Your Update — 201307

Ini adalah halaman Your Update

Di sini teman-teman bisa memberikan update terbaru yang teman-teman temui dan ingin bagikan di blog davenirvana1, atau kalau mau bertanya, boleh juga di sini. Caranya mudah, sama seperti memberi komentar pada artikel-artikel yang dulu saya buat. Bedanya, update dari teman-teman dikumpulkan di sini.

Halaman ini saya buat untuk merespon beberapa teman yang merasa update dari teman-teman tersebar di beberapa artikel, sehingga menjadi sedikit susah untuk mengetahui perkembangan terkini. Sekarang, dengan berkumpulnya update dari teman-teman di halaman ini, diharapkan akan lebih mudah untuk mengumpulkan semua informasi. Selain itu, juga untuk mengurangi update OOT (out of topic) di setiap artikel.

Walaupun sama dengan memberi komentar biasa, ada beberapa aturan yang ingin saya tetapkan. Pertama, jangan gunakan fasilitas reply untuk menghindari kekacauan urutan. Jadi, kalau ingin menjawab pertanyaan teman yang lain, jawab dalam komentar baru, kemudian sebut saja namanya, seperti memberi komentar di facebook. Yang kedua, pastikan update teman-teman tidak dalam bentuk “cicilan”. Artinya, kalau punya beberapa update, sekalian dijadikan satu saja dalam satu komentar.

Yang paling penting, pastikan isi komentarnya berbobot. Ada beberapa komentar dengan nada keras yang masuk ke blog ini, nampaknya merasa kurang nyaman dengan komentar satu atau dua orang. Sengaja tidak saya tampilkan, untuk menjaga agar blog ini tetap kondusif🙂

Terima kasih untuk perhatiannya teman-teman. Selamat ber-update ria🙂

243 thoughts on “Your Update — 201307

  1. Mohon dukungan ya agar B Channel Semarang bisa secepatnya mengudara… kan kalau bersiaran dari Semarang bisa mencakup Wilayah Surakarta, Pati, Pekalongan dan Salatiga..

    • memang kemarin ada di TVKU tapi cuman sehari saja. Sekarang kembali ke Kartika TV Pati yang bersiaran di Saluran 53 UHF dan bertabrakan dengan Cakra Semarang TV (Jaringan Bali TV).

    • Ni B Channel muncul lagi, apa mungkin sedang melakukan perbaikan kualitas pemancar dan sound di Semarang ya?

    • Ternyata B Channel sedang melakukan siaran percobaan di TVKU Semarang dan hanya mengudara hari Selasa dan Kamis..
      Acara TVKU Semarang per 1 Juli 2013
      Hari Senin, Rabu, Jum’at s/d Minggu
      09.00 BERITA SATU
      11.00 Lintas Siang TVKU
      12.00 Musik
      13.00 Televisi Edukas
      17.30 Musik
      18.00 Edunews TVKU
      18.30 Acara Lokal TVKU
      22.30 Off

      Hari Selasa dan Kamis (Setelah ada B Channel)
      05.00 B Channel
      11.00 Lintas Siang TVKU
      12.00 B Channel
      17.30 Acara TVKU Semarang
      22.00 B Channel

    • Kadang jam 19.00 di TVKU juga menyiarkan acara Tempo TV
      Acara TVKU kebanyakan acara Dialog, Music, Berita Politik, Kriminal, Olahraga, dan pendidikan. Masuk Jaringan Suara Merdeka Network.
      Sebenarnya acaranya TVKU lebih menarik daripada acara Cakra Semarang TV (Jaringan Indonesia Network)
      Di Semarang Saluran UHF membingungkan
      UHF 21 Kosong
      UHF 23 TVRI Jawa Tengah
      UHF 25 Antv
      UHF 27 Indosiar
      UHF 29 Trans TV Semarang
      UHF 31 MNC TV
      UHF 33 RCTI
      UHF 35 SCTV
      UHF 37 GLOBAL TV
      UHF 39 TV ONE (Kualitas Gambar lebih buruk daripada TV Lokal Semarang)
      UHF 41 Trans 7
      UHF 43 Metro TV Jawa Tengah
      UHF 45 Pro TV Semarang (Sindo TV)
      UHF 49 TV Borobudur Semarang (Kompas TV)
      UHF 50 TATV Surakarta (Gambar Kurang Jelas)
      UHF 51 Kosong
      UHF 53 Cakra Semarang TV (Semarang TV / Bali TV)
      UHF 55 Kosong
      UHF 57 Dulu pernah diisi B Channel Semarang (Bagus TV / Life TV)
      Sekarang SJTV Jepaa (Gambar Tidak Jelas)
      UHF 59 Simpang Lima TV Pati (Jawa Pos Group)

