Televisi Lokal Baru di Malang Raya Februari 2013

Akhirnya setelah sekian lama saya cukup penasaran dengan TV lokal baru yang ada di Malang Raya karena masalah teknis dengan antena TV saya, tanggal 4 Februari kemarin saya bisa menonton TV lokal yang ada di Malang. Sedikit membingungkan karena saya idak bisa menemukan CRTV di jajaran saluran televisi di rumah saya. Apakah sinyalnya melemah atau memang tidak siaran (lagi) saya juga kurang memahami. Yang pasti, kanal 62 UHF di rumah saya tidak terdeteksi adanya siaran.

Namun, seperti yang saya perbaharui informasinya kurang lebih sebulan yang lalu, ada dua stasiun TV “baru.” Ya, “baru,” karena yang satu sebenarnya bukan stasiun TV baru. Dua televisi itu adalah GAJAYANA TV yang mulai berjalan 20 Desember 2012 (setelah hampir 12 tahun memiliki nasib yang tidak jelas, sejak tahun 2000) dan NAA tv yang mulai terdeteksi di udara pada 22 Desember 2012.

Ada cukup banyak program yang ditawarkan oleh GAJAYANA TV, dan bisa dibilang walaupun serupa tapi tetap tak sama dengan TV lokal lainnya. Ada sedikit warna tersendiri dari GAJAYANA TV, seakan ingin menunjukkan identitas yang berbeda dari TV lokal lain yang sudah ada. Dari yang muncul di layar GAJAYANA TV sekarang ini, saya menilai kemasan GAJAYANA TV jauh lebih baik daripada ftv, walaupun logo GAJAYANA TV bisa dibilang tak sebagus logo-logo terdahulunya ketika masih disingkat dengan nama gtv.

Saya memang sudah sangat lama menantikan GAJAYANA TV memulai siaran otonomnya, karena seperti yang saya sampaikan dalam beberapa artikel terdahulu, GAJAYANA TV memang hanya berfungsi sebagai relayer TPI dan akhirnya mati karena Batu tv kemudian juga menyiarkan TPI. Setelah itu nama GAJAYANA TV tidak terdengar lagi. GAJAYANA TV baru muncul pada 2010 atau 2011 dengan menggunakan test card dan tone setiap harinya.

Menariknya, GAJAYANA TV seakan “kehabisan ide” untuk menamai program beritanya. Malang TV menggunakan Lintas Berita sebagai nama program berita regulernya. Saat ini GAJAYANA TV muncul dengan program berita Lintas Malang Raya. Akhirnya, ada “tiga lintas” di Malang Raya, yaitu “Lintas MNC TV,” “Lintas Berita Malang TV,” dan “Lintas Malang Raya GAJAYANA TV.” Stasiun TV ini mengudara pada kanal 28 UHF dari kantornya di kompleks Universitas Gajayana Jl. Mertojoyo Blok L, dan dibentuk sebagai televisi swasta, bukan televisi komunitas.

Televisi lokal terbaru lainnya adalah NAA tv. Stasiun TV ini masih sangat misterius bagi saya. Tidak banyak informasi yang saya dapatkan tentang TV ini. Sejauh ini informasi yang dibuka oleh NAA tv hanya tentang kehadiran siaran mereka di Malang Raya, dan belakangan menyusul wilayah Kediri Raya. Di Malang, NAA tv mengudara pada kanal 21 UHF, sedangkan di Kediri Raya NAA tv mengudara pada 31 UHF, bekas frekwensi SIGI TV Tulungagung.

Hingga saya menerbitkan tulisan ini, NAA tv hanya mengudara dengan test card dan logo di tengah, serta textticker yang muncul bergantian di bawah dengan tulisan “MOHON DOA RESTU BERDIRINYA NAA TV” dan nomor HP yang dijadikan SMS center oleh NAA tv. Saya sudah menghubungi SMS center NAA tv untuk mengabarkan penerimaan sinyal NAA tv yang cukup baik di wilayah rumah saya sekaligus menanyakan tentang program, apakah sudah ada yang tayang atau terus mengudarakan test card. Namun tidak ada respon dari SMS center ini.

