Apa itu HD?

Sebenarnya saya tidak terlalu pintar dalam urusan ini. Pasti ada yang lebih paham. Tapi, sepengetahuan saya, HD itu Harley Davidson (lho?). Iya, High-Definition. Jadi ini adalah suatu sistem yang mana siaran televisi disiarkan dengan format 720 atau 1080, entah itu i atau p. Apa itu i dan apa itu p, saya kurang paham sih selain tahu kalau kepanjangannya adalah interlaced dan progressive. Yang tahu bedanya, share ya🙂 tapi yang saya pahami katanya 1080p itu lebih mantap sih gambarnya daripada 1080i, apa lagi 720p.

Nah, apa yang membedakan HD dan SD? Ya jelas garis di layarnya, seperti yang saya sebut di atas, garisnya bisa 720 atau 1080 garis satu layar. Ukurannya bisa 1280×720, atau juga 1920×1080. Dengan standar ini, maka format layarnya pasti 16:9. Tapi, yang namanya 16:9 belum tentu HD. Jadi jangan terkecoh, karena sering sekali saya temukan di bagian komentar menyebut “Channel ini SD tapi kualitasnya sudah HD”. Jangan karena tampilannya 16:9 kemudian disebut HD. Kan sudah sering saya bilang: “HD pasti 16:9 tapi yang 16:9 belum tentu HD”.

Tapi waktu saya “bermain” dengan Windows Movie Maker, saya baru tahu kalau ternyata 4:3 pun bisa HD. Ukurannya 1440×1080. Tapi sepertinya ini jarang sekali dipakai. Buktinya, TV set diproduksi dengan format 16:9, sudah jarang atau bahkan mungkin tidak ada pabrikan yang menghasilkan TV set 4:3. Semua siaran televisi HDpun (yang saya tahu sampai sekarang ini) menggunakan 16:9, tidak pernah pakai 4:3.

Sebenarnya apa sih tujuannya menulis artikel ini? Ngga ada sih, cuma pingin mempertegas aja, kalau HD pasti 16:9, tapi yang 16:9 belum tentu HD🙂 walaupun ya itu tadi, ternyata HD juga bisa 4:3. Teliti lagi berapa jumlah garis yang digunakan oleh stasiun televisi yang bersangkutan. Kalau masih 480 atau 576, ya jangan dibilang HD🙂

19 thoughts on “Apa itu HD?

  1. Oh saya jadi ingat beberapa program taping di TRANS TV dan TRANS7 ditampilkan dg layar tidak penuh dan banner agak ke tengah, apa itu juga sudah termasuk HD?

  2. Saya ingin menanyakan beberapa pertanyaan :
    1. UBTV sudah lama tak mengudara via analog. Kenapa?
    2. Channel HD di indonesia itu cuma Kompas HD sama beritasatu HD ?
    3. TV Digital di malang apakah sudah on ?
    4. Apakah gelombang ‘S’ band (seperti siaran indovision) dapat bocor ? , karena seperti di rumah saya beberapa channel tertangkap. Yang tertangkap jelas adalah Bloomberg TV, dan NET. , Sedangkan channel yang kurang jelas / kabur adalah Aljazerra inggris, Russian Today, Fox Movie. Lainnya tertangkap sangat kabur, tak bisa dilihat logonya.
    Terima Kasih.

  3. update dari bandung
    mulai senin kemaren, STV jam 1 malam keatas full siaran KTV dan station id ktv juga ikut “berkibar” di bandung. Oh iya ctchannel jam 12malam-1pagi malah diisi PANORAMA setelah itu langsung sign off.
    Kalo menurut saya, RBTV bener2 melenceng dari network kompas yg lainnya. Kenapa? Design iklan, jam relay kompas bener bener melenceng… (2 minggu di jogja). Jadi menurut saya sih di jawa yg paling kentel unsur kompasnya cuma STV, TVB, KompasTV Surabaya
    -sorry for long comment🙂 –

    • RBTV Jogja memang jam tayang KOMPAS dan jam tayang lokal memang kurang sesuai, misalnya kalau hari Selasa & Rabu jam 12 malam pas jamnya Soccer Zone malah mainnya Campursari, Sabtu & Minggu jam setengah 7 pagi pas jamnya Kompas Sport malah Apa Kabar Jogja, jam 7 pagi pas jamnya siaran lokal malah ikut Ktv Jakarta, jam 10 pagi pas relay KOMPAS malah mainnya Home Shopping, dan jam 3 sore pas relay KOMPAS malah mainnya Klip RBTV. TVB Semarang juga begitu, setiap Minggu dan Senin jam 2 dini hari pas jam Sign Off malah ikut Ktv Jakarta. Khatulistiwa TV juga begitu, Senin-Jumat jam 3 sore pas jam siaran lokal juga malah ikut Ktv Jakarta.

      • Ya. RBTV kalo hari sabtu minggu jam 7-8.30 pagi ehhh malah ikut siaran ktv K20. Padahal di tv jaringan kompas lainnya pada siaran lokal semua. Gilirsn jam 10-12 siang yg lain siaran nasional ehh ini mainnya acara gajelas. Padahal yg dipotong acara2 menarik ex: klik, tekno. RBTV memang superrrrrrrr aneh. Terus jam 3 sore malah adanya advertorial klinik gajelas. Oh iya, station id RBTV lagunya agak horror, soalnya makin lama lagunya make nada rendah. Ga kayak station id STV dan TVB yang lagunya ceria banget.
        Oh ya, kadang2 stv kalo jam 2 keatas setelah damar parahyangan dan lagu wajib closing, ikutan juga KTV tapi logo stv hilang. Itu non ramadhan lhoo…
        Oh iya sekarang I Channel bdg gatau tuh dicomot sama kanal mana, soalnya china semua dan kualitas siaran buruk. Oh iya, kenapa ya video closing TVRI pas akhir2 pake logo lama? Padahal logo itu dah dari kapaaannn lagi ya?

      • Kalau closingnya TVRI itu pakai logo tahun 1999-2001.
        Sekarang station IDnya RBTV sekarang menggunakan logo dari KOMPAS bukan logo yang aslinya di akhir station ID tersebut, kalau dulu station IDnya lagunya “RBTV, Asli Jogja”

  4. Kalau format yang dipakai HDV, bisa saja anamorphic 1440×1080 dan tetap 16:9. Di Inggris misalnya BBC pernah memakai format ini untuk siaran HD sebelum akhirnya berpindah ke full HD (1920×1080)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s