B Channel: Memendek dan Nasional?

B Channel, salah satu TV berjaringan yang berkembang dengan cukup pesat di Indonesia. Apa perkembangannya kini?

B Channel baru-baru ini masuk ke TV berbayar lain, yaitu aora. Dengan itu B Channel menambah daftar ketersediannya di TV berbayar setelah hadir di TelkomVision. Selain itu, program di salah satu TV jaringan B Channel juga berubah, yaitu di Nusantara Damai (NDTV) Malang.

Di awal kelahirannya, NDTV belum berhasil mengembangkan konten lokal hingga beberapa bulan kemudian membuat satu program lokal “Kabare Kota Malang” dan memperpanjang jam tayang NDTV dari 16:00-22:00 WIB menjadi 16:00-23:00 WIB. Dan setelahnya secara nasional terus bertambah dan akhirnya secara resmi menjadi 06:00-00:00 WIB.

Di sekitar bulan Agustus, program lokal NDTV berganti dari “Kabare Kota Malang” menjadi “Panorama”. Secara umum tidak ada yang signifikan di perubahan program ini.

Di akhir November 2011 ini, siaran NDTV memendek dari 06:00-00:00 WIB menjadi 06:00-23:00 WIB. Selain itu, program lokal “Panorama” kini tidak lagi disiarkan sendiri oleh NDTV, namun merelay program serupa yaitu “Panorama” yang ada di feed satelit, yang juga disiarkan di B Channel.

Selain jam tayangnya memendek, apakah B Channel juga “berkeinginan” untuk berganti jenis dari TV berjaringan menjadi TV nasional beda nama?

Sebenarnya indikasi B Channel “ingin” menjadi TV nasional sudah ada sejak awal. Ini karena program lokal di jaringan B Channel (Kabare Kota Malang, City Info Jakarta, City Info Surabaya, City Info Bandung, Kabar Kota Pekanbaru, Kabar Kito Palembang, Kabar Kota Kupang, Sekitar Torang, dsb) sebenarnya tidak ada yang diproduksi di wilayah siar masing-masing TV. Semuanya diproduksi di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, kantor TVN. Hal ini bisa dilihat di salah satu episode “Sekarang Aku Tahu” B Channel. Ketika itu episode ini menceritakan proses pembuatan program “Kabar Kota Balikpapan” yang diproduksi di studio TVN.

Ketika memasuki Agustus, semua program lokal berganti menjadi “Panorama”. Akhirnya tidak ada lagi bedanya program lokal di semua daerah layanan siar jaringan B Channel. Walaupun masing-masing mungkin memutar episode yang berbeda, tapi semuanya tetap hasil produksi TVN di Bekasi. Itulah kenapa saya sebut tidak ada perubahan signifikan antara “Kabar Kota” dan “Panorama”.

Apalagi sekarang, NDTV sudah tidak memutar sendiri program “Panorama” tapi merelay dari satelit. Saya jadi mendapat kesan B Channel telah berubah menjadi TV Nasional yang beda daerah beda nama saja. Selain itu, baru-baru ini ketika pemancar MNTV di Surabaya mengalami gangguan dan tidak menyelenggarakan siaran sementara waktu, melalui twitter B Channel memohon maaf dengan menyebut pemancar itu sebagai “pemancar B Channel di wilayah Surabaya”, bukan “pemancar MNTV Surabaya”.

Ini dugaan saya saja. Kalau di daerah di luar Malang tetap seperti biasa mungkin NDTV sedang mengalami gangguan teknis. Tapi jika di luar Malang juga terjadi hal yang sama, boleh kita berbagi informasi.

138 thoughts on “B Channel: Memendek dan Nasional?

  1. iya, dulu di B Channel Jakarta ada tuh “City Info Jakarta” setiap awal-akhir siaran.

