BERITASATU… BERITADUA?

Iya, namanya BERITADUA. Tersedia di FiRsT MEDIA channel 23 Jakarta. Masih belum disebar ke provider lainnya seperti BERITASATU.

Sedikit mengejutkan memang ketika Afif memberi tahu saya ada BERITADUA di Jakarta. Logonya sama persis dengan BERITASATU, hanya saja kalau BERITASATU berwarna merah, BERITADUA berwarna biru, dan tidak ada tulisan HD. Sisanya, sama persis. Running textnya, jamnya, info valasnya, posisi logonya. Masalah program, saya kurang tahu apakah sama atau berbeda. Tapi, mestinya berbeda.

Menurut Afif, dalam banner, nama kanal sebenarnya adalah “Coming Soon SWARA”, yang kemudian kami duga adalah usaha menghidupkan kembali SWARA CHANNEL, stasiun televisi yang fokus pada kinerja DPR. Posisinya adalah Channel 23 FiRsT MEDIA Jakarta. Bukannya SWARA CHANNEL, malah BERITADUA yang muncul.

SWARA CHANNEL muncul bersama Q channel. Seingat saya siarannya pernah direlay SCTV di akhir era 90an. Isinya, khusus tentang DPR. Misi SWARA CHANNEL pada saat itu adalah membawa transparansi DPR RI sesuai jiwa demokrasi.

Saya juga pernah menyaksikan SWARA CHANNEL pada tahun 2003–2004 melalui GNTV Malang. Pada saat itu, selain Q channel (yang pada tahun 2007 berubah menjadi Qtv), GNTV juga me-relay siaran SWARA CHANNEL secara bergantian. Memang, Q channel, SWARA CHANNEL (dan seingat saya ada juga i Music CHANNEL) semuanya muncul secara bersamaan di TV berbayar, awalnya di INDOVISION, kemudian juga ke KabelVision dan Digital1. Semuanya dicetuskan oleh Peter F. Gontha.

Setelah 2008, saya tidak pernah mendengar kabar dari SWARA CHANNEL. Begitu juga dengan i Music CHANNEL. Rasanya kedua televisi itu terangkum menjadi satu di Qtv, terutama setelah semua konten pendidikan dihilangkan dari Qtv seiring berdirinya tvEdukasi yang dibentuk oleh Kemdiknas (sekarang Kemdikbud).

Setelah Qtv masuk dalam jajaran media Lippo, Qtv berubah menjadi BERITASATU seperti sekarang ini. Nah, dengan hadirnya BERITADUA di FiRsT MEDIA yang bernama kanal “Coming Soon SWARA”, nampaknya ini merupakan usaha Peter F. Gontha untuk menghidupkan kembali SWARA CHANNEL. Kita tunggu saja perkembangannya beberapa waktu mendatang. Yang pasti, ketika saya bertanya ke Pak Peter Gontha di twitter, Pak Peter membenarkan SWARA akan dihidupkan kembali. Hmmm, semoga segera, mumpung politik di Indonesia sedang hangat sekali🙂

47 thoughts on “BERITASATU… BERITADUA?

  1. Ada Berita Di BERITASATU News Channel, BeritaSatu Bekerja Sama Dengan DPR Untuk menghidupkan SWARA Channel. Agak terdengar “BeritaSatu Swara”

  2. Moga-moga konsepnya seperti Swara Channel lagi.
    dulu DPR bikin TV Parlemen tapi nggak ada gregetnya sampai sekarang.
    yang ada kontennya aja yang pernah dititip ke Metro TV (di ujung Metro Pagi)

    • Mudah-mudahan begitu. Seperti yang dibilang Jordan, kerjasama dari DPR dan BERITASATU
      Jadi yang kerjasama ada TV PARLEMEN sama PT First Media News. Mudah-mudahan balik seperti SWARA CHANNEL dulu. Di website DPR RI bilangnya live 5 jam setiap hari, sisanya re-run tak terbatas

  3. Semoga SWARA Channel ini diperluas jangkauan siarannya, kalau bisa kerjasama dengan TV-TV FTA, karena rakyat juga perlu tahu kegiatan DPR setiap harinya hehe. Tapi kok baru sekarang ya dimunculin lagi? Masa karena panasnya politik menjelang 2014 gitu?

  4. Beritasatu ini kata wikipedia ada di Surabaya via UHF46. Tapi itu BBS TV bukan Beritasatu Surabaya, aneh – aneh tuh.

    Update: Pukul 12:00 WIB, Suara Surabaya FM 100 yang hari ini ulang tahun ke 30 nanti mengadakan upacara ceremonynya. Kebetulan di rumah, karena saya sakit dan baru bangun.

  5. Update : FOX SPORTS dan STAR SPORTS sementara ini FTA, tetapi ada 2 logo, yaitu logo FOX SPORTS/STAR SPORTS di kiri bawah, sedangkan ada logo Matrix TV di kanan bawah.

  6. Embun Pagi, Senin-Jumat
    04.00 WIB
    Jendela Jateng Pagi,
    Setiap Hari 04.30 WIB
    I Love Jateng, Senin-Jumat
    10.00 WIB
    Rumah Tawa, Senin-Jumat
    15.00 WIB (acaranya KOMPAS TV Surabaya)
    Jendela Jateng Sore,
    Setiap Hari 16.00 WIB
    Kuthane Dhewe,
    Setiap Hari 00.00 WIB
    Jadul
    Senin-Jumat 00.30 WIB
    Wagu
    Minggu 15.00 WIB

  7. Update : Yang Punya Receiver MPEG4 (Parabola), Bisa Menyaksikan Channel Skynindo Secara FTA. Terutama Bagi Mas Kharisma

  8. Update: Ternyata saat sepakbola IPL, KOMPAS TV Surabaya gak ada siaran lokal. Aku tadi juga lihat sampai selesai (tapi lupa scorenya). Di website KOMPAS TV, ternyata ada siaran ulang pukul 01:00 WIB.

  9. Update: Tadi siaran lokal Trans TV Surabaya dimulai pukul 04:00 WIB (bareng dengan Trans 7, tapi siarannya nasional mengudara di Trans TV pukul 04:30 WIB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s