Satu-satunya aktifitas terkini yang saya ketahui dari NAA tv di Malang adalah NAA tv membuka lowongan untuk semua posisi, yang batas akhir pengiriman aplikasi (surat lamaran + CV) lowongan pekerjaan itu ditutup pada 6 Januari 2013. Setelah itu sampai hari ini tidak ada lagi informasi dari NAA tv, selain tentang perluasan wilayah siarannya hingga ke wilayah Kediri Raya.

Stasiun televisi ini juga membuat saya sedikit “pusing” karena adanya spekulasi yang mengatakan bahwa NAA tv merupakan bagian dari SINDOTV. Sedangkan NAA tv mengumumkan bahwa wilayah siarannya saat ini baru saja diperluas sampai ke Kediri Raya. Saya jadi sedikit sulit menentukan apakah NAA tv ini memang merupakan bagian dari SINDOTV atau justru induk dari jaringan NAA tv sendiri yang mengudara dari Malang dan berjaringan di Kediri, seperti DHAMMA TV yang mengudara dari Malang dan berjaringan di Kediri dan Madiun. Nampaknya saya harus menunggu dalam waktu yang agak lama agar pertanyaan saya itu terjawab.

Sedikit gambaran, logo NAA tv ini bisa dibilang mirip dengan logo CNN International, dengan tulisan NAA yang bersambung persis seperti tulisan CNN, dan bola dunia di sebelah kanan.

Dan karena sulitnya menemukan STB DVB-T2, maka update channel line up yang akan saya sampaikan ini hanya akan memuat televisi dengan basis sinyal analog saja.

 

VHF-L TVRI JAWA TIMUR/TVRI Nasional
VHF-H
21 UHF NAA tv
22 UHF TRANS TV transmisi Batu
23 UHF
24 UHF ndtv Malang/SSJ tvn Bekasi/SSJ B CHANNEL Jakarta
25 UHF
26 UHF DHAMMA TV Malang
27 UHF
28 UHF GAJAYANA TV
29 UHF
30 UHF Global TV transmisi Batu/SSJ Global TV Jakarta
31 UHF
32 UHF atv Batu
33 UHF
34 UHF jtv malang/SSJ jtv Surabaya
35 UHF
36 UHF MNC TV transmisi Batu
37 UHF
38 UHF INDOSIAR transmisi Batu
39 UHF
40 UHF RCTI JAWA TIMUR transmisi Batu/SSJ RCTI Jakarta
41 UHF
42 UHF TVRI JAWA TIMUR transmisi Batu/SSJ TVRI Nasional
43 UHF
44 UHF antv transmisi Batu
45 UHF
46 UHF SCTV transmisi Batu
47 UHF
48 UHF Batu tv
49 UHF
50 UHF Malang TV
51 UHF
52 UHF ftv Malang
53 UHF
54 UHF tvOne transmisi Batu
55 UHF METRO TV JAWA TIMUR transmisi Batu/SSJ METRO TV Jakarta
56 UHF
57 UHF
58 UHF TV ANAK Spacetoon MALANG/SSJ TV ANAK Spacetoon Jakarta
59 UHF
60 UHF TRANS 7 transmisi Batu
61 UHF
62 UHF

20130205 Televisi Lokal Baru di Malang Raya Februari 2013

90 thoughts on “Televisi Lokal Baru di Malang Raya Februari 2013

  1. Logo NAATV itu cocok buat nutupi logonya SindoTV hahaha
    sedikit lebih maju G-TV skarang, sudah kelihatan keseriusan G-TV mau mengudara 5 bulan yg lalu

    • Iya juga ya, cocok buat nutupin logonya SINDOTV hehe. Tapi kalo memang SINDOTV, mestinya logonya juga merah biru kayak yang lain (MHTV, IMTV, DELITV, dll)
      Iya, akhirnya GAJAYANA TV ada pergerakan

      • Mending buat Sindo TV Jakarta ambil aja MGS TV (Megaswara TV)… Sinyalnya diterima baik di Bekasi. MGS TV ini jaringan dari Tempo TV, tapi Tempo juga punya CB Channel yang tidak jauh lokasinya dari MGS TV yang ada di Bogor yaitu di Depok.