    • Pengennya sih begitu, tetapi kita lihat aja nanti.. tapi yang saya tahu B Channel Semarang sudah memiliki Tower Stasiun Pemancar sendiri

  2. @ Adi: Mau koreksi UHF 49 itu TVKU, UHF 47 TVB (Kompas).
    Di TV saya, UHF 57 dan UHF 59 sama sekali tidak tertangkap.
    Untuk kualitas gambar (dan suara) TVOne yang buruk mungkin disebabkan karena letak pemancarnya ‘nyeleneh’ sendiri, di Gunung Pati (yang lain di Gombel).
    Semoga saja B Channel segera mengudara di Semarang.

    • @ Cahyo : Thanks atas koreksinya… he..he..
      B Channel bekerjasama dengan TVKU dan perlahan-lahan TVKU Semarang mulai menyesuaikan Jam Acaranya dengan Jam Acara B Channel.

  3. TV-M sudah mulai menayangkan newsticker (newsrunning), tapi isinya saya rasa diambil dari judul-judul berita di Kompas.com deh hehe

  4. Di Semarang Indosiar, SCTV, RCTI, MNC TV, dan Global TV sudah sejak lama pada saat Adzan Magrib Jakarta selalu menayangkan Iklan Comersial, tetapi anehnya siaran lokal Stasiun TV tersebut pada belum ada, apa mungkin Iklan Komersial itu yang menjadi siaran konten lokal mereka ya? he..he..
    Apa di daerah lain juga begitu?

  5. Salam kenal kawan semua
    Sejak juni kemarin Garuda Vision Bandung relay program O Channel Jakarta, bahkan sampe program Garuda Visionnya sendiri dibuatin sama O Channel

  6. Update: Dapet dari Blog Sebelah “Daftar Calon Stasiun TV Digital di Yogyakarta”
    – Nusantara TV Jogja
    – Kreasi Televisi Indonesia
    – Gen TV
    – E-Motion TV
    – Republika TV
    – Rainbow TV
    – SportOne TV
    – Inspira TV
    – Suka TV
    – Pandawa TV
    – Warna TV
    – Smile TV

    • Udah ngecek ya mas? habis kata temen-temen di Pati Channel 53 UHF, kalau di Pati Channel 57 UHF berarti kan kalau B Channel Semarang mengaktifkan pemancarnya di Semarang ka semua masalah jadi ilang… Tinggal Ijin pengaktivan Pemancar di Semarang.

  7. @ Fahreza: Kadang Wikipedia B. Indonesia sering bohong (salah) informasi. Jika bisa, liput aja di blogmu. Buktinya tadi NET. hanya color bar EBU, Indonesia Raya, dan Kobochan Pagi seperti biasanya.

  8. Ada gak sih antena yang kualitasnya bagus yang bisa untuk siaran analog tetapi bisa juga untuk menerima siaran Digital? Mohon info Merek dan Jenisnya.. trimakasih..

    • KPID Award itu ajang penganugrahan bidang Pertelevisian di tingkat Jawa Tengah..
      Di Semarang Gambarnya pas acara dulu jelek banget, karena yang menjadi Penyelenggara Siaran langsung TATV Solo jadi gak jelas banget.

    • Mas Kharisma, di Semarang TV Digital yang udah bersiaran apa aja?
      Trus panjenengan tahu gak Stasiun TV apa aja yang akan mengudara? Trimakasih

    • Mas Kharisma kalau TVKU jadi jaringan B Channel trus Suara Merdeka Networknya gimana? trus Siaran Televisi Edukasi juga gimana tuh?
      Di ungaran apa bisa lihat siaran Kartika TV?
      Makasih

  9. Kalau di Ungaran nggak bisa kalau nonton Kartika TV. Kalau TVKU mesti selalu ada siaran lokal kerjasama Suara Merdeka yang diberi nama Edunews dan Lintas Berita.

