Gara-gara Angin, 2 Tower TV Lokal Ambruk

Mungkin kamu pernah dengar tentang angin yang menerjang wilayah Malang Raya (Kota Malng, Kota Batu, dan Kabupaten Malang) Selasa-Rabu 11-12 Januari 2011 kemarin. Banyak kerusakan yang terlihat ketika aku berkeliling Kota Malang melihat dampak angin kencang yang katanya kecepatannya 60-70 km/jam. Ada tower komunikasi pemerintah kota yang patah jadi 5 bagian,ada “kubah” masjid yang “bolong”, ada banyak pohon tumbang juga papan iklan alias billboard yang jatuh ke kabel dan ngebuat listrik lumpuh beberapa jam. Di Kabupaten Malang juga serupa. Ada juga atap rumah semi-permanen yang terbang. Di Kota Batu juga ga jauh berbeda. Tapi ada yang lebih dahsyat di sini: 2 tower TV lokal ambruk.

Di Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo, Kec. Junrejo, Kota Batu, ada puluhan tower TV dari nasional hingga lokal. Di Malang Raya sendiri ada 6 TV lokal. Batu tv, Malang TV, ATV Batu, CRTV Malang, DHAMMA TV (entah “terdaftar” di Malang atau di Batu), dan family tv (ftv) Malang. Nah, 2 tower TV lokal yang ambruk itu adalah CRTV dan DHAMMA TV (menurut berita yang aku dengar). Faktanya memang 2 TV itu tidak muncul mulai dari Selasa. Ada juga TV lain yaitu NDTV, sebuah TV berjaringan, yang juga ikutan hilang. Entah ada masalah apa di sana tapi yang jelas 3 TV itu tidak siaran beberapa hari.

CRTV yang bersiar di channel 62 UHF merupakan TV yang cukup concern dengan Islam. DHAMMA TV yang bersiar di channel 26 UHF merupakan TV yang cukup concern dengan Buddha. CRTV menggunakan guy wire tower (yang pake tali itu) setinggi 30 meter. Sedangkan DHAMMA TV menggunakan self-support tower (yang berdiri sendiri itu) setinggi 70 meter. Beruntungnya kedua tower itu tidak jatuh ke rumah warga sekitar. Tapi tower CRTV jatuh ke kandang ayam yang diternakkan, sedangkan tower DHAMMA TV jatuh ke pekarangan rumah warga. Kerugian dari kedua TV ini sekitar puluhan juta rupiah.

Ketika aku menulis blog ini pada hari Minggu 16 Januari 2011 ini, DHAMMA TV sudah mulai siaran. Sedangkan CRTV belum. Adapun NDTV yang belum jelas ada masalah apa, juga belum siaran. Semoga CRTV dan NDTV bisa segera siaran lagi, karena ada ceramah agama di CRTV yang selalu dinanti pemirsanya, dan juga NDTV yang selalu ditunggu pemirsanya karena dijadwalkan akan menyiarkan American Idol 2011 bersama TV sejaringannya itu.

10 thoughts on “Gara-gara Angin, 2 Tower TV Lokal Ambruk

  1. kalo menara indosiar di kebon jeruk pake menara hybrid. hybrid antara guy wire sama self support. menara tv tertinggi di indonesia. tingginya 395m kalo ga salah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s