        Kalah cepat Sindo TV dengan Kompas TV…

      • @Indra Krisniadi : MGS TV bukannya TV dari Grup Megaswara ya? Kalo bisa Sindo TV gandeng satu dari beberapa TV Jabodetabek.

        Update : Blog saya telah luncurkan blog Espanol dan blog Francais setelah blog English.

        Trims.

    • Sengaja, karena SINDOTV bukan TV, sama seperti KOMPASHD. Supaya tetep bisa bernama TV, logo SINDOTV ditutup lokal, jadi akhirnya bisa tetep SINDOTV. Kalau KOMPAS kan maksa supaya logonya bisa muncul, tapi karena bukan TV, akhirnya “TV” nya disuruh ngehapus sama pemerintah. Jadi ga bisa pakai nama KOMPAS TV, dan harusnya sampai hari ini KOMPAS ini belum boleh pakai TV di iklan dan semua promo termasuk logo on-screen-nya
      Kalo SINDOTV maksa logonya muncul, konsekuensinya juga sama, nanti cuma jadi SINDO, tanpa TV

      • Sebenernya saya ragu, ini SINDOTV yang mana, yang Jakarta atau Gorontalo-Kendari. Kalau memang izin lembaga penyiarannya untuk Jakarta mestinya kan sudah FTA di Jakarta dari dulu tanpa harus gandeng TV lokal lagi. Kalo Gorontalo sama Kendari dua-duanya kan pakai nama SINDO TV diikuti nama kota masing-masing, seperti SUN TV yang di Makassar sama yang di Kalimantan (lupa kota apa)

  2. UPDATE : Panasonic Gobel Awards segera di selenggarakan pda Maret 2013 malam puncaknya Rabu, 30 Maret 2013

    sumber : Twitter @PGAwards dan @b_ok_is
    🙂

      • Katanya blog davenirvana1english digunakan untuk kritik untuk televisi satelit FTA, ya?

        Saya pakai parabola satelit FTA mungkin blog saya bisa membantu…..?

        Kunjungi pressblogone.blogspot.com

      • Kalo itu bukan buat kritik sebenernya, tapi lebih ke arah promosi supaya orang luar negeri tahu kita punya TV yang siap go international juga. Terima kasih, nanti saya kunjungi juga🙂

      • Ganti nama kali ya mungkin menjadi Viva TV (asal prediksi :)) Tapi kalau Viva La Vida-nya diartikan, artinya Hidup…

        Tapi kabar pembelian Grup Viva oleh MNC kian santer… Hari Sabtu lalu saya lihat di Kompas.com, MNC sudah menyiapkan uang lebih dari 4 Triliun untuk membeli Viva dari Bakrie.

      • Kita tunggu aja, nanti apanya yang berubah dari antv ini hehe
        Iya, makin rame. MNC penawar tertinggi. Tapi juga ada EMTK sama CT juga katanya. Kalo viva sendiri “sok jual mahal” bilang perusahaannya ngga dijual hehe

  3. Di Bintaro tempat saya tinggal, MGSTV sinyalnya nggak bagus. Yang lain aja deh TVnya yg jadi Jaringannya SINDOTV di Jabodetabek

    • TV apalagi ya? Ada juga Bekasi TV yang dulunya TV Islam (Insan TV). Tapi rada susah juga kalau sampai Bintaro. Kan Sindo TV sudah gak kebagian lagi kalau buat TV Lokal sendiri jadi harus gandeng TV lokal…