  10. Update : Ada perbedaannya di TVKU via terrestrial dan streaming pas siaran B Channel. Kalau di terrestrial di kiri atas logo TVKU bergantian dengan tulisan Edutainment Channel, tetapi kalau di streaming ada logo AORA di kiri atas logo TVKU dan tidak ada tulisan Edutainment Channel.

  11. Update : ternyata TVKU udah berganti pimpinan, jadi mungkin saja kalau kelak berubah jadi Komersial murni…
    Trus Siaran Pendidikan jadi hilang donk.. kan di Semarang gak ada Televisi Edukasi murni.. adanya ya di TVKU

  12. Update BChannel memulai acara ramadhan dini hari tadi,, tanpa ada logo,, adzan maghrib pun diputar pukul 2,00 WIB ??? kok aneh

  13. Update dari tvOneNews: Kabupaten Malang Diguncang Gempa 5,9 SR

    Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyebutkan telah terjadi gempa bumi berkekuatan 5,9 skala Richter di 112 kilometer tenggara Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin, pukul 09.13 WIB.

    Pusat gempa berada di posisi 9.16 derajat Lintang Selatan (LS) dan 113.00 derajat Bujur Timur (BT), atau 112 kilometer tenggara Malang, dengan kedalaman 10 kilometer. (Ant)

  14. Update:Sekarang TV-M mengudara mulai pkl.15:00 WIB-pkl.19:00 WIB.Minggu kemarin TV-M relay spacetoon pkl.17:00 WIB-pkl.17:30 WIB.Sekarang TV-M tidak merelay spacetoon.

  15. Update : B Channel di TVKU mulai pukul 05.00 WIB s/d 01.00 WIB
    Simpang 5 TV Pati siaran 24 Jam selama Bulan Ramadhan
    NET di Semarang belum ada.
    Kalau boleh tahu, stasiun TV milik Lippo itu apa ya?
    Trima Kasih

  16. Update : Pas acara Malam Minggu Miko di KOMPAS, semua TV lokal menayangkan acara itu sendiri-sendiri karena disesuaikan dengan waktu Maghrib di daerah masing-masing. Tetapi kalau di Dewata TV Bali pas acara tersebut relay KOMPAS.

  17. Update TV Lokal Bali:
    * Dewata TV Bali (UHF 23)
    Ketika berita lokal Bali berlangsung, Dewata TV menampilkan newsticker yang agak mirip dengan newsticker Sindo TV. Kemudian, acara lokal di Dewata TV dibanyakkan (ada promo program apa itu, yang ada pukul 14:00 WITA di hari Rabu). Lalu, Station ID Dewata TV ini bagus walaupun ada kata “Inspirasi Indonesia” dan di bagian akhir, logo Dewata TV yang tampil.

    * Alam TV (UHF 39)
    Waduh, di hotel itu sinyalnya jelek. Selain itu, yang keluar cuma suara dan gambarnya buram banget (padahal hotelnya pinggir Kota Denpasar).

    * BMC TV (UHF 53)
    TV ini sudah tidak mengudara pukul 15:00 WITA – 22:00 WITA. Tapi siarannya mulai pukul 06:00 WITA – 00:00 WITA. Logo BMC TV ini jadi diberi kotak untuk menutupi logo Sindo TV. Desain iklannya aja mirip Sindo TV. Station ID juga baru.

    * Bali TV (UHF 49)
    Siarannya sama seperti BMC TV. Desain iklan Bali TV juga baru sama Station ID.
    Station ID Bali TV ada tari Barong dan desain iklannya sangat bagus sekali. Tapi, ketika “Lintas Mancanegara” dan “Suluh Indonesia” newsticker Bali TV muncul dan kemudian dibacakan presenter yang dari newsticker.

    @ Fahreza Arif: Kenapa NET.5 tidak dari dulu aja?! Terus, NET.5 itu tayang selama Ramadhan atau selamanya?

  18. Update : Pas program Jejak Rasul di KOMPAS, semua stasiun TV lokal jaringan KOMPAS menyiarkan acara itu sendiri-sendiri kecuali atv Malang dan Dewata TV Bali relay KOMPAS.

