemudian TV-M) tanpa embel-embel TV Anak

  24. Khusus mengenai TV-M itu, sebenarnya juga digunakan sebagai buat tempat kantor studionya Spacetoon hingga numpang semenjak 2011. Makanya jadi direlay sama TV-M dan kala itu saya sudah pernah ke sana tapi didalamnya itu ada logo spacetoonnya.

  25. channel 54UHF sma 61UHF mank ada siarannya, mbak???

    kok aku cari gak ketemu2????

    mbak dinda di Tangerang daerah mana???🙂 sya juga di tangerang, di kota bumi kab.Tangerang 🙂

    • @rio : yang 54 uhf ada sih, cuma color bar doang. gw juga ga tahu bakal buat nyiarin apa. channel 61 uhf aja juga ga ada kabar.

  26. net. itu tv nasional atau tv lokal,karena kpi pusat hanya awasi 10 tv swasta nasional dan tvri nasional,sisanya diawasi kpid

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s