Menanti Siaran Analog Baru di Malang

Cukup sulit untuk mencari data mengenai hal yang satu ini. Sejauh google memandang, hanya ada dua informasi yang saya dapat dan sesuai dengan keinginan saya, yaitu mengenai proses EDP yang saya dapat dari website NU dan KPID Jawa Timur, lainnya adalah mengenai Bintang TV dari Banyuwangi. Sisanya, belum ada kabar lainnya.

Dari website KPID Jawa Timur, disebutkan pada 13—15 Maret 2015 telah ada 22 lembaga penyiaran yang mengikuti Evaluasi Dengar Pendapat. Artinya, jika dihitung secara matematis (dan jika saya tidak salah mengingatnya), ada 3 wilayah layanan penyiaran di Jawa Timur yang tidak dibuka izinnya. Dengan 11 wilayah layanan penyiaran di Jawa Timur, maka hanya ada 8 wilayah layanan siar yang mendapat saluran TV baru, salah satunya Malang Raya. Jika melakukan sistem “pukul rata”, maka setiap wilayah layanan siar akan mendapat sekitar 2 atau 3 stasiun televisi baru, termasuk di Malang. Asumsi ini berlaku ketika 22 lembaga penyiaran ini lolos EDP.

Masih menjadi pertanyaan besar bagi saya lembaga penyiaran apa saja yang ikut, selain Bintang TV dari Banyuwangi. Saya juga masih belum bisa menerka TV apa yang akan mendapat izin siar di Malang, walaupun saya sudah mendengar kabar mengenai nama beberapa stasiun TV yang mengajukan izin untuk mengudara di Malang. Teka-teki yang tentu tidak akan terjawab sampai stasiun TV analog itu sendiri mulai mengudara.

Tentu saya masih harus menyimpan rapat dugaan saya mengenai stasiun TV yang akan mengudara di Malang Raya mulai 2015 ini, walaupun mungkin sebagian sudah bisa menebak, terutama pengguna TV digital yang rajin melakukan pemindaian (scan) beberapa waktu lalu sampai kemudian ada pembatalan izin siar digital. Kalau mau ikut menebak, mungkin pembaca bisa cek tulisan saya mengenai update TV lokal di Malang untuk Februari 2015. Tapi sekali lagi, ini baru dugaan berdasarkan apa yang saya tangkap di Malang dengan perangkat digital beberapa waktu lalu itu. Apakah dugaan saya dan pembaca akan menjadi kenyataan, seperti yang saya sebut sebelumnya, harus kita tunggu sampai TV analog itu mengudara. Melihat proses EDP yang berlangsung pertengahan Maret 2015 dan cepatnya KPID memproses perizinan ini, saya prediksi TV analog baru di Malang akan mulai mengudara sekira bulan April atau Mei 2015 nanti.

Apapun, seperti yang saya sebutkan sebelumnya (lagi), kita biarkan saja waktu yang menjawab TV mana yang berhasil mendapat IPP di Malang Raya. Saran saya, kalau pembaca juga penasaran, rajin-rajin saja lakukan pencarian kanal baru di perangkat televisi yang dipunya. Siapa tahu jadi orang pertama di Malang yang tahu ada kanal baru di Malang Raya ini🙂

One thought on “Menanti Siaran Analog Baru di Malang

Leave a Reply

