MNC Ganti Logo

Pengunjung blog ini maupun yang kenal saya sejak lama pasti paham kebiasaan saya: patroli TV tengah malam. Untuk yang belum tahu, intinya, saya punya ritual menonton semua channel, sebentar saja, setiap channel mungkin 4 atau 5 detik,  kemudian tidur. Kali ini, saya sudah sangat mengantuk. Saya telusuri semua TV di Malang mulai dari kanal 62 UHF yang kosong karena empunya frekwensi sudah selesai siaran, sampai ke 22 UHF (rencananya).

Kenapa “rencananya”? Jadi begini, saya baru melintasi kanal 38 UHF yang ditempati INDOSIAR, dan berlanjut ke 36 UHF, yang ditempati oleh MNCTV. Sebelum saya menekan tombol di RCU untuk menuju 34 UHF, layar menunjukkan kode produksi “baru” MNC MEDIA. Ya, ternyata logo MNC MEDIA sedikit berubah di kode produksi baru itu, yang terpampang dengan ukuran besar di tengah layar itu, dan membuat layar hampir penuh, dari tulisan italic menjadi tegak. Melihat itu, saya melirik sebelah kiri atas layar, dan ternyata logo MNCTV berubah juga dari italic menjadi tegak.

Kontan saja saya menulis di grup facebook tentang logo baru ini, yang ternyata langsung mendapat respon ramai di sana. Sejurus kemudian saya kembali lagi dengan RCU TV saya, menekan angka 4 dan 0, melihat apa yang terjadi di 40 UHF, dan ternyata benar, logo RCTI juga berubah!

Respon semakin tinggi di grup facebook davenirvana1 World. Ternyata, banyak yang merasa tidak nyaman dengan logo baru RCTI itu. Setelah 25 tahun lebih (hampir 26 malah), pemirsa terbiasa dengan logo RCTI yang miring dan nampak elegan serta luwes itu, kini harus terbiasa dengan logo baru RCTI yang terkesan “kotak” dan kaku, dan otomatis mengubah wajah rajawali yang ada di huruf R itu.

Sontak logo baru RCTI ini menjadi perbincangan hangat di dini hari yang sangat dingin di Malang (sedikit OOT, jarang sekali Malang sedingin saat saya menulis artikel ini). Kalau di grup facebook davenirvana1 World, banyak yang menyesalkan adanya logo baru ini. Tak banyak yang mempermasalahkan logo baru MNCTV, tapi beda urusan dengan RCTI. TV swasta tertua ini memang masih mengudara, tapi “jiwa” dari rajawali di logo baru RCTI yang “sekedar” diubah dari miring jadi tegak itu rasanya hilang seketika. Entah apa makna dari penegakan logo itu, tapi yang pasti, dampaknya akan sangat terasa bagi mereka yang sudah sejak lama menjadi “pengamat” pertelevisian di Indonesia.

Penasaran dengan logo baru MNCTV dan RCTI yang baru diganti tepat pukul 00.00 di 20 Mei 2015 ini? Sila cek layar TV masing-masing. Mengenai makna dari pengubahan logo ini, silakan disimpulkan sendiri, tapi yang pasti bagi saya pribadi, logo RCTI mulai hari ini terasa aneh, “jiwa” rajawalinya hilang, walaupun rajawali itu masih ada di pojok kiri atas layar tapi bagi saya rasanya rajawali itu seakan sedang memperlambat lajunya saat terbang di angkasa. Elegannya hilang, luwesnya hilang, dan terasa begitu kaku.

Anyway, saya bilang di awal kalau saya sudah sangat mengantuk kan? Gara-gara logo baru ini, saya batal mengantuk untuk selama hampir 2 jam di tengah malam ini. Logo baru ini memang sukses mencuri perhatian saya, sampai saya batal beranjak ke pulau kapuk. Tapi, ini sudah jam 2 pagi. Saya sebaiknya lanjut patroli sampai ke 22 UHF, dan lanjut tidur.

One thought on “MNC Ganti Logo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s