  19. @ Rizqi: Sebelum Ramadhan 1434 H, Trans TV Surabaya masih menayangkan adzan maghrib Surabaya dan siaran Trans TV di pusat (Jakarta) dipause. Kalau di Trans 7 Surabaya, ikut lagi adzan Jakarta. Padahal, bagusan tayang terus (kemungkinan bisa berpengaruh di acara ngabuburitan di Transcorp).

  20. Update: Di radio Suara Surabaya FM 100.0 , tadi pagi ada adzan subuh saat acara utama “Kelana Kota” (selama Ramadhan). Tapi kalau di bulan biasa, tidak ada adzan subuh.

  21. @ Kharisma: O..begitu. Tapi kenapa adzan subuh di TV Lokal KOMPAS tidak ada dari dulu? Apakah itu hanya pada saat Ramadhan?

    Update: detik.com luncurkan berita religius di detikramadhan2013.com🙂

  22. Update : Mulai hari ini di TVB Semarang pas acara Malam Minggu Miko di KOMPAS, meskipun siarannya sendiri-sendiri tetapi menggunakan 2 logo yaitu logo TVB Semarang di kiri atas dan logo KOMPAS yang bergantian dengan tulisan Indonesia Satu di kanan atas.

  23. Di Makassar TV pun juga. Pas acara Malam Minggu Miko di KOMPAS, juga menggunakan 2 logo, yaitu logo Makassar TV di kiri atas dan logo KOMPAS di kanan atas.

  24. Update: Tadi ketika lihat streaming Makassar TV, Makassar TV menggunakan newsticker dengan judul berita dari tribuntimur.com . Pada saat siaran KOMPAS.

  25. @ Kharisma: Dulu waktu “Jendela Jatim” sebelum ada KOMPAS TV Surabaya, ia menggunakan newsticker dari surabayatribunnews.com . Dan aku pikir hanya di Surabaya, yang menggunakan nama “Kompas Jatim” lalu menular di daerah lainnya.

    Mau tanya, Kharisma. Pro TV Semarang ketika iklan di siaran lokal, apa ikut menampikan promo program dari Sindo TV (seperti Inseleb , Tangguh 20, dsb) atau hanya promo program Pro TV Semarang?

  26. Jujur, masih bingung kenapa NET. lebih memilih menayangkan NET. 5 ketimbang memperpanjang durasi/memajukan jam tayang Indonesia Morning Show.

    btw, Garuda Vision TV sudah bergabung dengan O Channel sejak April 2013.

  27. @ Rizqi: Apalagi di jam – jam sahur itu diisi acara hiburan (seperti The Comments, Break Out, dll). Sampai selamanya ya NET. mengudara 24 jam?

  28. Update Via Parabola : Tadi malam jam 18.30 pas sebelum acara Serba Serbi Ramadhan, TVRI Jambi nayangin station ID yang lagunya TVRI, Saluran Pemersatu Bangsa. Dan mulai kemarin, di TVRI Kalteng ada tulisan 68 Tahun Kemerdekaan RI di kiri atas, dan logo TVRI Kalteng bergantian dengan tulisan 51 Tahun TVRI di kanan atas seperti TVRI Nasional.

  29. Update lagi : Sekarang giliran STV Bandung dan atv Malang pas acara Malam Minggu Miko dan Jejak Rasul menggunakan 2 logo, yaitu logo TV lokal jaringan KOMPAS di kiri atas dan logo KOMPAS yang bergantian dengan Indonesia Satu di kanan atas.

  30. Update : Logo TV Borobudur Semarang mulai jam 02.00 WIB pasti menghilang dan kembali muncul jam 04.00 WIB. Mungkin menandakan kalau jam 02.00 – 04.00 WIB TV Borobudur lagi off dan yang on air langsung Kompas TV
    B Channel di TVKU Semarang mengudara dari jam 05.00 – 02.00 WIB

  31. Kok gak ada yang mengulas tentang Televisi Digital di Semarang ya?
    Padahal kemaren pas aku ke rumah temanku yang udah isa menangkap siaran Digital. (METRO TV, MNC Group, EMTEC Group, dan Viva Group)
    O Channel dan Berita Satu sudah memiliki ijin siaran analog di Semarang, tetapi kok gak digunakan ya?

