antv Mendadak Jernih di Berbagai Wilayah

Setidaknya begitulah yang saya baca dari beberapa teman yang sudah menyampaikan amatannya melalui group facebook davenirvana1 World. Setidaknya teman-teman dari Bandung, Jogjakarta, Denpasar, dan Surabaya sudah menyampaikan juga dengan foto bagaimana penerimaan antv di wilayah masing-masing. Peningkatan kualitas gambar ini terjadi dalam waktu beberapa jam sebelum Piala Dunia dimulai.

Saat ini saya di Malang juga merasakan ada peningkatan kualitas sinyal yang cukup berarti. Walaupun tidak jernih-jernih amat (sepertinya karena kawasan rumah saya dan antena TV yang saya gunakan sudah cukup lama dipakai, hampir 9 tahun), ada perubahan yang nampak di rumah. Bintik semut tak sebanyak sebelumnya, walaupun sayangnya gambarnya tidak bisa tajam, masih sering ada bayangan tertinggal di layar ketika pemain sepakbola berlari atau kamera bergerak dengan cepat, mungkin karena masih analog. Namun, peningkatan ini nampaknya cukup berarti bagi para pecinta sepakbola.

Walaupun meningkat, antv di Malang sempat mengalami gangguan sesaat sebelum pembukaan Piala Dunia berlangsung Jumat dinihari waktu Indonesia. Hampir selama 5 menit antv hanya mengudarakan color bar sesaat setelah antv kehilangan sinyal dari satelitnya. Setelah 5 menit color bar, antv kembali memunculkan gambar, nampaknya kali ini dari viva+, TV berbayar viva group, karena ada banner nama channel berwarna abu-abu, dengan unsur merah, dan nama channel adalah “ANTV WORLD CUP”, sempat muncul beberapa detik. Menggunakan (yang saya duga) viva+ itu, audio antv mendadak sangat kencang, berbeda jauh dari stasiun TV lainnya yang masih mengudara di Malang pada jam itu. Saat saya menulis ini audio antv di Malang sudah normal kembali.

Sementara itu, tidak nampak ada perubahan pada tvOne di Malang. Sejak dulu sinyal tvOne di rumah saya memang jauh lebih baik daripada antv. Hanya saja secara nasional yang bisa kita amati adalah hilangnya running text dari bagian bawah layar, logo tidak beranimasi, pun dengan label LIVE yang tidak bergeming (maksud saya juga tidak dianimasi, biasanya beranimasi hilang dan muncul seperti diketik) dan sedikit tergeser ke kiri. Sisanya, kalibrasi warna antv di Malang lebih baik daripada di tvOne, dan pergerakan objek di antv lebih halus daripada tvOne.

One thought on “antv Mendadak Jernih di Berbagai Wilayah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s