Selamat Tinggal, Berlian dan Batu Safir!

Besok, TRANS TV dan TRANS 7 berulang tahun. Disebut ulang tahun ke-12, mengikuti ulang tahun TRANS TV dari hari lahirnya, 15 Desember 2001. Logo ulang tahunnya biasa saja, angka 12 besar, dengan logo TRANS Corp. di bawahnya, secara garis besar sama seperti tahun lalu.

Bedanya, kalau setahun lalu logo TRANS Corp (atau TRANS Media) hanya untuk ulang tahun, tahun ini logo TRANS Corp akan menjadi logo on-air dari kedua televisinya, TRANS TV dan TRANS 7. Singkatnya, kedua TV ini akan berganti logo. Setidaknya begitu menurut press release yang berlangsung 12 Desember 2013 kemarin, seperti dimuat di website TRANS TV.

Saat tulisan ini ditulis, logo baru TRANS 7 sudah beredar, setidaknya di twitter, sekira 2 minggu. Sedangkan logo TRANS TV baru benar-benar saya lihat di Reportase Utama hari Sabtu 14 Desember 2013 sore. Logonya keduanya hampir sama.

Logo baru, kita hampir mengetahuinya. Kita akan segera “kehilangan” logo lama sebentar lagi.

20131214 Sampai Jumpa Berlian dan Batu Safir P01

Ini adalah dua logo yang sangat unik. Keduanya memiliki filosofi yang sangat kuat. Keduanya terinspirasi dari batuan alam, seperti yang ditulis di website masing-masing.

Logo TRANS TV dinyatakan terinspirasi dari berlian. Kilaunya disebut sebagai kilau refleksi kehidupan dan adat istiadat dari berbagai pelosok Indonesia. Belah ketupat digambarkan sebagai bentuk berlian, dengan bagian atas bisa dibaca sebagai “T” dan yang bawah bisa dibaca sebagai “V”, sehingga jadilah TRANS TV.

Warna logo TRANS 7 diambil dari warna batu safir. Persegi empatnya melambangkan ketegasan, karakter yang kuat, serta kepribadian bersahaja yang akrab dan mudah beradaptasi. Namanya sendiri memang perpaduan dari TRANS Corp dan TV7, dengan TRANS sebagai nama perusahaan, garis vertikal yang memisahkan TRANS dan 7, saya tafsirkan sebagai huruf I, Ishadi S.K., dan 7 oleh sebuah blog ditafsirkan sebagai J, Jacob Oetama (logo TV7 dulu ada lingkaran yang dilambangkan sebagai huruf O, membentuk inisial Jacob Oetama).

Secara garis besar, berlian dan batu safir oleh kedua televisi disebut sebagai sesuatu yang tidak akan pernah berakhir. Berlian disebut sebagai lambang keabadian oleh TRANS TV. Sedangkan warna batu safir oleh TRANS 7 dilambangkan sebagai keindahan yang tak lekang oleh waktu.

Kedua logo ini sangat mengesankan buat saya. Logo TRANS TV di layar tidak pernah berubah selama 12 tahun (dan benar-benar tidak berubah, karena pada saat program maupun saat iklan logonya sama). Saya juga sangat terkesan dengan logo TRANS 7 yang sudah akrab untuk disaksikan sesuai dengan namanya, 7 tahun, sejak 15 Desember 2006.

Tapi, namanya juga di dunia, kalau kata band yang waktu itu masih bernama Peterpan, “Tak Ada yang Abadi”. Walaupun filosofinya abadi, tetap saja harus berubah. Selamat tinggal, berlian dan batu safir!

34 thoughts on “Selamat Tinggal, Berlian dan Batu Safir!

  1. Update Dari Jakarta : Saat program Drama Asia dan siaran kerjasama ANTARA TV, Banten TV menampilkan nama program beberapa detik. Setelah itu, ktv (Jaringan Kompas TV) pas di saat siaran lokal, tidak ada logo KOMPAS, yang ada hanya nama program. Di satelit dan parabola pas siaran lokal Ktv, logo KOMPAS masih ditampilkan di kanan atas tanpa ada tulisan Indonesia Satu.
    Yang terakhir, O Channel (Anggota Emtek) yang juga direlay oleh Garuda TV Bandung, jam setengah 11 malam-dini hari, menampilkan nama program/judul film di bawah logo O Channel.