  32. Ini yang terjadi di STV Bandung
    Selepas acara lokal Damar Parahyangan, STV Mengudara Tanpa Logonya sendiri. Tapi pas acara USB logo itu tayang kembali. Sebelum ststion id full kompas jam 05.00… pukul 04.48 STV menayangkan lagu indonesia raya.
    Ini seakan siaran dalam sign off. Seperti halnya MNC Bussniess…

  33. Ini jadwal relay KOMPAS di STV
    00.00 Siaran Lokal STV – Tanah Airku
    00.03 Siaran Lokal STV
    01.00 Siaran KOMPAS
    04.58 Indonesia Raya STV
    05.00 Siaran KOMPAS
    10.00 Siaran Lokal STV
    12.00 Siaran KOMPAS
    13.00 Siaran Lokal STV
    14.30 Siaran Kompas
    17.00 Siaran Lokal STV
    18.30 Siaran Kompas

    Dan terus diulang selama ramdhan

    01.00

    • Cakra Semarang TV 24 Jam mas Kharisma… tumben banget… cuman acaranya kurang oke dan kurang berfariatif….

    • Kurang tahu mas Fajar.. soalnya baru semalem tayang 24 jam (acara wayang kulit)
      tapi dulu juga sering kalau lupa pasang Colour Bar pas mau off, kadang di Cakra Semarang TV ada film Box Office nya… jam 00.00 WIB.
      Kalau dengan Jaringan Indonesia Network lainnya bagaimana?
      Tapi jujur tayangan Cakra Semarang TV benar-benar kurang variatif, apalagi semenjak banyak Kru yang hengkang dan pindah ke Pro TV dan TV Borobudur.

  34. Kalau di TV jaringannya Indonesia Network, Bali TV kalau hari Minggu dan Senin malah 24 jam. Malah Bali TV nayangin film dan siaran ulang program berita termasuk Seputar Bali dan Lintas Mancanegara.

  35. B Channel jogja sudah ada, dapat disaksikan melalui Nusa TV Jogja…
    di Semarang B Channel hanya satu, karna yang 57 UHF dulunya memakai saluran kota Pati dan bergeser ke 53 UHF (di Semarang dipakai Cakra Semarang TV)
    Nunggu kemunculan 2 TV Lokal Pati (SMTV/O Channel, Kudus TV/Lippo) yang udah punya ijin siar, tapi kok udah 3 tahun gak mengudara ya?
    Simpang 5 TV Pati (Jaringan JPNM) mengudara 24 jam, tetapi mulai jam 00.00 – 03.00 kayak siaran percobaan gitu…
    JSTV Jepara, kembali menghilang, TATV Solo di tempatku juga menghilang.

    • Pihak B Channel kayaknya agak kecewa dengan Kartika TV Pati yang daya pancarnya kecil, jadi mereka bekerjasama dengan TVKU Semarang.

  36. Kharisma : saya juga baru tahu dari teman mas, tapi sinyalnya masih kecil cuman 1kw. Nusantara TV Yogyakarta. Masih tahap uji coba pemancar mas…
    seperti halnya Kartika TV Pati yang ternyata juga hanya 1kw. jadi untuk menjangkau Seluruh Pati aja gak sampai, apalagi suruh nyampe Semarang…
    dari pihak B Channel katanya akan secepatnya mengudara di Yogyakarta dan Madiun…

  37. Ralat… B Channel Jogja di siarkan melalui NUSA TV 56 UHF (Kanal Magelang) Mulai mengudara tanggal 19 Juli 2013

  38. Update: di wilayah Jakarta, ada penambahan channel TV Digital dari mux tvOne, yaitu SportOne TV sedang siaran percobaan

  39. Chanel Semarang dan Pati Jawa Tengah (UHF)
    45 Pro TV (Sindo TV)
    47 TV Borobudur (Kompas TV)
    49 TVKU (B Channel)
    51 diperuntukkan TV Komunitas (Masih kosong)
    53 Cakra Semarang TV (Indonesia Network)
    55 NET Pati (belum mengudara)
    57 Kartika TV Pati (B Channel)
    59 Simpang 5 TV Pati (JPNM)
    61 Berita Satu TV Pati (Belum Mengudara)
    63 Sport One Pati (Belum Mengudara)