    Terus aku juga inget station id b channel dulu (satu keluarga gitu, masih inget kan?) kalo awal siaran itu di “switch” ke logo b channel/logo lokalnya. Kan seharusnya gambar keluarga senyum doang gitu

    Ya, tapi mungkin sejak b channel ganti model iklan, logo (modifikasi dikit) dan beberapa jadwal siaran jadi berubah semua. Mungkin yaa…

    • Dulu di SMP saya ada parabola tapi dibatasi Telkom1 sama Palapa C (1 sama 2 kayaknya, lupa). Pas mampir ke sana aku utek-utek akhirnya dapet B Channel dari Palapa. Kalo yang Apstar 6 itu pas NDTV gangguan teknis tahun 2008. Di rumah sih ya pake aora itu mas hehe. Isinya sama semua, sama-sama ngga ada logonya, biar ga numpuk sama logo lokal

  2. Davenirvana , karena B Channel belum ada di Semarang saya masih menggunakan parabola untuk bisa menonton B Channel. Dulu saya tidak bisa menonton B Channel. Lalu sekarang sudah bisa nonton B Channel melalui parabola sejak September 2011. Karena yang membelikan parabolaku adalah B Channel.

  3. Davenirvana , dulu saya ingat station IDnya B Channel, ada orang yang main laptop, lalu ada anak bermain puzzle kata-kata, lalu ada anak membantu ibu memasak, ada yang main biola, ada sekeluarga yang bersantai di teras, ada sekeluarga naik delman sambil menonton pertandingan sepakbola di lapangan, lalu sekeluarga senyum dan yang terakhir ada tulisan “B Channel, B Inspired”. Tapi kalau di ctchannel Bandung iklannya hanya sampai sekeluarga naik delman sambil menonton pertandingan sepakbola.

  4. Davenirvana, dulu waktu jamannya 1001 cinta yaitu awal tahun 2011 B Channel tidak ada station ID sama sekali. Lalu mulai bulan Mei sampai sekarang station IDnya berubah hanya tulisan Inspirasi Keluarga Anda, B Channel

  5. Davenirvana, dulu di B Channel kalau Adzan Maghrib malas hanya ada tulisan “Saatnya Adzan Maghrib untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya”. Lalu mulai sekarang B Channel sudah rajin kalau Adzan Maghrib sejak Agustus 2010.

    • Dulu di Malang juga gitu. Awalnya ada tulisan “Sesaat lagi adzan Maghrib” di layar bawah 2 menit sebelum adzan, terus dipotong pakai tulisan “Saatnya adzan Maghrib” sama background matahari terbenam di pantai, ada siluet pohon kelapa. Terus 15an detik kemudian keluar logonya NDTV sama tulisan “Tetaplah Bersama Kami” sekitar 1 menit

      • Dulu saya ingat juga di MNTV Surabaya, dulu malas Adzan Maghrib hanya ada tulisan “Saatnya Adzan Maghrib untuk Surabaya dan sekitarnya” lalu terakhirnya bukan tetaplah bersama kami. Tetapi muncul logo MNTV. Tetapi sekarang 2 menit sebelum adzan “Saatnya Adzan Maghrib untuk Surabaya dan sekitarnya” lalu sekarang sudah rajin.

  6. Davenirvana, dulu di B Channel kalau Adzan Maghrib malas sekali hanya ada tulisan “Saatnya Adzan Maghrib untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya”. Lalu mulai sekarang B Channel sudah rajin kalau Adzan Maghrib sejak Agustus 2010.

  7. Davenirvana, dulu waktu setelah station ID B Channel, ada sekeluarga duduk di karpet dan ada yang main laptop lalu ada tulisan “Program ini untuk Bimbingan Orang Tua / Remaja / Semua Umur”

  8. Dulu orang Indonesia yang tidak bisa menonton B Channel, termasuk orang Semarang, Yogyakarta, dan Bali susah sekali kalau nonton B Channel karena masih menggunakan satelit Apstar 6. Kebanyakan dulu punya parabola tetapi yang satelit Palapa D dan Telkom 1. B Channel sudah ada di Palapa sejak April 2011.

