Demam… Jadul?

Kalau kita memerhatikan program televisi belakangan ini, ada beberapa program televisi yang mungkin tidak terasa asing bagi pemirsa senior televisi. Program yang pernah tayang, kemudian muncul lagi. Memang, beberapa stasiun televisi terkena demam jadul.

Seruan kejadulan ini dimulai oleh TVRI. Stasiun televisi tertua ini pada ulang tahun ke-50nya 2012 lalu memiliki tekad untuk mengembalikan kejayaan TVRI di udara. Hal ini kemudian diwujudkan dengan munculnya acara kuis andalan TVRI “Berpacu dalam Melodi” yang kemudian sempat heboh di kalangan pemirsa televisi Indonesia. Walaupun produksi baru, tapi masih menggunakan format lama.

Nampaknya hal ini diperhatikan oleh stasiun televisi lainnya. Hal ini bisa kita lihat di RCTI yang kemudian menayangkan Si Doel Anak Sekolahan. Nampaknya hal ini juga sukses menarik perhatian sebagian pemirsa televisi Indonesia. Beberapa orang mengaku bernostalgia dengan tayangan ini.

Tidak berhenti di sana, TRANS TV akhirnya tertular kejadulan ini. Akhir-akhir ini TRANS TV kembali memunculkan Bajaj Bajuri, beriringan dengan penayangannya di salah satu kanal in-house TV berbayar. Pemirsa televisi kembali dimanjakan dengan suguhan tayangan masa lalu yang dinilai lebih segar waktu itu karena kejenuhan masyarakat akan sinetron. Walaupun tidak terlalu terdengar gaungnya, tapi nampaknya Bajaj Bajuri juga bisa menarik perhatian masyarakat.

Nampaknya seruan kejadulan masih akan terus berlanjut. Stasiun TV manakah yang akan memunculkan kembali romansa masa lalu itu? Akankah bisa sukses seperti mereka yang memunculkan kejadulan sebelumnya?

7 thoughts on “Demam… Jadul?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s