  4. OOT: Sepertinya BeritaSatu dan Metro TV seimbang “Ngikutinnya”…
    1. Metro TV “ngikutin” nama Primetime yang ada juga di Beritasatu
    2. Metro TV “ngikutin” Opening Sound Metro This Week yang mirip dengan Bumper-nya Beritasatu
    3. Beritasatu “ngikutin” Opening Sound-nya Metro Siang di acara Jurnal Petang
    4. Banner News Beritasatu hampir “ngikutin” Banner News Metro TV

  5. kalo aku dah pernah liat clossing credit nya di acara Malam Minggu Miko,Stand Up Comedy Indonesia Season 3,sma Suka – Suka klo gak salah hehehe 😀

  6. Iyyah,klo di Kompas News clossing creditnya masih pake logo kompas

    tpi Station ID KompasTV yg versi pendek itu backsoundnya jdi kaya RBT handphone 😀

  7. salut buat Gajayana TV yang sekarang ini telah mulai mengudara kembali…
    jadi kangen masa2 dulu saat bereksperimen dengan Mr.Sumeh untuk On Air di UHF.
    Juga smua rekan disana… Jasanya sungguh luarbiasa buat saya hingga sekarang ini saya bisa bekerja sebagai Master Controll di salah satu TV Nasional
    Maju terus Gajayana TV…..

  8. Saya di Facebooknya NAA TV sarankan agar jadwal siaran percobaanya kayak gini:
    16.30 Serial: Doraemon
    17.00 Lintas Malang(Program Berita)

    17.30 Malang Today (Program berita Bahasa Inggris)
    18.00 Lagu Selingan
    18.30 Home Shopping(Acara Belanjaan Geje)
    19.00 Off Sign

    • 6 bulan atau 1 tahun atau selama waktu yang ditetapkan sebagai waktu uji coba, stasiun TV yang sedang melakukan uji coba dilarang menerima iklan komersial. Artinya NAA tv dilarang menyiarkan Home Shopping

  9. TV yang ada di Kota Medan
    23 UHF – Indosiar
    25 UHF – MNCTV
    27 UHF – TransTV
    29 UHF – antv
    31 UHF – GlobalTV
    33 UHF – RCTI
    35 UHF – SCTV
    37 UHF – tvOne
    39 UHF – MetroTV
    41 UHF – Trans7
    43 UHF – Televisi Anak Medan (Spacetoon)
    45 UHF – DeliTV (SindoTV)
    47 UHF – LPP TVRI Sumut
    49 UHF – DAAI TV
    51 UHF – kosong (DAAI TV pernah pakai frekuensi ini sebelum pindah ke 49 UHF)
    53 UHF – cntv (B-Channel)

    Selengkapnya bisa dilihat di
    http://faizkizlan.wordpress.com/2013/01/20/televisi-di-kota-medan/
    http://faizindonesia.blogspot.com/2013/01/televisi-di-kota-medan.html

  10. Dave sudah saya sampaikan sperti ini di facebook NAA tv:
    Ralat: yang homeshoppingnya diganti jadi Dunia Dalam Berita…
    Jadi kayak TVRI dong hehehe………….

  11. Dave katanya UI buat TV Komunitas, namanya UITV. Tahun 2008 masih siaran percobaan, dengan tulisan “Televisi Universitas Indonesia” dengan Font Tahoma.
    Di Bagian Kanannya ada lambang UI. Backgroundnya warna biru muda. Lalu diatas tulisan Televisi Universitas Indonesianya ada Logo TVUI. Gatau di kanal brp. Apalagi acaranya nggak tau. Saya bukan di depok. Apalagi ada radio komunitasnya, RTC UI FM. Gatau kanalnya dan acaranya.