  9. Davenirvana, dulu waktu awal-awal muncul, di B Channel tulisan BO Remaja muncul 5 detik. Lalu sekarang muncul terus sejak 17 September 2011, tepatnya seminggu yang lalu saya sudah punya parabola.

  10. Davenirvana, dulu pembukaan B Channel “Indonesia Raya” waktu siaran percobaan dulu gambarnya ada Tugu Monas, Patung Pancoran, TMII, dll. Namun mulai November 2009 sampai sekarang gambarnya sudah diganti dengan peristiwa masa kemerdekaan RI dan diberi tulisan “Arsip Nasional RI”. Dan kalau penutupan B Channel dari siaran percobaan sampai sekarang “Rayuan Pulau Kelapa” gambarnya ada Jam Gadang, Wayang Kulit, Air Terjun, dll disertai syair lagu.

  11. Davenirvana, dulu B Channel mengalami ketidaknyamanan siaran waktu siaran percobaan. Karena frekuensi B Channel dulu bertabrakan dengan C* Ch**nel Depok. Sampai sekarang khusus C* Ch**nl Depok sudah pindah ke 21 UHF dan B Channel 23 UHF.

    • Di Surabaya juga. Itu adalah TV Edukasi dengan Surabaya TV. Jadi khusus TV Edukasi bisa dilihat
      di TVRI, Spacetoon,dll. Dulu, TV Edukasi juga muncul Surabaya TV gerak-gerak gambarnya. Jadi,
      Surabaya TV bisa dilihat ketika TV Edukasi sign off:

      1. Senin-Sabtu: 21.00-24.00
      2. Minggu: 17.00-24.00

      Kalau sekarang Surabaya TV bisa dilihat dengan nyaman.

  12. Davenirvana, dulu pernah ada peristiwa B Channel masuk Semarang tanggal 2 November 2011 setelah itu tiba-tiba menghilang… Saya jadi kecewa, tetapi kebetulan saya sudah memiliki parabola karena sudah ada sejak September.

  13. Davenirvana, tahun 2011 saya pernah ingat lagunya B Channel, bulan Februari “1001 Cinta”, bulan Maret “Dentang Cinta”, bulan Juni “Lagu Perjuangan : Garuda Pancasila”, bulan Agustus “Spirit Cinta, menyambut bulan suci Ramadhan dan Lagu Perjuangan : Hari Merdeka menyambut 66 tahun RI”

  14. Davenirvana, saya tadi malam lihat MNTV ternyata station IDnya masih yang ada keluarga senyum. Itu station ID yang lama. Kalau station ID yang baru hanya ada tulisan “B Channel, Inspirasi Keluarga Anda”

  15. Davenirvana, ternyata B Channel / Station One di Palembang masih siaran percobaan. Jadi orang Palembang kalau mau nonton B Channel harus memiliki parabola dan TV berlangganan (Telkomvision, AORA, dan Centrin TV)

    • Ooo… Berarti selama ini diisi apa tuh? Biasanya siaran percobaan juga udah langsung relay Cikarang. Dulu NDTV sebelum siaran full, ujicoba cuma pakai color bar sama logo NDTV di tengah. Setelah beberapa lama langsung masuk siarannya TVN. Itu beberapa hari juga dikasih label “Siaran Percobaan” gitu.

    • B Channel, jam 6.03 pagi tadi B Channel sudah normal kembali setelah gangguan teknis hanya muncul tulisan PROGRAM HARI INI. Tetapi sayang sekali nggak muterin lagu Indonesia Raya. Nanti disemprit KPI / KPID.

  16. Davenirvana, ada TV lokal di luar Jawa Tengah yang ikut-ikutan KPID Jateng wajib mengumandangkan Indonesia Raya saat pembukaan dan penutupan yaitu : KOMPAS TV, MNTV Surabaya, BBS TV Surabaya, Arek TV Surabaya dan Bali TV.

