KOMPAS TV Perkuat Identitas sebagai TV Berita

Memasuki bulan Juli 2015, KOMPAS TV menunjukkan keseriusannya dalam memosisikan diri sebagai TV berita. Program-program yang berada di ranah hiburan mulai dikurangi porsinya. Bahkan, program sepakbola yang sebelumnya selalu diudarakan mulai pukul 00.30 WIB, kini sudah digusur.

Sejak Juni 2015, KOMPAS TV memperbaharui “on-air look” dengan launching tampilan baru Kompas News. Tidak sekedar tampilan baru, tapi juga studio baru, yang saya sebut sebagai “all-in-one studio”, karena semua program bisa disiarkan dari satu studio yang sama. Program-program di KOMPAS TV pada hari kerja kini sangat kuat porsi beritanya. Saya mengambil secara acak saja jadwal program di KOMPAS TV pada satu hari, dan kira-kira beginilah hasilnya:

00.00 Kilas Kompas (news)
00.30 Kompas Sport (news)
01.00 Kompas Malam (news)
02.00 … (entertainment)
03.00 Kilas Kompas (news)
03.30 Sebelas Duabelas (entertainment)
04.30 Kompas Pagi (news)
06.30 Kompas Sport (news)
07.00 Sapa Indonesia Pagi (news/information)
09.30 Ensikla (information/advertorial)
10.00 Cerita Hati (religi)
11.00 Kompas Siang (news)
13.00 Sapa Indonesia Siang (news/information)
15.00 … (entertainment/current affairs)
15.30 Megapolitan (local news)
16.00 … (current affairs)
16.30 Kompas Petang (news)
18.30 Kompas Sport (news)
19.00 … (entertainment/current affairs)
20.00 Kompasiana TV (current affairs)
21.00 Kompas Malam (news)
22.00 … (entertainment/current affairs)
22.30 … (entertainment/current affairs)
23.00 Sebelas Duabelas (entertainment)

Program pemberitaan di KOMPAS TV kini memiliki porsi yang sangat besar, setelah perpindahan dari 28 UHF ke 25 UHF di Jakarta. Kalaupun bukan berita, setidaknya masih ada current affairs, sedangkan program dari genre entertainment kini memiliki porsi yang bisa dibilang sangat kecil. KKG benar-benar memecah salurannya ke dua genre, dengan memfungsikan ktv di Jakarta sebagai “Televisi Referensi”, yang, walaupun saya belum pernah menyaksikan secara langsung, tapi saya rasa basis entertainmentnya cukup kuat, walaupun tetap pada benang merah Kelompok Kompas Gramedia sebagai penyedia informasi.

Di waktu lain, dalam hal ini akhir pekan alias Sabtu dan Minggu, KOMPAS TV tetap menayangkan program-program entertainment, sebagian lagi adalah science/documentary, dan ada juga slot untuk olahraga terutama dari sepakbola di bawah bendera “Soccer Zone”.

Cita-cita untuk membuat KOMPAS TV sebagai TV berita nampaknya benar-benar serius untuk diwujudkan. Saya teringat 4 tahun lalu ketika membaca koran Surya di awal September 2011, dituliskan (kurang lebih) bahwa “pendirian KOMPAS TV adalah untuk menjadi TV berita” yang kemudian setelah launching ternyata masih banyak program-program bersifat science/documentary, baik produksi sendiri maupun impor. Saat itu, sebagian orang menyebut KOMPAS TV adalah “Discovery Channel atau National Geographic” a la Indonesia, karena kualitas produksinya yang benar-benar berkelas internasional. Sekarang, cita-cita menjadi TV berita sudah mulai tercapai. Semoga bisa terus konsisten, dan salut dari saya untuk KOMPAS TV🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s