Tak Ada Salam Perpisahan, Bloomberg TV Indonesia Dililit Krisis Finansial

Di YouTube kita bisa temukan banyak video ketika sebuah stasiun televisi akan berakhir siarannya. Bukan berakhir untuk berjumpa lagi esoknya, tapi berhenti beroperasi secara keseluruhan. Tapi, kita tidak akan menemukannya ketika mencari video perpisahan dari Bloomberg TV Indonesia.

Perbincangan soal bubarnya Bloomberg TV Indonesia masih cukup hangat bagi sebagian orang, terutama pemirsa setianya. Sebagian orang mempertanyakan berakhirnya siaran dari Bloomberg TV Indonesia, malahan banyak yang belum tahu bahwa Bloomberg TV Indonesia yang sering disingkat BTVID di kalangan penghuni davenirvana1 World itu sudah tidak lagi beroperasi. Isunya, krisis finansial mendera perusahaan. Kalau Anda salah satu yang mendengar isu tersebut, bolehlah kita duga bahwa isu itu bukan sekedar isapan jempol belaka.

Penelusuran saya di sosial media menemukan bahwa Menteri Ketenagakerjaan menemui karyawan ex-BTVID. Rupanya, sebagian besar dari mereka tidak mendapatkan gaji dan pesangon. Dari sini, bisa kita simpulkan bahwa memang BTVID mengalami kesulitan pendanaan.

Kalangan pengamat amatiran untuk urusan media, khususnya televisi, seperti saya ini, sudah sering mendengar bahwa BTVID adalah salah satu televisi dengan gaji terbesar di negeri ini. Dengan gaji yang besar, iklan yang masuk ternyata masih sedikit, bahkan cenderung tidak ada. Secara sederhana, kita bisa mengingat kembali bahwa ada sebuah peribahasa “besar pasak daripada tiang”. Mungkin, mungkin lho ya, ini yang terjadi pada BTVID.

Staf khusus Menteri Ketenagakerjaan berencana menemui pemegang saham terbesar di BTVID, menagih janji agar gaji karyawan serta pesangonnya segera dibayarkan. Mungkin ini akan menjadi kesulitan tersendiri bagi si pemilik saham itu. Tapi, apapun, semoga segera terealisasi, sehingga permasalahan ini cepat selesai.

Masih menjadi misteri bagi saya mengenai rencana akuisisi BTVID oleh Bosowa Group dari Makassar yang ingin punya 55% saham stasiun pemegang lisensi Bloomberg Television itu. Apa sesungguhnya yang membuat kabar akuisisi ini menguap begitu saja? Katanya akuisisi ini akan selesai dalam 2 bulan sejak Desember 2014 lalu. Kalau ada yang tahu jawabannya, boleh berbagi kabarnya di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s