  2. Update Lagi : KOMPAS via Streaming tidak menyiarkan Bundes Liga karena hak siar, acaranya digantikan dengan Stand Up Comedy Indonesia. Seperti NET. di Streaming saat acara Penghargaan Musik MTV juga diganti dengan program Music Everywhere juga karena hak siar. Kalau di Telkomvision pada saat acara sepakbola karena hak siar malah digantikan dengan channel Jendela yang isinya hanyalah informasi tentang Telkomvision.

  3. Update : Di 12 Tahun Trans untuk Indonesia, semua artis Siaran Langsung dari SICC Bogor Jawa Barat kecuali Noah, kalau Noah syuting taping terlebih dahulu karena manggung di Probolinggo, Jawa Timur. Ini yang kedua kalinya bintang tamu yang tidak hadir pas siaran langsung setelah 5 tahun yang lalu Nidji juga syuting taping terlebih dahulu karena Vokalis Nidji, Giring sedang melaksanakan haji.

  4. Mas Dave, saya update ya: Tahun depan, sebuah sumber dari orang B-Channel mengatakan bahwa Januari 2014 B-Channel akan meluncurkan Divisi News. B-Channel sekarang juga sedang merekrut ratusan SDM News. Nah, karena Divisi News itu, B-Channel akan punya Pemimpin Redaksi dan Wakin Pemimpin Redaksi.

    • Saya juga udah nanya sama admin Facebooknya B Channel, bakalan ada program berita di B Channel.. Berharap isinya jangan bisanya memandang pemerintah negatifnya.. Bisa seimbanglah..

  5. Lihat lambang illuminati di detik ke 7. Ada cahaya terpancar dari tengah segitiga dan membentuk bintang. Coba diteliti

  6. aku perhatikan….unsur bintang segi enam (bintang david / judeo /yahudi) masih muncul…..cuma dari logo lama transTV dibuat sederhana menjadi = bintang bersudut segitiga / huruf A memancarkan laser segienam..karena pihak trans sepertinya menyadari logo lama menimbulkan polemik karena disangka bermuatan yahudi….🙂
    Tapi karena memancarkan laser segienam..yah sebetulnya sama saja. hanya disembunyikan…..karena …..
    TRANSTV merasa tersaingi dengan logo tembus pandang ANTV Organics…..karena dalam tahun 2013…ada 2 logo tembus pandang pada saat on air broadcast di layar kaca TV.

    Sekali lagi…menyembunyikan Logo bintang bersudut enam dalam wujud baru….

    Wujud Baru Trans TV = Berlian / Bintang bersudut tiga memancarkan laser segi enam .
    Wujud Baru Trans | 7 = Batu Safir memancarkan kilau warna pelangi atau 7 warna…meskipun…ada banyak warna (setelah ku amati)

    Aku suka dengan konsep berlian dan batu safir milik TRANS MEDIA / TRANSCORP…

    Yang Aku Sesalkan…..= kok menggunakan Bintang bersudut tiga tapi memancarkan laser segi enam…….? bukannya konsep bintang bersudut enam, memancarkan laser segi enam itukan konsep YAHUDI???
    seharusnya memancarkan Laser segi Lima yang merupakan konsep Pancasila!

    (mungkin saja meng-akomodasi enam agama resmi di indonesia + Aliran Kepercayaan terhadap Tuhan YME……BARANGKALI…..??? )

  7. Update : Di NDTV Malang pas logo B Channel ditutupi dengan tulisan Late Nite Show with Omesh dan Pop Corn, logo B Channel hampir terlihat karena penutup logonya terlalu kecil. Kalau di CT Channel Bandung dan Nusa TV Jogja logo B Channel pas tulisan Late Nite Show with Omesh dan Pop Corn sudah tertutup dengan sempurna.

  8. Update : Aku sekarang sudah punya dekoder MPEG4, malah di Spacetoon yang versi MPEG4 muncul logo TVM Tangerang (30 UHF) di kanan atas padahal sekarang TVM Tangerang sudah bekerjasama dengan Berita Satu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s