  12. Kemungkinan Besar kalau NAA TV jadi jaringan SINDOTV mungkin saja jam 1 siangnya ada KILAS SINDO MALANG. Kalo Jumat Jadwalnya pasti kayak gini Kalau NAA TV mau jadi jaringannya SINDOTV:
    05:00 – 05:30 ASSALAMUALAIKUM USTADZ
    05:30 – 06:00 GAPURA (RR)
    06:00 – 06:30 RUGRATS
    06:30 – 07:00 HEY ARNOLD
    07:00 – 08:00 MOTIVA TALK (RR)
    08:03 – 09:00 REFERENSIANA (RR)
    09:03 – 09:30 IN SELEB
    09:30 – 10:00 ZAMRUD KHATULISTIWA (RR)
    10:03 – 11:00 BEST BUY 60
    11:03 – 12:00 BEST BUY 60
    12:00 – 13:00 SINDO @ NOON
    13:03 – 14:00 KILAS SINDO MALANG(kemungkinan)
    14:03 – 15:00 WORLD @ TWO
    15:00 – 16:00 SINDO AT 3
    16:00 – 17:00 BEST BUY 60
    17:03 – 18:00 BEST BUY 60
    18:03 – 18:30 GO SHOT
    18:30 – 19:00 SINDO PRIME 30
    19:03 – 20:00 BONGKAR PERKARA NEWS
    20:03 – 21:00 BIOGRAPHY
    21:03 – 22:00 LIGWINA SHOW
    22:03 – 22:30 ZAMRUD KHATULISTIWA (RR).
    22:30 – 23:00 SINDO SPORT
    23:00 – 24:00 GLEE SESSION 2
    24:00 – 24:30 SINDO SPORT (RR)
    24:30 – 25:30 BONGKAR PERKARA NEWS (RR)
    Ini Jadwalnya yg 1 maret. sepenuhnya bisa dilihat jadwal SINDOTV di:
    http://www.sindotv.com/jadwal-hari-ini

    • Nggak mungkin kalo NAA TV masuk SindoTV. Anda jangan ngaco dah, kayak orang-orang selalu komentar ngaco di Youtube. Jadwalnya mungkin nggak kayak gini, karena TV lokal yang masuk jaringan SindoTV siarannya cuma dari pukul 6 pagi sampai 12 tengah malam doang (kecuali kalo TVnya nggak relay SindoTV jamnya nggak kayak gini, ini saya pake jam WIB). Mengerti, Mas Davy Julian Ibrahim?

  13. Daftar TV Lokal di Jabodetabek yang tidak pernah siaran lagi :
    – Kanal9 Jakarta (10VHF)
    – NuansaTV Bogor (25UHF) Sempet Berebutan sama Megaswara TV
    – TVUI (23UHF) Kurang Diketahui
    – Plaza TV (35/36 UHF) Siaran-nya pas ElshintaTV lagi Off Air

    • gajayana tv satu manajemen sma situbodo tv dn khatulistiwa tv, jadi logonya sama. kalo nemu prgram lucu oy d.gajayana tv pake bhsa madura, itu program yg di situbondo tv jga dsiarin d.gajayana tv. dn kalo nemu program jalan jalan jajan d.gajayana tv, tu jga di dapat dari khatulistiwa tv pontianak.

  14. yap…gajayana tv(malang) itu owner nya sama dengan situbondo tv (situbondo) dan khatulistiwa tv (pontianak). Ciri khas nya memang kita pertahankan seperti itu mas. jadi, biar ada ciri khasnya. oia di ketiga tv programnya sama🙂, kecuali utk khatulistiwa tv ya krna kebetulan udh bergabung dgn kompas tv jd ada bbrpa program yg kudu kita tayangn sesuai porsi perjanjian antara kompas tv dan khatulistiwa tv. klo misal mau kasih kritik dan saran boleh deh lgsg sms k no kami, mungkin bs jd bahan masukn utk kami. trims🙂 (just message/no call : 0821-3827-1331)

    • Terima kasih informasinya, saya pelajari, ada Lucu Oy di GAJAYANA TV, ternyata diimpor dari SITUBONDO TV ya. Sukses untuk Kelompok Khatulistiwa TV🙂
      Mbaknya ada di salah satu TV inikah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s