    Menurut data Perijinan di KPID Jateng (tapi sewaktu-waktu bisa berubah, terhgantung KPI Pusat dan Kominfo… katanya apalagi kalau jatah kanal di Semarang jadi di tambah)

  40. @ Adi dan Kharisma : Wih.. Harusnya Sport One TV dan Beritasatu TV siarkan aja di tv lokal. Berarti di Pati, ada NET. ya dan jangkauannya masuk Semarang, ya? NET. Pati berarti mengudara via TV Lokal atau bikin sendiri?

    • Menurut data di KPID Jateg mas fajar, tapi kenyataannya belum pada mengudara… kurang tau kenapa? saya tidak punya kontak dengan NET dan Berita Satu..

    • Kayaknya memakai TV Lokal, tapi TV lokalnya tidak tahu pergi kemana… Perijinan udah keluar dari 2th yang lalu.
      Mungkin karena dapat kanal Pati jadi, masih mikir buat mengudara… karena pada meminta bisa mengudara di Semarang mas…

  41. Update via streaming : Pas acara Malam Minggu Miko, Khatulistiwa TV Pontianak relay KOMPAS, sedangkan RBTV Jogja dan TVB Banjarmasin siaran sendiri-sendiri. Kalau di RBTV Jogja ada 2 logo, yaitu logo RBTV di kiri atas dan logo KOMPAS yang bergantian dengan tulisan Indonesia Satu di kiri atas, sedangkan TVB Banjarmasin hanya menggunakan logo TVB di kiri atas.

  42. Di seluruh TV jaringan KOMPAS semuanya ada, kecuali Dewata TV Bali, TVB Semarang, RBTV Jogja dan Khatulistiwa TV Pontianak. Tetapi TVB Semarang juga menayangkan promo KOMPAS yang Kilau Ramadhan.

  43. @ Aldo : Sebenarnya Sport One TV bikin aja jaringan di terestial. Kan, kasihan orang yang tidak langganan prabola. Tidak bisa nonton Sport One TV.

  44. Kurang tau mas… cuman ada ruangan khusus buat ProTV Semarang, Jaringan Sindo TV di Pemancar Relay MNC di Gombel Semarang.
    Tetapi Studio MNC Group saat ini menggunakan Studio Pro TV, Jaringan Sindo TV di Jl. Setyabudi, Srondol Banyumanik – Semarang..

  45. Sekarang jam 15.30, TVKU Semarang punya acara baru yaitu KABAR JAWA TENGAH. Untuk bisa menyaksikan B Channel pada saat TVKU siaran lokal, hanya bisa menggunakan parabola.

  46. Update : Pas siaran F1, semua stasiun TV jaringan KOMPAS menggunakan logo abu-abu kecuali Dewata TV Bali dan RBTV Jogja. Malah Makassar TV yang biasanya menggunakan logo aslinya yang juga bergantian dengan tulisan Makassar Satu malah pas F1 menggunakan logo dari KOMPAS yang bertuliskan makassartv.

  47. B Channel di TVKU Semarang sudah tidak siaran uji coba lagi…. sudah resmi bersiaran dan TVKU resmi menjadi jaringan B Channel

  48. Update pas Adzan Subuh di KOMPAS : STV Bandung, TVB Semarang, atv Malang, dan khatulistiwatv Pontianak menayangkan Adzan Subuh lokal sesuai wilayah masing-masing, khusus RBTV Jogja, Kompas TV Surabaya, TVB Banjarmasin dan Makassar TV Adzan Subuh relay KOMPAS.

  49. Kalau di TVKU Semarang, tidak mengikuti Cahaya Illahi Berbuka, hanya menayangkan selingan musik dan iklan ucapan Selamat Berbuka Puasa dari Gubernur Jawa Tengah dan Plt Walikota Semarang dan kalau iklan komersial hanya satu, yaitu Khasanah Muslim Al Fath. Kalau Adzan Maghrib masih mengikuti Adzan Lokal TVKU, belum Adzan B Channel.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s