Uplink Bermasalah, Siaran mytv di Luar Jakarta Hilang

Stasiun televisi dengan misi pemberdayaan perempuan mytv hilang dari peredaran sejak Jumat (9/8/19) malam. Seorang kawan dari Medan mengabarkan hilangnya siaran mytv di televisinya. Setelah saya cek, siaran mytv di rumah saya saat itu berganti dengan color bar dari operator TV berbayar. Malam itu saya berkesimpulan mytv (mungkin) melakukan perbaikan sehingga menutup siaran lebih awal, dan sudah memberikan notifikasi pada TV berbayar sehingga kanalnya diisi color bar.

Namun, ternyata siaran mytv masih belum kembali sampai Minggu (11/8/19) malam ini. Siaran mytv di Medan nampak di-non-aktifkan setelah sebelumnya sempat berhasil mengudara dengan melakukan relay siaran yang ada di live streaming MIVO (yang baru saya ketahui ternyata jadi streaming resmi mytv di websitenya). Siaran mytv di rumah saya juga masih belum kembali, dan digantikan oleh siaran pengganti in-house TV berbayar.

Sampai artikel ini terbit, belum ada penjelasan resmi mengenai hilangnya siaran mytv di luar Jakarta. Merujuk ke instagram resmi stasiun televisi milik crazy rich Dato’ Sri Prof. Dr. Tahir, MBA pemilik Mayapada Group (yang juga punya saham di rtv), saat ini mytv mengalami gangguan pada output siaran mereka di satelit Palapa D. Kemungkinan inilah yang membuat stasiun daerah dan TV berbayar yang saya gunakan di rumah saya tidak bisa menyiarkan konten televisi yang dulunya bernama INtv, yang bermula dari siaran televisi lokal BANTEN TV.

Gangguan seperti apakah yang dialami mytv hingga siarannya tak bisa dinikmati di luar Jakarta selama beberapa hari? Sekali lagi sampai saat ini belum ada penjelasan resmi. Tapi yang pasti, frekuensi mytv di Palapa D kini berisi Info TV, in-house dari TV berbayar Topas TV yang juga merupakan grup dari Mayapada di bidang media, dan siaran di daerah (setidaknya pernah) diusahakan untuk diisi dengan mengambil siaran mytv secara live streaming, tapi tidak mulus berlangsung sehingga mytv tak bisa disaksikan dari luar Jakarta, kecuali dengan live streaming.

Leave a comment