Strategi Naikkan Rating antv oleh viva Berhasil

Seperti yang kita ketahui, antv dan tvOne menjadi pemegang lisensi Piala Dunia 2014 di Indonesia untuk analog UHF (dan tentu saja di viva+ dan K-VISION sebagai pemegang lisensi untuk TV berbayar). Nampaknya, ada sebuah strategi yang dijalankan oleh viva untuk menaikkan rating antv secara signifikan, setidaknya untuk 1 bulan selama Piala Dunia 2014 berlangsung. Apakah itu?

Ya, ini hanya sekedar analisa. Bisa salah bisa benar. Tapi, melihat kecenderungannya, seperti yang pernah saya tuliskan sebelumnya, sinyal antv mendadak menguat di berbagai wilayah di Indonesia. Sedangkan sang adik, tvOne, sinyalnya cenderung tetap bahkan ada beberapa wilayah yang dilaporkan mengalami penurunan kualitas. Alhasil, antv menjadi jernih, sedangkan tvOne cenderung stabil bahkan ada beberapa teman yang melaporkan di daerahnya tvOne semakin “bersemut”.

Apa dampaknya? Jelas, bagi mereka yang ingin menonton Piala Dunia, secara otomatis akan mencari antv ketimbang tvOne. Ini membuat antv mendapatkan tambahan penonton dalam jumlah yang luar biasa dan berdampak pada rating antv yang berada di posisi 1, membuat SCTV turun ke posisi kedua. Sedangkan tvOne yang selama ini bercokol di posisi ke-9, naik ke posisi ke-6. Kondisi ini membuat antv pantas berbangga, setelah selama ini jarang sekali masuk 5 besar.

Tidak hanya Piala Dunia, saya mencatat ada beberapa program lain yang ikut mendongkrak posisi antv. Sebut saja Mahabharata, kemudian kini ada Mahadewa, dan belakangan muncul The Adventures of Hatim. Saya mengira era India di Indonesia sudah berakhir, berganti dengan tayangan Korea. Tapi ternyata tidak, antv berhasil membuktikan Mahabharata bisa selalu masuk di 5 besar di setiap penayangannya (ini informasi dari teman-teman yang kebetulan punya akses ke data rating televisi di Indonesia). Tayangan India lainnya yang dimiliki antv juga berhasil masuk ke jajaran 10 besar dan 40 besar. Ini menunjukkan bahwa banyak masyarakat Indonesia yang merindukan tayangan India saat ini, mungkin sebagai bentuk kebosanan juga terhadap tayangan Korea yang begitu-begitu saja. Apa lagi saat ini di Indonesia demam sinetron lokal masih cukup tinggi, tapi ternyata tayangan India berhasil muncul secara mencolok di antara 10 besar di antara jajaran sinetron yang menghiasi layar kaca di setiap jam utama alias primetime.

Posisi ini mendorong antv untuk terus memacu semangat karyawannya bahwa antv bisa berada di posisi 1, seperti terlihat dalam sebuah gambar (semacam poster?) yang pernah saya lihat di facebook, dengan tulisan besar “teman-teman, kita bisa!” dan angka 1 yang berukuran besar di tengah gambar itu. Kinerja antv saat ini terlihat sangat baik, terbukti dengan diraihnya posisi 1 saat ini. Pertanyaannya: setelah Piala Dunia, bisakah antv bertahan setidaknya di 5 besar?

Apapun, selamat untuk teman-teman di antv yang berhasil memuncaki rating di Indonesia saat ini🙂

3 thoughts on “Strategi Naikkan Rating antv oleh viva Berhasil

  1. Mas, buat artikel soal ArekTV sby donk, knp dia bisa relay BeritaSatu saat petang hari, pas acara berita seperti skrg ini acara Primetime.
    terkadang juga pernah tayang ISL dr k-vision tapi delay.

    kedua, sepertinya kompastv surabaya sudah tdk pernah produksi program acara mas. iklan lokal-pun udh gak ada.

    mksh mas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s