    • Aku sering nonton Arek TV Surabaya. Bangunnya kadang-kadang tepat waktunya arek tv penutupan siaran diiringi sebuah lagu: “Indonesia Raya”, bangunnya sekitar arek tv selesai siaran tetapi kadang-kadang. Setelah itu aku tidur lagi. Aku mau juga TelkomVision karena MNTV Surabaya tidak tahu sampai berlangsungnya EUCS (Evaluasi Ujicoba Siaran). Dan BCTV color bar dan Indonesia Raya berubah. Jadi aku beli Telkomvision kalau dapat rezeki yang banyak dari ayahku, Tetapi rumahku tetap mempunyai dua anten yaitu Antena lokal, yang sering dapat local Programs. Dan satelit Telkomvision. Jadi Davenirvana suka parabola mungkin? Aku tidak tahu juga.

      • Mas Fajar, MNTV lagi EUCS. Kalau nggak langganan TelkomVision harus seperti aku karena aku sudah punya parabola. Aku harus punya parabola karena aku tinggal di Semarang. Dan B Channel sayang sekali tidak ada di Semarang. Terimakasih.

      • Saya sementara pakai parabola TV berbayar karena biaya awalnya murah, tapi mungkin nanti pakai parabola FTA biar bisa dapat lebih banyak TV lokal dan channel satelit FTA. Saya tetap pakai antena UHF biasa agar bisa nonton acara yang mungkin lisensinya tidak didapatkan TV berbayar yang saya pakai

  17. Davenirvana, aku tinggal di Semarang. Sayang sekali tidak ada B Channel di daerahku. Untungnya aku sudah punya parabola sejak September 2011 dan besok tanggal 9 Februari umur parabolaku sudah 5 bulan.

  18. Davenirvana, di website Groovia TV acara siaran City Info B Channel sebagai berikut : City Info Bandung, City Info Surabaya, Habar Banua Banjarmasin, Panto Cirebon, Kabar Kito Palembang, Sekitar Torang, Kabar Kota Gorontalo, dan Panorama Seribu Pulau.

  19. Davenirvana, kebetulan kalau hari Minggu sebelum penutupan “Rayuan Pulau Kelapa” atau di kota saya sendiri “Indonesia Raya” sering memutarkan iklan Kasih Sayang harus Dihormati dan Dihargai dan lagu Que Sera Sera. Terimakasih davenirvana.

  20. Sekarang B Channel mulai 2 April 2012 berganti desain iklan dan bahkan sejak dulu hingga sekarang B Channel belum sampai ke daerah Semarang dan Yogyakarta. Jadi harapan Kharisma buat B Channel jadi gagal terwujud. Itu tidak terjadi karena Kharisma sudah punya parabola sejak 7 bulan yang lalu (September 2011)

  21. Kalau di Balikpapan, jam tayang relay B Channel di Borneo TV sangat memprihatinkan. Karena di saat jam 08.30-09.30 WITA (07.30-08.30 WIB) dan jam 12.00-13.00 WITA (11.00-12.00 WIB) malah nyiarin siaran lokal kota Balikpapan. Jadi orang Balikpapan jam 12.00 WITA (11.00 WIB) nggak bisa nonton Galeri. Bahkan pada jam 13.00 WITA (12.00 WIB) Panorama relay dari satelit.

  22. Baru-baru ini di parabola, B Channel tiba-tiba muncul logonya. Itu artinya khusus di Malang logo NDTV berpindah tempat dari pojok kiri atas menjadi pojok kanan atas.

  23. hai.. mau nanya neh, di b chanel / ct chanel ada iklan dengan kata2 “Jangan Pernah Berhenti Memberikan Cinta dan Kasih Sayang”

    saya mau tanya backsound / instrumen lagu yg di iklan tsb judulnya apa ? ada yang tau kah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s