TVRI dan MNC Jadi Penyedia Gambar Upacara Kenegaraan 17 Agustus 2019

Televisi Republik Indonesia alias TVRI dan Media Nusantara Citra alias MNC menjadi TV Pool Upacara Kenegaraan memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 ini. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Apni Jaya Putra dalam unggahan instagramnya 24 Juli lalu. Penjelasan mengenai hal ini dapat ditemukan pada unggahan fotonya bersama dengan rekannya dari MNC Group, Taufik.

Pada unggahannya tersebut Apni menjelaskan bahwa ia mengadakan rapat produksi 17 Agustus. Menurut Apni, penyiaran upacara 17 Agustus 2019 tersebut diamanahkan kepada TVRI dan MNC Group. Apni dan Taufik tidak kesulitan dalam rapat produksi ini karena mereka sebelumnya sudah akrab sejak bekerja bersama di RCTI maupun di KOMPAS TV.

Helmy Yahya Direktur Utama TVRI sendiri bilang dalam unggahan di instagramnya bahwa TVRI telah bertahun-tahun tidak ditunjuk untuk melakukan penyiaran upacara kenegaraan tersebut. Moderenisasi peralatan yang dilakukan bersama dengan perbaikan lainnyalah yang menurut Helmy Yahya membuat TVRI kembali dipercaya memproduksi siaran tersebut. Helmy Yahya menyebut akan ada 14 kamera canggih diterjunkan bersama OB Van terbaru TVRI untuk memproduksi siaran tersebut.

Sejatinya upacara kenegaraan memang satu hal yang sangat melekat bagi TVRI. Sepekan sebelum dimulainya Asian Games 1962, TVRI melakukan siaran perdana sekaligus siaran uji coba pelaksanaan upacara kenegaraan memperingati HUT Proklamasi Republik Indonesia. Namun demikian setelah kemunculan TV-TV swasta, TVRI jarang mendapatkan tugas dari negara untuk memproduksi siaran upacara tersebut, sekalipun setiap tahun TVRI tetap menyiarkan siaran upacara kenegaraan 17 Agustus tersebut.

Besok, dari stasiun televisi manapun Anda menyaksikan Upacara Kenegaraan 17 Agustus 2019 dalam rangka HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, adalah kru produksi TVRI dan MNC yang mengerjakannya. Semoga TVRI dan MNC Group dapat menjalankan tugas sebagai TV Pool dengan lancar. Merdeka!

Leave a comment